Mau Punya Rujukan Website Kesehatan yang Terpercaya? Begini Cara Mengevaluasinya

website kesehatan

Image dari Kompas.com

Saat ini dengan teknologi online memang memberikan kepada kita begitu banyak peluang dan pilihan. Apapun hal yang kita butuhkan, baik itu informasi atau layanan akan dengan mudahnya kita akses dan kita dapatkan dalam genggaman tangan. Salah satu contoh ketika kita membutuhkan informasi mengenai obat dari suatu penyakit. Maka jika dulu mungkin kita harus bertanya ke orang yang ahlinya maka saat ini dengan #teknologi online kita akan dengan mudahnya akan mendapatkan rekomendasi obat yang tepat.

Tidak hanya itu dengan semakin canggihnya teknologi online tahun demi tahun maka kita pun juga kini bisa melakukan konsultasi langsung secara online dengan para dokter tentang sebuah penyakit. Nah dengan fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi online inilah maka banyak dari kita yang kemudian beralih ke media online, termasuk website.

Tetap Harus Waspada dengan Informasi dari Website

Meski saat ini teknologi online melalui #website sudah begitu mempesona, namun sebagai pengguna kita harus tetap waspada dengan beberapa hal. Waspada? Untuk apa? Sebab saat ini keberadaan website kesehatan ini begitu sangat massif dan banyak ragamnya. Nah dari sinilah kita sebagai pengguna internet harus waspada dari adanya website-website kesehatan yang fiktif dan memberikan informasi yang tidak tepat atau bahkan menyesatkan.

Keberadaan website kesehatan yang fiktif ini memang bisa jadi benar-benar ada karena pada sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association (JAMA) menyimpulkan bahwa beberapa informasi kesehatan yang ada dan tersaji di media online ada yang tidak tepat, menyimpang dan tidak bisa dipercaya.

Artikel lain: Membidik 7 Niche Blog yang Paling Diminati oleh Blogger Wanita

Mari Mengevaluasi Website Kesehatan

Keadaan seperti ini memang bisa saja muncul karena banyak hal seperti iklan komersial, permintaan sponsor dan juga karena beberapa oknum yang ingin mengenalkan keyakinan dan kepercayaannya pada konsep kesehatan tertentu. Nah untuk itulah kita sebagai pengguna internet haruslah waspada dan berhati-hari dan ekstra waspada ketika mengakses sebuah website kesehatan.

Lalu bagaimana kita bisa mempercayai sebuah website kesehatan yang ada di internet? Tenang ada beberapa cara atau teknik yang bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi kredibilitas sebuah website kesehatan. Berikut ulasannya.

1. Ketahui Pengelola Website Kesehatan Tersebut

Hal pertama yang bisa kita evaluasi dari sebuah website kesehatan adalah dengan mengetahui pengelola situs ini. Ya, dengan mengetahui orang di balik website kesehatan ini maka kita akan lebih mudah untuk menentukan kepercayaan kita terhadap website tersebut.

Untuk lebih mudahnya pastikan bahwa yang mengelola website ini adalah seseorang yang memang sudah memiliki keahlian dan profesionalitas pada bidang kesehatan dengan sertifikasi yang dimiliki. Dan profesi dunia medis yang bisa masih dipercaya sampai saat ini adalah dokter. Nah pastikan saja situs atau website kesehatan tersebut dikelola oleh dokter, tapi yang dokter sungguhan, bukan dokter abal-abal.

2. Ketahui Tujuan Dibuatnya Website dan Donatur Di Balik Situs ini

Berikutnya cara untuk mengevaluasi website atau situs kesehatan yaitu dengan mengetahui tujuan pembuatan website dan donatur di balik website tersebut. Website dibuat tentunya mempunyai tujuan tertentu. Entah itu untuk media pembelajaran dan informasi, untuk hobi dan sharing atau juga untuk kegiatan monetisasi (menghasilkan uang).




Nah dengan mengetahui tujuan dibuatnya website maka kita akan lebih paham dan lebih mudah untuk mengevaluasinya. Peran dari donatur website juga sangat penting untuk diketahui, karena tak sedikit website yang kemudian dikendalikan sepenuhnya oleh keinginan para donatur.

Baca juga: Mau Blog Rame? Coba Muat 5 Rubrik Blog Paling Banyak Digemari Berikut Ini

3. Ketahui Asal dan Dasar Informasi Website

Terakhir, cara mengevaluasi website kesehatan guna mengetahui kredibilitasnya adalah dengan mengetahui asal dan dasar dari informasi yang disajikan. Memang website bisa saja menampilkan informasi dari mana saja ia mau. Entah itu dari buku, studi dan riset atau bahkan dari website lain yang ditulis ulang.

Cara untuk menyajikan informasi pun sangat beragam, seperti dengan menulis orisinil dengan tulisan sendiri, menulis ulang bahkan ada juga yang copy paste dari artikel lain. Nah dari sinilah Anda sebagai pengguna atau netizen harus memahami asal dan dasar dari informasi yang disajikan oleh website kesehatan tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud