Mau Koneksi Internet 3G Ngebut di Perangkat Android? Coba 5 Cara Berikut Ini

internet 3G

Image dari Aquto.com

Meski jaringan 4G LTE telah hadir dengan menawarkan kecepatan mengakses internet yang lebih baik namun keberadaan jaringan pendahulunya internet 3G masih saja tetap dibutuhkan oleh beberapa masyarakat. Bahkan karena persebaran jaringan 4G yang masih belum merata, maka jaringan 3G masih memiliki persentase terbesar dalam konsumsi data di Indonesia.

Kecepatan internet 3G memang berada dibawah 4G, tapi Anda tak perlu khawatir untuk urusan yang satu ini, sebab dengan beberapa cara dan trik berikut ini maka Anda akan mampu membuat koneksi 3G lebih cepat dan kencang. Lalu bagaimanakah caranya untuk membuat jaringan 3G ini bisa berjalan dengan cepat dan maksimal di perangkat Android? Berikut ulasannya.

1. Booster Internet 3G Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama untuk membuat koneksi internet 3G ngebut di perangkat Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dan salah satu aplikasi yang mampu membantu Anda mempercepat jaringan 3G adalah Opera Max. Dengan Opera Max maka jalur lalu lintas 3G memang akan bekerja lebih optimal. Selain akan mampu membuat aplikasi bekerja lebih cepat, dengan penyematan proses kompresi maka aplikasi Opera Max ini juga akan mampu menghemat kuota internet.

Selain Opera Max, bagi Anda para pecinta Facebook, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Facebook Lite untuk bisa mempercepat jaringan 3G saat mengakses Facebook. Dengan aplikasi Facebook Lite, data yang dibutuhkan juga tidak terlampau banyak jika dibandingkan dengan aplikasi Facebook biasanya.

Artikel lain: Cara Mempercepat Koneksi Internet

2. Nonaktifkan Pemuatan Gambar di Peramban

Salah satu hal yang menyebabkan pemuatan sebuah situs berlangsung sangat lama pada jaringan internet 3G adalah adanya gambar yang terdapat pada situs tersebut. Maka dari itu jika Anda ingin membuat jaringan 3G ini ngebut maka Anda harus menonaktifkan pemuatan gambar di peramban. Jadikan peramban Anda berada dalam kondisi atau mode ‘Text Only’.

Untuk membuat peramban berada pada mode ‘Text Only’ ini Anda bisa menggantinya pada menu pengaturan (setting) peramban. Nah saat peramban hanya bisa mengakses tulisan tanpa gambar maka bisa dipastikan kecepatan jaringan 3G pun akan semakin kencang.

3. Bersihkan Cache di Smartphone

Berikutnya, cara untuk membuat jaringan 3G pada perangkat #smartphone Android bekerja dengan cepat maka Anda bisa melakukannya dengan membersihkan cache di smartphone. Cache sendiri adalah folder file sementara internet yang berisi file dari beberapa website yang telah kunjungi. Nah jika Anda sudah lama browsing maka cache ini akan semakin banyak. Nah efek dari keberadaan cache yang terlampau banyak ini akan membuat kecepatan jaringan 3G smartphone Android makin lelet.

Maka dari itu untuk bisa mengembalikan kecepatan maka Anda harus melakukan penghapusan seluruh cache. Untuk menghapus cache ini sendiri Anda bisa masuk ke menu pengaturan (settings) dan pilih Application. Setelah itu bersihkan cache yang tersisa pada aplikasi yang telah dipilih dengan memilih Clear Cache.




4. Uninstal Aplikasi yang Boros Memori

Menurunnya kecepatan jaringan 3G pada smartphone Android juga bisa disebabkan oleh adanya beberapa #aplikasi yang telah dipasang. Pada setiap aplikasi yang ada memang akan memakan memori smartphone. Maka dari itu jika Anda terlalu banyak memasang aplikasi maka bisa jadi kecepatan akses internet Anda akan ikut menurun.

Maka dari itu hapus saja aplikasi-aplikasi yang jarang atau malah tidak pernah dipakai agar memori smartphone kembali lega dan luas. Saat memori jadi lebih lega maka akses internet 3G pun akan semakin lebih baik dan lebih cepat. Selain menghapus aplikasi, menghapus widget juga bisa menjadi solusi lain untuk bisa membuat kecepatan jaringan 3G smartphone Android makin ngebut.

Baca juga: Menguak 6 Inovasi Terburuk Di Bidang Internet yang Pernah Ada

5. Ganti Pilihan Modus Jaringan yang Digunakan

Terakhir, cara untuk membuat koneksi internet 3G ngebut adalah dengan mengganti pilihan modus jaringan yang digunakan. Dalam perangkat ponsel pintar Android penggantian pilihan modus jaringan memang bisa dilakukan dengan cara memilih jaringan yang tepat. Pilihannya sendiri ada 2G/GSM dan 3G/WCDMA atau memilih keduanya dengan sistem otomatisasi.

Tapi ada hal yang perlu dipahami sebelum melakukan hal ini yaitu kondisi jaringan di lokasi pengguna. Pastikan bahwa jaringan yang Anda pilih sesuai dengan kondisi sinyal terbaik yang ada di lokasi tersebut. Jika Anda memaksakan smartphone menangkap jaringan 3G di lokasi yang sedikit sinyalnya maka hal ini akan percuma saja.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud