Mau Jalankan Bisnis Kue Pie? Perhatikan 4 Resep Suksesnya Berikut Ini

Mau Jalankan Bisnis Kue Pie? Perhatikan 4 Resep Suksesnya Berikut Ini

bisnis kue pie
Image dari Kapanlagi.com

Kue pie atau pastel saat ini memang merupakan salah satu jajanan atau kuliner yang paling digemari oleh konsumen saat ini. Bagaimana tidak, dengan rasa yang lezat dan menggoda, kue pie ini selalu menarik seseorang untuk membelinya. Maka dengan ramainya permintaan pasar saat ini maka tak ayal bila kue yang terdiri dari kulit kue kering dengan isi yang beraneka ragam tersebut sangat berpeluang besar sukses dijalankan sebagai bisnis.

Menurut riset dikatakan bahwa peluang margin keuntungan dari bisnis ini terbilang cukup besar yakni mencapai 50% dari pendapatan kotor. Namun meski sedang cerah, Anda yang akan menjalankan bisnis kue pie ini harus tetap memperhatikan beberapa hal agar usaha pie yang Anda bangun ini berjalan dengan sukses. Berikut beberapa resep sukses berbisnis kue pie tersebut.

1. Hadirkan Produk yang Crunchy

Resep sukses pertama untuk menjalankan bisnis kue pie adalah dengan menghadirkan produk yang crunchy. Kue pie yang identik dengan kulitnya yang kering dan renyah memang mengharuskan Anda membuat kue yang renyah atau crunchy pada bagian crust atau kulitnya. Dan inilah salah satu indikator selain topping yang akan menentukan dan menjadikan kue pie dikatakan enak dan lezat.

Maka dari itu cobalah untuk membuat bagian kulit kue pie ini serenyah mungkin. Gunakan bahan dasar untuk membuat kulit ini dengan bahan yang bisa membuat kue menjadi crunchy, tidak lembek tetapi juga tidak keras.

Artikel lain: Cupreme Cookies ~ Bisnis Kuliner Kue Dengan Bentuk Karakter Kartun yang Unik

Namun selain dari bahan, Anda juga perlu memperhatikan bahwa tingkat crunchy ini juga ditentukan oleh tingkat kematangan dan juga ketebalan kulit. Untuk mendapatkan rasa renyah atau crunchy dari kulit pie ini usahakan untuk membuat ketebalan kulit kue pie tidak lebih dari 1 cm.

2. Berlatih dan Berkreasi Menambah Varian

Kue pie yang memiliki beragam isian toping memang membuat kue ini memiliki beragam jenis atau varian. Isian kue pie ini sendiri bisa berupa buah, daging, ikan,sayur, keju, coklat, kustar, kacang dan lain-lain. Bahkan ada kue pie yang berisi buah yang umumnya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai. Isian buah ini juga dapat Anda potong-potong dadu untuk dipanggang bersamaan dengan kulit pie-nya.

Di beberapa negara kue pie bahkan memiliki sebutan tertentu seperti à la mode yang merupakan kue pie yang disajikan dengan es krim. Di Australia sendiri ada kue pie dagung sudah dianggap sebagai makanan nasional Australia. Kue pie di Negeri Kangguru itu berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Dari beragam varian kue pie ini maka Anda juga bisa berkreasi dengan kreativitas yang Anda miliki untuk membuat kue pie dengan toping yang menarik dan tentunya harus menggugah selera.

Untuk melakukan hal ini pebisnis harus rajin-rajin memperkaya informasi dari berbagai referensi. Pebisnis juga perlu memperhatikan tren-tren terbaru dan, jika memungkinkan Anda juga bisa menciptakan tren kue pie yang baru.

3. Ciptakan dan Pertahankan Ciri Khas

Karena pelaku usaha kue pie ini sudah banyak, maka tingkat persaingan dalam bisnis ini juga terbilang cukup ketat. Maka dari itu untuk mengatasi persaingan ini maka Anda harus membuat bisnis Anda ini memiliki pembeda dengan bisnis lainnya. Bagaimana caranya untuk bisa membuat pembeda dengan kompetitor? Anda bisa melakukan hal ini dengan cara menciptakan dan mempertahankan ciri khas pada kue pie Anda.

Jika Anda telah memiliki ciri khas tertentu pada kue pie Anda seperti toping dengan isian tertentu maka Anda bisa mempertahankan karakter ini dengan kuat. Selain pada toping, Anda juga bisa membuat ciri khas dan keunikan produk Anda pada kemasan, sistem produksi ataupun layanannya. Dengan karakter dan ciri khas yang kuat ini maka Anda bisa menjadikan bisnis kue pie tersebut mampu bersaing dengan kompetitor.

Baca juga: Pia Emakku ~ Kesuksesan Bisnis Kuliner Kue Rumahan Manfaatkan Marketing Online

4. Jangan Lupakan Rasa kue yang Enak

Terakhir, resep untuk membuat bisnis kue pie Anda ini sukses adalah dengan menciptakan rasa kue yang enak. Ya, karena ini bisnis di bidang kuliner, maka memang mau tak mau Anda tidak bisa melupakan komponen penting yang satu ini yaitu rasa.

Meskipun Anda mencoba membuat kue pie dengan beragam inovasi dan kreativitas, Anda tetap harus memperhitungkan faktor rasa ini. Gunakan bahan-bahan berkualitas dan racikan atau resep yang sesempurna mungkin untuk menjadikan rasa kue pie Anda enak dan diterima pasar atau konsumen dengan baik.

2 KOMENTAR

  1. klo mau belajar buat web yg tidak lwt online dimana yg bagus. Apa sy bisa belajar sama mas manroe lgs

    • Kenapa komentarnya dikirim di artikel ini pak Agus hahaha… ini tentang bisnis kue pie

Tinggalkan Balasan