Mau Luncurkan Website E-Commerce? Lakukan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

Mau Luncurkan Website E-Commerce? Lakukan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

membangun website e-commerce

Bisnis e-commerce saat ini memang sedang marak dan populer. Saking populernya, bisnis berbasis elektronik ini telah menjadi tren berbelanja di beberapa negara. Di Indonesia sendiri bisnis ini mulai menggejala dan diprediksi akan segera booming di tahun-tahun mendatang. Umumnya dalam menjalankan bisnis e-commerce seorang entrepreneur ini akan dituntut untuk memiliki sebuah #website.

Website memang akan menjadi sarana bagi pebisnis #e-commerce untuk menjalankan usahanya yang juga akan menentukan kesuksesannya. Karena pentingnya sebuah website bagi bisnis berbasis elektronik, maka Anda harus memperhatikan dan menjalankan beberapa hal berikut ini sebelum meluncurkan situs e-commerce.

Lalu apa saja beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melaunching website e-commerce ini? Berikut ulasannya.

1. Lakukan Uji Produk

Hal pertama yang harus dilakukan pebisnis sebelum meluncurkan website e-commerce adalah melakukan uji produk. Seperti layaknya bisnis lain, bisnis berbasis elektronik juga membutuhkan uji produk terlebih dahulu. Dengan adanya uji produk maka Anda akan terhindar dari kerugian yang besar yang mungkin saja terjadi.

Meski Anda sudah sangat yakin dengan produk yang Anda miliki, namun tetap saja selama Anda belum tahu respon pasar terhadap produk, penjualan bisnis Anda masih memiliki kemungkinan untuk tidak laku. Maka dari itu jangan terburu meluncurkan website ecommerce sebelum semua produk kita benar-benar siap dan sempurna setelah melewati survei dan uji produk. Lihat respon pasar, jika memang pasar merespon baik, maka Anda sudah bisa meluncurkan website e-commerce Anda.

Artikel lain: 8 Langkah Dongkrak Popularitas eCommerce Di Twitter 

2. Terapkan SEO yang Baik Pada Website

Tidak sedikit pebisnis yang merasa website e-commerce yang akan diluncurkannya akan cepat dikenal orang. Padahal pada kenyataannya, membuat wesbsite dikenal banyak orang itu tidak mudah. Untuk mendapatkan banyak pengunjung dan menjadikan website e-commece Anda populer diperlukan perjuangan dan kerja keras.

Apalagi jika Anda tak punya cukup dana untuk mengiklankan website, maka perjuangan pun akan semakin keras. Tapi Anda tak perlu khawatir, meskipun Anda memiliki dana terbatas dan ingin membuat website Anda dikenal banyak orang, ada satu teknik untuk itu yaitu #SEO (Search Engine Optimization). Dengan teknik SEO ini maka akan banyak orang yang akan mengenal website Anda dari sebuah pencarian serach engine.

3. Sediakan Anggaran untuk Upaya Marketing

Memang ada banyak cara melakukan promosi tanpa biaya untuk marketing. Namun yang perlu Anda ketahui, tidak semua tempat dan tools gratis bisa memberikan kepada website e-commerce Anda scalable dan bernilai. Sebagai sebuah pebisnis yang ingin sukses secara baik dan profesional maka website yang dimiliki harus juga profesional.

Maka untuk itu, agar wesbite kita scalable dan bernilai serta profesional Anda memang perlu untuk menganggarkan dana untuk keperluan marketing. Bahkan terkadang Anda juga perlu melakukan pengujian terhadap marketing channels dan strategi yang berbeda untuk menemukan apa yang terbaik untuk bisnis Anda.

4. Uji Coba Fitur Website

Tidak hanya produk yang perlu Anda uji coba, beberapa fitur yang akan Anda terapkan pada situs e-commerce Anda juga perlu di uji coba. Beberapa fitur yang menurut Anda sudah sangat meyakinkan juga memiliki kemungkinan yang tidak sesuai dengan pasar atau target pasar Anda. Akibatnya jika fitur website Anda tak kompatibel dengan pasar maka tidak mungkin para pengunjung yang datang merasa malas membeli dan akhirnya pergi meninggalkan Anda.

Maka jika Anda ingin benar-benar membuat website yang selalu diminati pengunjung maka Anda harus melakukan uji coba fitur ini untuk melihat respon pasar sebelum Anda benar-benar Anda meluncurkannya.

Baca juga: Pahami Trik Berikut Ini Agar Mampu Bersaingan Dengan Ecommerce Besar

5. Bangun Pondasi Bisnis yang Kuat

Terakhir, hal yang harus dilakukan pebisnis sebelum meluncurkan website e-commerce adalah membangun seluruh pondasai e-commerce yang kuat. Beberapa pondasi e-commerce kuat yang dimaksud seperti faktor trust, sistem pembayaran, sistem keamanan dan segala layanan yang ada.

Beberapa pondasi tersebut memang sangat krusial untuk sebuah bisnis e-commerce. Pastikan semuanya terorganisir dan optimal sebelum website benar-benar Anda luncurkan. Jangan sampai setelah situs diluncurkan, pengunjung masih menemukan hal dasar ini tidak berjalan baik hingga membuat mereka kecewa. Maka dari itu Anda tidak perlu terburu-buru melaunching website e-commerce jika komponen pondasi dasar ini dirasa belum siap dan belum matang.

4 KOMENTAR

  1. Santi Nurma's Schooling

    Iya, bener banget tuh. Jangan sampai terlalu terburu-buru juga karena saking semangatnya.
    Dan yang paling penting adalah komitmen serta pantang menyerah mengingat persaingan yang menjamur akhir-akhir ini. Mungkin itu yang dapat saya sampaikan.

  2. bener banget mas, akan saya ingat betul nasihat dari artikel ini biar jangan sampai nyasar

  3. Iya mas emang bener, ga blh terburu-buru emang kyk saya.. hehe makasih tipsnya.

  4. Haduh iya mas bener bgt, ga blh terburu-buru kayak saya emang.. Terima kasih ini tipsnya.

Tinggalkan Balasan