Mau Sinyal Ponsel Kuat? Coba Terapkan 4 Caranya Berikut Ini

meningkatkan sinyal ponsel

Image dari Findnsave.com

Sinyal ponsel memang akan menjadi komponen utama saat kita akan melakukan komunikasi suara melalui cara menelepon. Tanpa adanya sinyal maka akan sia-sia saja kita melakukan panggilan ke nomor lain, karena panggilan yang Anda lakukan akan gagal. Maka dari itu keberadaaan sinyal ini sangatlah penting bagi Anda yang memiliki aktivitas dengan melakukan panggilan. Nah bagi Anda yang memang seringkali mendapati sinyal ponsel yang lemah, maka Anda harus menyimak penjelasan ini.

Seperti kita tahu bahwa kekuatan sinyal ponsel bisa kita lihat dari status bar yang umumnya ada di layar ponsel. Sayangnya status bar di layar ponsel ini bukanlah sebuah indikator mutlak untuk menentukan kekuatan sinyal. Pasalnya kekuatan sinyal yang ada pada setiap handphone ini tidaklah sama. Jadi bisa saja ketika sinyal di ponsel Anda lemah tapi di ponsel lain sinyalnya baik.

Cara Cek Sinyal Ponsel dengan Cara Lain

Selain mengecek status bar sinyal di layar ponsel, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek kekuatan sinyal ponsel. Jadi bila menggunakan smartphone #Android, Anda bisa lakukan langkah pertama dengan masuk ke dalam menu pengaturan (setting). Setelah itu klik Network, dari sinilah Anda akan mendapat gambaran kekuatan sinyal ponsel dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Tapi bila Anda menggunakan iPhone, maka Anda bisa menekan *3001#12345# pada dial pad. Dengan cara ini Anda akan dibawa masuk ke menu Field Test dan nantinya bar sinyal akan langsung berubah menjadi satuan dBm. Tanda bahwa sinyal ponsel berada dalam konsidi bagus adalah saat indikator menunjukkan angka pada -70 dBm.

Artikel lain: [TIPS] Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat / Lemot




Bila angka menunjukkan angka -100 dBm maka itu tandanya sinyal ponsel Anda sedang dalam keadaan buruk atau lemah. Setelah mengetahui kondisi kekuatan sinyal dan jika memang kondisi sinyal lemah maka Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Buat Peta Sinyal

Cara pertama untuk memperkuat sinyal ponsel adalah dengan membuat peta sinyal. Ya tidak setiap tempat atau ruangan di rumah memang disinggahi sinyal yang kuat. Bisa jadi di ruang tamu sinyal akan kuat namun di ruang dapur sinyal melemah. Maka dari itu Anda harus membuat peta atau denah rumah dalam bentuk sederhana.

Caranya Anda bisa menyalakan mode field test atau masuk ke menu pengaturan untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Langkah berikutnya Anda harus berjalan dari satu ruang ke ruang di dalam rumah untuk mendapatkan peta sinyal ini. Jangan lupa untuk juga menandai setiap titik ruang di peta. Setelah menemukan ruang yang tepat dan memiliki sinyal kuat maka setiap kali melakukan atau menerima panggilan lakukanlah di titik tersebut.

2. Manfaatkan Airplane Mode

Berikutnya cara untuk bisa memperkuat sinyal ponsel adalah dengan memanfaatkan fitur airplane mode. Caranya coba aktifkan Airplane Mode selama beberapa detik. Setelah itu matikan kembali mode Airplane ini untuk me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang Anda gunakan.

Dengan hal ini maka jaringan operator akan diupdate kembali dan ponsel bisa jadi akan mampu terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. Nah dari sinilah sinyal yang bisa didapat ponsel akan lebih kuat dari sebelumnya.




3. Buka Pintu atau Jendela

Di dalam ruangan tertutup dengan penghalang berupa tembok dan pintu serta jendela yang tertutup memang seringkali mengakibatkan terhalangnya sinyal masuk ke rumah. Maka dari itu saat Anda mendapati sinyal telepon yang lemah maka coba pintu atau jendela rumah Anda. Hal ini juga berlaku pada saat Anda berada di mobil. Cobalah membuka pintu atau jendela mobil Anda jika sinyal di dalam mobil dirasa kurang kuat.

Baca juga: Punya Smartphone? Beginilah 5 Tips “Nge-charge” yang Baik untuk Ponsel Pintar Anda

4. Isi Daya Baterai

Terakhir, cara untuk memperkuat sinyal ponsel adalah dengan mengisi daya baterai. Ya pada #smartphone memang akan ada fitur otomatis mematikan sinyal ketika baterai dalam kondisi sangat lemah. Saat fitur otomatis ini mematikan jaringan karena kondisi baterai yang lemah maka Anda tidak akan terkoneksi ke jaringan.

Menghubungkan atau memindahkan jaringan dari satu pemancar ke pemancar lain memang membutuhkan daya yang baik. Maka dari itu ketika sinyal pada ponsel Anda hilang karena kondisi baterai yang lemah maka Anda harus melakukan pengisian daya dengan segera.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya mau coba yang pertama dulu ahh

  2. Makasih banyak atas tipsnya…kebetulan ane lagi cara buat nguatin sinyal. Search di google dan ini artikel terbaik menurut ane gan.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud