Mau Jual Produk Lewat Toko Online? Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

Perkembangan jumlah netizen (pengguna internet) di Indonesia yang semakin hari semakin bertumbuh membuat internet kini mendapatkan perhatian yang serius dari beberapa pebisnis. Munculnya peluang memperoleh keuntungan besar dari #internet inilah yang menjadikan para pengusaha tak lagi menganggap remah internet dan jaringannya. Beragam pilihan teknik bisa dilakukan oleh siapapun yang bisa memaksimalkan internet sebagai ladang bisnis. Salah satu cara mendapatkan uang dari internet tersebut adalah dengan membuat online shop.

Online shop yang merupakan media untuk melakukan kegiatan belanja secara online ini memang telah menjadi pilihan favorit publik, terutama masyarakat perkotaan yang disibukkan oleh beragam aktivitasnya. Dengan faktor efektifitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh #toko online ini membuat online shop menjadi salah satu bisnis yang memiliki prospek cerah dan cemerlang. Maka tak ayal kemudian banyak pihak berlomba-lomba membuat dan mengembangkan toko online bahkan untuk dikelola secara profesional.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka dan mengembangkan toko online, Anda perlu memperhatikan beberapa unsur yang ada pada sebuah toko online. Salah satu unsur yang perlu Anda perhatikan tersebut adalah produk. Saat Anda akan memutuskan untuk terjun ke bisnis toko online, ada 4 hal terkait produk yang perlu Anda perhatikan tentu dengan tujuan agar bisnis toko online Anda sukses dan berjaya. 4 hal yang perlu Anda perhatikan tersebut adalah:

Artikel lain: Sudahkah Mengevaluasi Toko Online Anda?

1. Produk Yang Anda Jual Banyak Dicari Konsumen

Tak semua produk akan laris dibeli konsumen. Dalam pasar ada hukum yang berbunyi ada permintaan maka ada penawaran. Jadi penawaran atau penjualan barang akan terjadi jika ada permintaan dari konsumen. Hukum ini memberi arti bahwa produk yang baik adalah produk yang banyak diminta dan dicari pasar atau konsumen.

Hal ini berlaku untuk segala jenis toko baik itu offine maupun toko online. Maka dari itu jika Anda benar-benar tertarik membuka toko online, usahakan produk yang akan Anda jual di toko online adalah barang yang banyak dicari konsumen. Untuk mengetahui bahwa produk Anda laris atau tidak, maka Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu.




2. Cari Produk Yang Memberikan Keuntungan Minimal 25%

Dalam berbisnis tentu kita sangat mengharapkan mendapat keuntungan. Tanpa keuntungan, bisnis kita jadi tak berarti apa-apa alias sia-sia. Lalu keuntungan seperti apakah yang bisa saling membawa dampak baik bagi kedua belah pihak antara penjual dan pembeli?

Umumnya penjual memang ingin mendapat untung besar dari produk yang ia jual, namun sebagai penjual Anda juga harus mengakomodir kehendak konsumen yang menginginkan harga terjangkau. Maka untuk itu Anda harus bisa kreatif mencari jalan tengah ini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mencari dan memilih produk yang bisa memberikan keuntungan bagi Anda minimal 25% atau lebih.

Memilih produk-produk yang memberi keuntungan minimal 25% untuk toko online Anda adalah trik yang bisa dijalankan daripada harus memilih produk yang mahal tapi hanya memberi keuntungan yang kecil. Dan hal ini bukanlah sikap yang arogan, karena sebagai toko online, Anda juga harus bisa terus menjaga eksistensi dan keberlanjutan toko online Anda. Apalagi lazimnya toko online yang membuat layanan pesan antar atau kirim produk sampai tujuan. Tentu hal ini harus menjadi sebuah pertimbangan sendiri untuk toko online Anda.

3. Pilih Produk Yang Mudah Dikirimkan

Seperti yang telah disebutkan karena toko online ini lazimnya melayani jasa antar-kirim, maka produk yang Anda jual di toko online haruslah sebuah produk yang mudah untuk diantar dan dikirim. Umumnya produk yang mudah diantar-kirim memiliki ciri ringan, bentuk padat dan mudah dibawa.

Dengan kondisi produk yang mudah dikirimkan, maka hal ini akan memudahkan Anda dan bisnis Anda. Jika sebaliknya yang terjadi, maka bersiaplah untuk dibuat repot dan malah merugikan bisnis Anda.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online Dengan Platform WordPress

4. Pilih Produk Dari Kecenderungan Toko Online

Produk pada toko online seringkali memiliki kecenderungan yang berbeda dengan produk pada toko offline di dunia nyata. Jika produk A di toko nyata begitu laris manis, namun hal ini belum tentu terjadi pada toko online. Begitu juga sebaliknya, jika di sebuah toko nyata sebuah produk A tidak laku maka hal ini bukanlah hal mutlak yang juga bisa berlaku pada toko online.

Bisa jadi produk yang tidak laku di toko nyata dapat laris manis di toko online. Ini terjadi karena toko online memiliki karakteristik dan kecenderungan yang berbeda dengan toko offline. Maka dari itu risetlah semua hal di pasar yang bisa Anda jadikan referensi untuk produk toko online Anda.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. Wah kebetulan saya ingin membuat toko online, kebetulan saya ingin jualan dibidang otomotif, bagaimana menurut sang admind, ?

  2. Tulisan maxmanroe.com selalu menginspirasi saya dalam dunia internet. thanks max

  3. Apakah anda termasuk orang yang menginginkan tambahan penghasilan, tapi terkendala
    Masih belum tau bisnis apa yang cocok, praktis, digemari dan pasti laku di pangsa pasar
    Menginginkan bisnis dengan sistem perputaran cepat
    Bingung strategi pemasaran dan sasaran dalam kiat berbisnis
    Saatnya anda bertemu dengan bisnis tepat yang sangat praktis,mudah dijalankan, keuntungan menjanjikan…
    Penjualan Myhealthy yogurt sangat praktis, dititipkan di sekolah, kantin, warung, kaki lima, arisan, acara ultah
    Myhealthy yogurt digemari semua kalangan.. Jadi termasuk produk yang gampang dijual dan bisnis dengan perputaran cepat..
    Ayo gabung menjadi bagian dari Agen Hebat Kami.. Raih sehatnya Dapatkan manis keuntungannya… info lebih lanjut, hub: 08568003915

  4. Tulisan2 dr blog om max memang luar biasa.. Selalu ksh inspirasi kpd sang pembaca. Salut om max

  5. Artikel yang sangat bermanfaat. Saya pun menerapkannya. Tapi jangan lupa, di atas sana ada Yang membagi rezeki. Terkadang semua teori (ikhtiar) sudah kita terapkan. Tapi karena belum rezeki kita, yang bersabar dan berdoa, meminta tambahan rezeki dari Yang Maha Memberi.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud