Mau Dapatkan Peluang Sukses dari Bisnis Digital? Cermati 4 Tren Konsumennya Berikut Ini

potensi bisnis digital 2016

Image dari Business2community.com

Untuk mendapatkan sebuah #peluang bisnis seorang pengusaha memang mau tak mau harus melakukan survey dan riset pasar. Dengan adanya riset pasar ini maka Anda akan bisa mendapatkan banyak data yang penting untuk bisa menerapkan strategi bisnis yang tepat. Dan salah satu data dari survey pasar yang penting untuk bisnis ini adalah data konsumen.

Sebuah bisnis apapun, termasuk bisnis digital pastinya membutuhkan konsumen. Dengan semakin banyak konsumen maka bisnis akan semakin berpeluang untuk sukses. Nah untuk Anda yang ingin mendapatkan peluang sukses dari bisnis digital, Anda perlu mencermati beberapa tren konsumen yang ada dari survei yang dilakukan oleh Accenture. Berikut ulasannya.

1. Munculnya Generasi Screenager

Tren konsumen pertama yang perlu Anda cermati untuk bisa mendapatkan peluang sukses dari bisnis digital ini adalah munculnya generasi konsumen screenager. Konsumen screenager sendiri adalah konsumen yang memiliki lebih dari satu perangkat digital serta selalu merasa tidak pernah puas dengan layanan digital tertentu.

Dalam data Accenture, golongan konsumen screenager ini terdapat sekitar 47 % orang, sedangkan secara global (di dunia) kelompok ini sudah mencapai 87 %. Menurut Managing Director, Communication, Media and Technology Lead, Accenture Indonesia, Wong Tjin Tak, angka yang ada tersebut sudah menjadi pertanda bahwa ada perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Artikel lain: 4 Syarat Bangun Jaringan Bisnis Berbasis Digital Kian Kuat




Walau jaringan #internet di Indonesia ini relatif belum bagus, namun fenomena konsumen screenager ini sudah mulai tumbuh. Tak hanya terbatas pada perangkat smartphone, laptop dan tablet, golongan screenager ini menurut Wong Tjin akan bergerak lagi ke perangkat HDTV ditahun 2016 ini dengan angka persentase mencapai 59%.

2. Keperluan Akan Pengalaman dan Layanan yang Lebih Baik

Semakin banyak pihak yang terjun dalam #bisnis digital saat ini menjadikan persaingan usaha menjadi lebih sengit. Dari sini mereka akan berusaha dengan segala cara agar bisa memperoleh konsumen atau pasar. Pada sisi yang lain dengan adanya banyaknya produsen, konsumen sendiri akan memiliki banyak pilihan brand atau merek dari perangkat digital yang akan dibeli.

Selain memiliki banyak pilihan, konsumen saat ini menurut data Accenture juga mempunyai sikap yang menginginkan pengalaman digital yang lebih baik. Dari sini Managing Director in Digital, Accenture ASEAN, Mohammed Sirajudeen, mengatakan bahwa para penyedia produk dan layanan digital harus bisa mengakomodasi keinginan dari konsumen yang mengharapkan mendapatkan pengalaman digital yang lebih baik tersebut. Maka para produsen mustinya harus mampu bersaing dengan yang lain untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan berbeda supaya bisa memenangkan hati konsumen.

3. Banyaknya Tingkat Pembagian Data Pribadi Secara Daring

Perilaku konsumen yang berikutnya muncul dari data Acceture adalah tren di mana mereka sering membagikan data pribadi mereka kepada pihak lain secara daring (online). Sebuah portal online yang sudah dipercaya memang bisa saja membuat seseorang menaruh kepercayaan yang tinggi padanya. Tren konsumen yang satu inilah yang kemudian akan berpengaruh besar dan krusial bagi para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan industri digitalnya.

Dalam data dari Accenture sendiri diketahui bahwa konsumen yang memiliki perilaku semacam ini memiliki jumlah persentase mencapai 52%. Sisanya sebanyak 48 % konsumen digital mengaku masih cukup waspada untuk membagi data pribadi ke jaringan online. Angka yang lebih besar dari kelompok yang tak khawatir membagi informasi pribadinya secara online inilah yang seharusnya bisa Anda ambil peluang bisnis digital yang menguntungkan.




Baca juga: Mau Sukses di Tahun 2016? Persiapkan Diri Anda untuk Pesatnya Industri Digital dan Kreatif

4. Ketidakpastian Loyalitas Konsumen

Terakhir, tren konsumen yang perlu Anda cermati untuk bisa mendapatkan peluang sukses dari bisnis digital ini adalah adanya loyalitas konsumen yang labil atau tidak pasti. Lho ketidakpastian kok bisa jadi peluang? Tentu saja bisa jadi peluang bagi Anda yang cerdik. Bila Anda adalah pelaku bisnis digital yang baru yang belum memiliki nama besar maka Anda tak perlu terlalu khawatir.

Mengapa? Sebab dari tren loyalitas konsumen yang masih labil ini Anda masih bisa saja mendapatkan kesempatan besar untuk meraih konsumen. Dengan adanya tren ini juga mengartikan bahwa sebuah nama besar sebuah brand belum cukup untuk memenangkan hati konsumen. Karena konsumen saat ini memiliki pengetahuan yang luas dan sifat yang semakin kritis.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Pemerintah RI sungguh sangat membohongi rakyatnya sendiri. Dengan membuka lowongan pekerjaan sebagai instrumen pelaksana UU No 2/2004 yaitu Atbiter Hubungan Industrial. Ternyata sudah 10 tahun tidak ada pekerjaan tidak ada gaji maupun pendapatan sehingga Arbiter yang sudah diangkat oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia menjadi pengangguran. Padahal sebelumnya adalah pejabat di Pemerintahan atau di Perusahaan dan telah menyisihkan ribuan calon lain yang ikut mendaftar sebagai Arbiter Hubungan Industrial. Banyaknya peserta sampai ribuan karena Kemenaker RI menjanjikan berpenghasilan milyaran rupiah

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud