Mau Memotret Makanan dengan Kamera Ponsel? Ikuti 4 Trik Berikut Ini

tips food photography

Image dari Stormcart.in

Memotret makanan saat ini memang sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang. Entah itu sebagai ajang eksistensi diri, untuk kecintaan hingga untuk kegiatan profesional seperti monetisasi blog, kegiatan memotret makanan (food photography) menjadi hal yang sudah lumrah dilakukan. Sayangnya dalam kegiatan memotret makanan ini tidak semua orang bisa menghasilkan gambar atau foto yang baik dan tepat. Hasilnya makanan yang menarik tersebut menjadi sangat buruk ketika hasil potret didapat.

Untuk mendapatkan hasil gambar yang baik untuk kegiatan memotret makanan ini sendiri Anda tidak harus menggunakan perangkat yang mahal, namun dengan hanya menggunakan ponsel maka gambar makanan pun bisa terlihat sangat menarik. Tentunya Anda membutuhkan beberapa trik untuk menjadikan hasil gambar dari pemotretan makanan dengan kamera ponsel ini menjadi lebih menarik. Dan inilah beberapa trik memotret makanan dengan #kamera ponsel  tersebut.

1. Memanfaatkan Cahaya

Trik pertama untuk memotret makanan dengan kamera ponsel adalah dengan memanfaatkan cahaya. Ya, cahaya memang menjadi komponen terpenting dari kegiatan #fotografi jenis apapun termasuk food photography. Sumber cahaya yang bagus untuk kegiatan fotografi makanan ini adalah yang besar dan lembut. Tentunya lebih disarankan Anda untuk menggunakan cahaya alami yaitu sinar matahari untuk aktivitas ini.

Untuk mendapatkan cahaya alami yang besar dan lembut ini Anda bisa melakukannya di luar rumah saat kondisi mendung, Jika memang Anda malu untuk melakukannya di luar rumah maka Anda bisa melakukannya di dalam rumah di lokasi dekat sebuah jendela. Jangan lupa juga untuk mengatur segala objek dan peralatan dan juga memposisikan diri Anda di dekat jendela. Untuk mengubah cahaya matahari yang keras ini menjadi lebih lembut Anda bisa menggunakan kain putih atau flex fill transparan.

Artikel lain: Food Photography ~ Peluang Bisnis Buat Yang Hobi Memotret Makanan




Satu hal lagi yang perlu Anda lakukan saat melakukan pemotretan di dalam rumah adalah mematikan cahaya lampu. Mengapa? Sebab jika ada dua cahaya yang masuk maka akan ada muncul bayangan bersilang yang mengganggu. Bila Anda melakukan pemotretan makanan di restoran maka Anda hanya perlu mematikan lampu flash kamera ponsel Anda. Setelah itu Anda bisa memanfaatkan pinggiran meja atau gelas untuk membuat ponsel tidak bergoyang dan menahan ponsel agar tetap stabil.

2. Kenali Peralatan Anda

Selain dengan memanfaatkan sumber cahaya yang efektif dan mematikan lampu flash, Anda juga bisa memotret makanan dan menghasilkan gambar yang baik melalui cara lain. Caranya adalah dengan mengenali dengan baik beberapa peralatan fotografi Anda. Pertama Anda dapat memilih fokus dengan menyentuh layar ponsel.

Trik lain yaitu dengan melakukan pengaturan eksposur hingga dirasa cukup pas. Apabila terdapat benda yang sangat cerah dalam bidikan foto Anda, maka usahakan kamera smartphone mampu mengekspos benda tersebut. Bila perlu “dipakasakan”, paksakan saja eksposur Anda hingga mencapai estetika atau tingkat keindahan yang diinginkan. Ini adalah keinginan Anda bukan dari ponsel yang Anda inginkan.

3. Pikirkan Tentang  Framing

Memotret makanan dengan beberapa komponen yang ada seperti piring, sendok, garpu, mangkuk dan gelas akan membuat Anda terkena distorsi (kesalahan), terutama jika Anda memotret dari jarak dekat. Apalagi jika Anda ingin memotret dengan sudut 45 derajat, tentunya kemungkinan terjadinya distorsi makin besar karena penggunaan kamera ponsel lebih sulit daripada kamera DSLR.

Meski demikian ada solusi yang tepat untuk hal ini yaitu dengan cara memotret tegak lurus dari atas. Meski diajurkan memotret dengan tegak lurus, Anda juga bisa bereksperimen dengan dengan berbagai angle.




Baca juga: Vika Rahma ~ Sukses Jalani Profesi Food Photographer Berbekal Keahlian Fotografi

4. Percantik Dengan Menggunakan Filter

Terakhir trik untuk memotret makanan dengan kamera ponsel adalah dengan menggunakan filter. Meski memang disarankan Anda untuk menggunakan hasil foto asli namun tidak menutup kemungkinan Anda juga menggunakan filter. Bila memang filter bisa membuat hasil gambar lebih bagus maka jangan ragu untuk melakukan hal ini.

Tidak ada yang salah jika Anda melakukan hal ini bila Anda dapati hasil foto bisa menciptakan tujuan food fotography yaitu meningkatkan selera makan bisa meningkat. Beberapa filter ini sendiri sekarang bisa Anda dapatkan dari beberapa #aplikasi. Dari aplikasi ini buatlah pengaturan untuk eksposur, saturasi dan lain lain, namun pastikan jangan melakukannya secara berlebihan.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud