Mau Pasarkan Produk dengan Biaya Murah? Cobalah 4 Cara Hemat Berikut Ini

biaya pemasaran lebih hemat

Image dari Storageswiss.com

Saat ini pemasaran atau marketing menjadi sesuatu yang penting untuk bisa mengembangkan dan menumbuhkan sebuah bisnis. Namun sayangnya untuk melakukan marketing atau pemasaran saat ini seorang pengusaha harus mengeluarkan dana atau budget yang tidak sedikit. Disinilah letak kendala yang seringkali dihadapi para pebisnis saat akan memasarkan produknya.

Terutama bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah (#UKM) yang memiliki dana yang terbatas. Keadaan ini akan membuat mereka mengalami dilema. Mengapa demikian? Disatu sisi mereka dituntut untuk memasarkan produk, namun disisi lain mereka tak punya dana banyak untuk marketing tersebut.

Pada perkembangan waktu, kini para pengusaha bisa memasarkan produknya dengan cara hemat tanpa harus mengeluarkan dana yang besar. Bahkan bebebrapa dari teknik ini tidak menuntut Anda untuk mengeluarkan biaya sepeser pun. Meskipun teknik pemasaran ini murah tidak lantas kemudian hal ini akan berjalan asal-asalan.

Artikel lain: Resep Sukses Digital Marketing, Selalu Berikan Konten Berkualitas!

Namun dengan keyakinan dan keseriusan dari Anda, maka teknik ini bisa jadi akan berjalan dengan efektif untuk mendatangkan konsumen. Lalu bagaimana caranya melakukan hal tersebut? Berikut ulasannya.

1. Buat Undian Facebook

Cara pertama untuk bisa memasarkan produk dengan dana minim atau hemat adalah dengan membuat undian di #Facebook. Konsumen tentunya akan senang dengan yang namanya undian. Nah disinilah Anda bisa mengambil peran Anda untuk masuk kedalamnya.

Agar lebih maksimal, buatlah undian di #media sosial seperti Facebook yang banyak digunakan masyarakat. Dengan menciptakan undian ini maka hal ini akan mampu menciptakan efek viral jika undian yang Anda benar-benar menarik. Sudah banyak pengusaha yang menggunakan teknik ini untuk menarik pelanggan.

Untuk lebih memaksimalkan teknik ini supaya viral buatlah promosi ini dengan menarik. Saat promosi Anda banyak dibicarakan oleh publik, maka bersiaplah untuk menerima konsumen dengan jumlah yang banyak.




2. Pemasaran Merk Via Hashtag

Selain Twitter, Anda juga bisa menggunakan jejaring sosial lain yang juga telah banyak digunakan masyarakat Indonesia yaitu #Twitter dan Instagram. Kedua jenis media sosial ini bisa berjalan efektif untuk pemasaran produk jika Anda mampu mengenali karakteristiknya.

Karakteristik media sosial ini sendiri adalah adanya kode hashtag (#) yang unik dan menarik. Dari kode hashtag inilah maka Anda bisa membuat promosi produk Anda lebih terlihat dan dikenali oleh publik dengan luas. Pakailah secara rutin satu kode hashtag dengan terus-menerus.

Jangan berganti-ganti hashtag karena ini akan bisa menghilangkan tampilan dan keunikan Anda di media sosial tersbeut. Semakin unik dan menarik kode hahtag yang Anda tampilkan maka semakin besar pula kesempatan Anda mendapatkan follower dan konsumen.

3. Manfaatkan Iklan dan Afiliasi di Blog

Blog adalah media yang bisa memmbuat produk Anda juga dikenal banyak orang. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat dan mengurus blog dengan profesional, Anda bisa memanfaatkan cara lain yaitu dengan menghubungi pemilik blog yang sudah populer untuk menjalin kerjasama mempromosikan produk Anda.

Buat saja program afiliasi untuk mereview produk Anda dengan sebuah kompensasi . Selaian afiliasi, Anda juga bisa menggunakan teknik beriklan di blog tersebut. Tentunya beriklan di blog tidak akan membuat Anda kehabisan banyak dana jika dibandingkan dengan beriklan di media massa atau di televisi.

Namun untuk menjadikan teknik berjalan maksimal, Anda harus selektif memilih blog yang mampu membuat Anda dikenal banyak orang. Umumnya blog-blog populer merupakan tempat yang efektif untuk Anda guna membuat produk Anda dikenal masyarakat luas.

Baca juga: Sebenarnya, Apa Itu Internet Marketing?

4. Join Marketplace

Terakhir, cara untuk memasarkan produk dengan hemat tanpa harus mengeluarkan banyak dana adalah dengan bergabung dengan marketplace. Saat ini memang sudah banyak marketplace atau tempat jual-beli yang disediakan oleh sebuah situs #belanja online. Lewat tempat ini Anda bisa berpromosi sekaligus berjualan dengan biaya cuma-cuma atau gratis.

Namun memang beberapa marketplace ada yang menarik sejumlah prosentase dari setiap produk yang terjual. Namun ini sangat jarang terjadi pada beberapa marketplace yang baru muncul ini. Tentu saja dengan bergabung dengan #marketplace kegiatan marketing Anda akan sangat terbantu dan dimudahkan untuk bisa mendapatkan banyak konsumen.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud