Mau Menarik Banyak Pengunjung Blog? Cobalah 6 Tools Gratis Berikut Ini

Image dari Kelseyads.com

Image dari Kelseyads.com

Seiring perkembangan dunia #blogging, kini para blogger mulai banyak dimudahkan dalam mengelola konten dan blog. Salah satu kemudahan yang akan diperoleh blogger dalam mengelola blog adalah tools. Tools memang akan sangat berguna bagi blogger untuk membantu aktivitasnya termasuk untuk menarik pengunjung.

Blogger memang selalu menginginkan blognya dikunjungi banyak orang sehingga membuat trafik blognya tinggi. Dengan trafik yang tinggi, maka blogger akan memiliki kesempatan besar untuk menjadikan blognya menarik banyak pengiklan sehingga usaha monetisasi yang dilakukan pun berjalan sukses.

Lalu apa saja beberapa tools gratis yang bisa digunakan blogger untuk menarik pengunjung blog? Berikut ulasannya.

1. Google AdWords Keyword Planner

Tools pertama untuk bisa menarik pengunjung blog adalah Google Adword Keyword Planner. Dengan menggunakan Google Adword Keyword Planner Anda akan terbantu untuk menyaring topik blog berdasarkan traffic pencarian. Caranya masukan saja kata kunci yang kita inginkan, beberapa istilah atau variasi lain yang sedang populer akan muncul dan siap dipakai.

Untuk menggunakan #Google Adword Keyword Planner ini dengan efektif ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para blogger yaitu pertama, jangan memilih kata kunci berdasarkan traffic karena nantinya akan sangat menyulitkan Anda untuk bersaing dengan para kompetitor.

Artikel lain: Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

Kedua Anda harus ingat bahwa kompetisi di Keyword Planner bukanlah kompetisi yang sebenarnya dalam mesin pencari, tapi itu adalah kompetisi tertentu untuk Google AdWords yang sepenuhnya terpisah.

2. Topsy

Berikutnya, tools untuk bisa menarik pengunjung blog adalah Topsy. Dengan Topsy akan membantu menyusun daftar orang yang berbagi konten kita, apakah mereka di tag atau tidak.

Dengan demikian Anda akan sangat mudah untuk berinteraksi dengan pembaca yang berkomentar langsung di situs kita, atau memberikan tag kita pada sosial shares mereka. Ini memang tools yang benar-benar bermanfaat untuk membangun hubungan dengan pembaca baru blog Anda.

3. Ubersuggest

Dengan memasukkan kata kunci tertentu, Ubersuggest akan menyajikan daftar A-Z semua kata dalam pencarian Google yang telah ditambahkan pada akhir frase.




Dengan adanya daftar tersebut #blogger akan terbantu mengarahkan postingan yang akan dibuat. Jika kita kesulitan menemukan topik blog baru, Ubersuggest juga bisa membantu Anda dengan memberikan saran tentang topik tertentu.

4. Hemingway App

Sebelum mempublish konten, cobalah untuk sekali lagi mengeceknya dengan tools  Hemingway App. Untuk menggunakan Hemingway App, Anda tinggal melakukan copy dan paste konten Anda ke Hemingway App, maka tools ini akan memberikan analisis lengkap tentang kalimat yang sulit untuk dibaca, kalimat yang sangat sulit untuk dibaca, terlalu banyaknya kata tambahan dan juga kata atau frase yang lebih sederhana.

5. MozBar

Dengan MozBar Anda akan mampu menganalisis website atau blog Anda untuk memastikan #SEO dasar website seperti meta deskripsi, semua teks, dll. Mozbar memang cukup lengkap untuk menganalisis domain dan page authorities, on-page SEO, sosial shares, dan masih banyak lagi.

Untuk mengaktifkan tools yang merupakan salah satu ekstensi Chrome ini Anda tinggal mengetikkan kata kunci yang kita inginkan. Sesaat setelah itu MozBar akan menampilkan domain authority untuk peringkat #website sesuai kata kunci yang kita pilih.

Jika Anda memiliki kesulitan untuk berada di halaman pertama dalam hasil pencarian di Google, Anda bisa menggunakan variasi long-tail keyword (kata kunci panjang) yang memiliki trafific dan kompetisi rendah, sehingga menembak untuk posisis peringkat atas.

Baca juga: 5 Manfaat dan Keuntungan Gabung dengan Komunitas Blog

6. SlideShare

Terakhir, tools untuk bisa menarik pengunjung blog adalah SlideShare. Dengan SlideShare, blogger bisa mengubah salah satu posting blog ke dalam presentasi SlideShare. Setelah konten upload di SlideShare, Anda bisa embed SlideShare deck pada LinkedIn, WordpPress dan situs lainnya untuk meningkatkan trafik jumlah pengunjung datang  ke blog Anda.

Memang dibutuhkan beberapa jam untuk benar-benar membuat konten yang berkualitas. Namun dengan SlideShare Anda akan terbantu membuat pemasaran ulang konten yang efektif.

Itulah beberapa tools gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik pengunjung blog yang Anda miliki. Tapi tetap harus Anda ingat bahwa tools-tools di atas hanyalah alat bantu tambahan untuk membantu pekerjaan. Usaha dan strategi blog kita tetap menjadi yang utama dan paling penting untuk diusahakan dalam usaha menarik lebih banyak pengunjung.



21 total comments on this postSubmit yours
  1. Siap saya mau langsun pakai di web saya

  2. saya semakin harisemakin merosot pengunjung di blog, semoga dengan tips diatas dapat membantu

  3. Semua strategi dalam meningkatkan kunjungan website perlu dicoba, hasilnya pasti ada bro….

  4. dapat ilmu baru nih, terimakasih atas berbagi ilmunya

  5. Pakai aja Walkingblog sesuai dengan blogger yang blog banyak pengunjungnya ..
    so ntar URL mu akan di promotekan balik sama dia.
    sekian masukanya semoga bermanfaat ya.

  6. Kalau mau menarik pengunjung banyak sesimpel manfaatkan aja facebook buat komen komen di blogwalking – tapi ini msh kurang dewasa ini, kalo skg rekomen saya maen ke tempat nasbung nastak war dan garaplah artikel politik, pokoke sesuai segmen… tapi jujur kalo situ nulis tentang politik dijamin moncerrr view kek blog saya

    Tips saya lagi, GUNAKAN GAMBAR UPLOAD SENDIRI! BAHKAN SCREENSHOT SANGAT MEMBANTU KARENA BISA TERINDEX DALAM GOOGLE IMAGE SEARCH

  7. pertamax gan,bermanfaat sekali untuk blogger pemula

  8. Seperti nya sangat menarik untuk tools yang di atas..
    Tinggal di coba untuk di praktek kan..
    dan klo bisa ada articel untuk aplikasi setiap tools nya..
    thanks

  9. Saya masih perlu belajar sama suhu.
    Blognya sangat membantu saya,dalam membuat blog.Saya menjadi mengerti dan memahami
    untk memperbanyam pengunjung.
    semoga saya bisa melakukan.

  10. mantappp tips nya mas bro,makasih telah berbagi?

  11. makasih pak, jujur saya saya baru tahu mengenai tools seperti ini. Sangat membantu sekali untuk menaikan trafik blog saya. Kerja keras, susah payah ingin trafik blog naik hari demi hari susahnya minta ampun.

  12. Apakah berlaku juga untuk wordpress yang gratisan ?

    Terima kasih

  13. Wajib dicoba, izin bookmark.

  14. Tips yang sangat bermanfaat sepertinya saya harus mencoba tools di atas, semoga saja membeeikan manfaat buat semuanya.

  15. info yang bermanfaat, terimakasi gan infonya, semoga membantu, kunjung balik ya gan

  16. ternyata banyak tools yang dapat membantu kita ya, tapi tetap aja faktor ketekunan dan kemampuan membuat artikel yang berkualitas menjadi kuncinya. sukses selalu, tks atas tips nya

  17. sudah ada beberapa yang sudah dicoba termasuk plugin2, tapi ada beberapa yang gak ngerti hanya saja dilakukan secara texbook jadi hanya ikutin aja caranya tinggal cek total pengunjung. artikel ini cukup membantu banget

  18. Waoo sangat keren artikelnya untuk menarik kunjungan dengan teknik ini.Tapi memang lama juga harus memakai ke 6 Tools diatas ..Tapi secara umum ini memang sangat -sangat rekomended banget

  19. Beberapa tools sudah saya coba… tinggal coba yang lainnya…

  20. Sudah pernah baca tentang semuanya, yang membedakan hasil dari refrensi hebat di atas mungkin adalah actionya..

  21. Tipnya sangat sederhana, tapi powerfuul topcerrr gan,.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud