Mau Pilih Aplikasi Peramban atau Browser Android? Ketahui Dulu Performanya Berikut Ini

Mau Pilih Aplikasi Peramban atau Browser Android? Ketahui Dulu Performanya Berikut Ini

Aplikasi Peramban Android
Image dari Oneclickroot.com

Aplikasi peramban atau browser di sebuah smartphone memang sangat penting dan dibutuhkan oleh penggunanya. Sebab dengan peramban atau browser mereka bisa mencari beragam informasi dan juga menjelajah atau mengakses berbagai situs. Karena pentingnya aplikasi ini maka beberapa pengembang yang ada dan telah membuat peramban untuk versi dekstop pun berlomba-lomba menyediakan aplikasi untuk versi mobile.

Nah dari sini kemudian kita akan mendapati banyak aplikasi peramban atau browser di Play Store. Sayangnya saat kita mendapati banyak pilihan dari aplikasi browser ini, maka kita jadi bingung memilih yang bagus. Nah untuk itu berikut akan dijelaskan beberapa cara untuk menentukan browser sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Google Chrome

Pilihan pertama untuk aplikasi browser adalah Google Chrome yang muncul dan diluncurkan tahun 2012. Google Chrome yang merupakan buatan dari perusahaan Google yang juga membuat sistem operasi #Android memang selalu menjadi rujukan banyak orang. Maka tak ayal bila kemudian Google menyediakan banyak fitur yang bisa sesuai dengan OS Android.

Beberapa fitur yang ada pada #Google Chrome sendiri antara lain memberi saran seketika saat pengguna mulai mengetik di kolom pencarian, menyalakan mode privasi, hingga menuliskan seluruh info pengguna ke dalam formulir secara otomatis. Fitur-fitur yang menawarkan persoalan fleksibilitas pengguna ini bisa dioptimalkan jika Anda mempunyai akun Google.

Artikel lain: Inilah 5 Rekomendasi Aplikasi Backup Data Android Nggak Pake Ribet

Akun Google sendiri nantinya bisa difungsikan untuk menyamakan data pada seluruh browser Google yang Anda pakai, baik diplatform mobile maupun desktop. Selain itu pada Google Chrome ini ada fitur “Data Saver” yang berguna memperkecil ukuran sebuah web sehingga saat dibuka tidak bisa menghabiskan kuota internet.

2. Mozilla Firefox

Berikutnya, aplikasi peramban di Play Store adalah Mozilla Firefoox. Aplikasi ini sendiri memilki ciri khas yang menawarkan adalah ketersediaan ekstensi (fitur tambahan atau buatan) dari perusahaan lain. Beberapa ekstensi yang bisa kita jumpai di peramban ini antara lain Speechify yang bisa membacakan teks, AdBlock Plus yang mampu memblokir iklan serta LastPass untuk mengelola password.

Browser untuk OS Android yang diluncurkan tahun 2012 ini juga menawarkan fitur lain yang terbilang menarik yaitu mode malam hari. Pada fitur ini maka peramban akan mampu meredupkan warna situs web yang sedang diakses untuk mengurangi ketegangan mata. Untuk kelemahan #browser ini adalah tidak adanya alat penghemat konsumsi data.

3. Opera

Meski mempunyai pangsa pasar yang terbilang kecil diplatform mobile namun perusahaan Opera bisa dikatakan penuh dedikasi dan terus menerus merilis fitur baru. Pada browser Opera terbaru sendiri ada beberapa fitur yang dihadirkan seperti fitur pemblokir iklan yang efektif mencegah kemunculan pop-ups, interstitial, serta banner iklan.

Selain itu ada juga fitur untuk pemindaian QR Code, gambar atau video dan Opera Turbo, kolom pencarian yang bisa diatur untuk menelurusi web dan juga fitur untuk menghemat konsumsi data. Browser mobile yang sering mendapat pembaruan baik berupa perbaikan atau penambahan fitur ini bisa melakukan sinkronisasi data bila Anda mempunyai akun dan menggunakan Opera di beberapa perangkat sekaligus.

Dengan segala fitur dan kemudahan yang ditawarkan ini maka aplikasi peramban dari Norwegia ini akan bisa jadi pilihan yang cocok untuk Anda yang menginginkan keseimbangan bagi perangkat Android.

Baca juga: Cara Menyembunyikan File di Android Dengan Mudah

4. Puffin

Terakhir, aplikasi peramban di Play Store adalah Puffin. Meski jarang terdengar, aplikasi peramban yang cocok digunakan oleh penggemar aplikasi atau game berbasis Adobe Flash ini memiliki beberapa keunggulan. Beberapa keunggulan yang dimiliki Puffin for Android ini adalah adanya game pad virtual, keyboard bawaan yang juga virtual, kemampuan memodifikasi kursor mouse dan juga fitur untuk memodifikasi tema tampilan.

Selain itu ada juga keunggulan yang membedakan dirinya dengan peramban lain yaitu adanya dukungan konten Adobe Flash. Dalam dukungan ini sendiri Puffin menggunakan remote server yang mampu dipakai untuk mengunduh, memproses, serta mengalirkan (streaming) permainan berbasis Flash ke perangkat genggam. Selain fitur dukungan tersebut, Puffin juga mempunyai mode privasi serta berbagai fitur tambahan seperti Twitter, Facebook, serta Pocket.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan