Mau Membuat Email Marketing yang Lebih Mobile Friendly? Terapkan 6 Caranya Berikut Ini

email marketing

Image dari Daviddewolf.com

Setelah kita kemarin membahas jenis-jenis email marketing, saat ini kita akan membahas cara membuat email marketing yang mobile friendly. Email (electronic mail) marketing memang telah menjadi sebuah cara umum dalam pemasaran usaha dilakukan oleh para pengusaha. Nah, dalam email marketing yang menggunakan jaringan internet ini tentunya kini bisa ditampilkan dalam berbagai macam perangkat. Dan salah satu perangkat digital yang juga sering digunakan untuk mengecek email adalah smartphone atau ponsel pintar.

Dengan penggunaan smartphone yang makin merajalela ini Anda sebagai penguasa memang dituntut untuk membuat email marketing Anda tampil mobile friendly. Sebab dengan tampilan mobile friendly maka email marketing Anda bisa membuat tujuan Anda untuk menarik konsumen bisa tercapai dengan maksimal. Lalu bagaimana cara untuk bisa menjadikan email marketing ini tampil lebih mobile friendly? Berikut ulasannya.

1. Dapatkan Kepercayaan dari Nama

Cara pertama untuk membuat email marketing yang mobile friendly adalah dengan menampilkan nama pada notifikasi email di layar smartphone mereka. Mengapa harus nama? Sebab pada umumnya jika email marketing tampil tanpa nama, penerima umumnya akan malas untuk membuka dan membacanya. Nah untuk Anda yang tidak ingin diabaikan penerima email tentu saja Anda harus mampu menampilkan nama Anda di layar smartphone penerima.

Dengan adanya nama yang dikenal maka Anda akan berpeluang besar untuk membuat penerima email membuka dan membaca email marketing yang Anda kirim.

Artikel lain: 6 Tips Menulis Email Marketing dengan Teknik Persuasif yang Mampu Meningkatkan Penjualan

2. Perhatikan Tentang Subject Email

Selain nama jangan lupakan juga subject email. Pada bagian ini Anda harus benar-benar memperhatikan penulisan dan susunan kata – kata dari subject email yang akan Anda buat. Mengapa penulisan subject email ini penting? Sebab umumnya penerima email akan mencoba mengenali pengirim email dari subject email yang dikirimkan setelah mereka gagal mengenal Anda dari alamat email.




Subject email ini juga banyak digunakan perusahaan untuk mengkategori atau mengkasifikasikan email. Menurut banyak pengalaman subject email juga akan menentukan patut atau tidaknya sebuah email untuk dibaca.

3. Jangan Lupakan Pre-header Email Anda

Email marketing yang mobile friendly haruslah menampilkan pre-header. Mengapa demikian? Sebab dengan pre-header penerima email akan dibantu mengenali email Anda lebih awal sebelum mereka mengenali Anda dari nama pengirim dan subject email. Untuk menarik dan membuat penerima lebih antusias melihat dan membaca email Anda, Anda bisa menuliskan sesuatu yang kreatif dan unik pada pre-header email Anda.

4. Pastikan Ajakan Anda Jelas dan Mudah Ditemui

Dengan ukuran #smartphone yang berbeda-beda, Anda sebagai pengirim email marketing tentunya harus bisa menjadikan email memiliki petunjuk yang jelas dan mudah untuk ditemui. Hal ini adalah hal yang wajib terutama bagi Anda yang memiliki penawaran dan ajakan untuk melakukan kegiatan. Maka dari itu dengan memastikan petunjuk ajakan mudah ditemukan maka Anda sudah membuat email marketing Anda lebih mobile friendly.

5. Buat Display dan Desain Email Marketing yang Responsif

Apapun jenis smartphone yang digunakan penerima email, Anda harus bisa memastikan bahwa tampilan dan desain email yang Anda kirim terlihat baik dan responsif di semua perangkat mobile. Jangan memaksakan diri untuk membuat tampilan yang bombastis namun tidak kompatibel untuk perangkat mobile.

Buat saja tampilan dan desain yang biasa namun responsif. Setelah Anda memuat display dan desain, Anda bisa melakukan pengujian atau tes terlebih dahulu di perangkat smatphone Anda sendiri. Nah setelah ternyata desain dan display sudah responsif berjalan di ponsel pintar Anda maka Anda bisa meluncurkan atau mengirimkannya pada target.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

6. Sertakan Gambar yang Mendukung

Terakhir, cara untuk membuat email marketing yang mobile friendly adalah dengan menyertakan gambar yang mendukung. Gambar memang merupakan unsur penting guna menarik calon konsumen, termasuk para penerima email.

Namun harus Anda ingat bahwa gambar yang akan Anda tampilkan dalam email yang mobile friendly ini haruslah gambar-gambar yang bersifat responsif serta tidak membuat smartphone lambat saat membukanya. Jangan lupa juga pilih gambar yang mendukung atau sesuai dengan tema email yang Anda sudah tulis.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud