Mau Dapat Kredit Modal Usaha? Terapkan 5 Langkah Mudahnya Berikut Ini

kredir modal usaha

Image dari Umac.mo

Berwirausaha memang akan menjadi salah satu hal yang menyenangkan bagi beberapa orang yang mencintai bidang perniagaan ini. Namun dalam banyak kisah yang ada seringkali banyak pengusaha atau calon pebisnis yang terhambat dengan impian usahanya ketika berhadapan dengan modal usaha. Ya, modal usaha memang selalu menjadi salah satu penghambat yang seringkali dihadapi para pengusaha ketika menjalankan bisnis.

Maka dari itu pinjaman atau kredit usaha merupakan salah satu solusi bagi pengusaha yang membutuhkan modal. Tapi sekali lagi untuk bisa mendapatkan kredit usaha ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan dalam proses pengajuan kredit ini banyak sekali orang yang mengajukannya, dan Anda perlu bersaing dengan para pengaju tersebut.

Nah untuk Anda yang memang ingin mendapatkan kredit usaha, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan kredit modal usaha tersebut.

1. Buat Rancangan Usaha Meski Harus dimulai dari Bisnis Kecil-Kecilan

Langkah pertama untuk bisa mendapatkan kredit modal usaha adalah dengan memulai bisnis kecil-kecilan. Ya cobalah untuk membuat kerangka usaha terlebih dahulu. Mengapa tidak harus mengajukan saja kredit secara langsung? Tentu saja akan sulit untuk Anda jika mengajukan kredit tanpa kerangka usaha yang baik.

Maka dari itu jangan terburu-buru untuk mengajukan kredit jika rancangan usaha Anda masih belum baik. Sebab dengan rancangan usaha yang baik maka proposal pengajuan kredit Anda akan lebih mudah untuk diterima oleh pihak kreditur meski Anda harus memulainya dengan bisnis kecil-kecilan.

Artikel lain: Apakah Pinjaman Modal Usaha Adalah Sebuah Kesalahan? Sama Sekali Tidak

2. Membuat Laporan Keuangan

Selain rancangan usaha yang meski itu masih dalam skala kecil, Anda juga perlu membuat laporan #keuangan dari bisnis Anda yang baik untuk bisa mendapatkan kredit modal usaha. Ya, maka dari itu cobalah untuk membuat laporan keuangan serapi dan sejelas mungkin. Dari laporan keuangan yang baik ini maka pihak kreditur bisa dengan mudah dan gamblang melihat prospek usaha yang Anda jalankan.

Jadi tak usah ragu untuk membuat laporan keuangan, sebab selain Anda bisa digunakan untuk mengajukan kredit modal usaha, laporan keuangan yang baik juga bisa bermanfaat untuk pengembangan bisnis Anda selanjutnya. Hal ini dikarenakan pemasukan dan pengeluaran usaha bisa terlihat dengan jelas dan baik untuk Anda jadikan pedoman dan gambaran pertumbuhan usaha.

3. Buatlah Rekening Khusus Usaha

Ketika Anda menjalankan sebuah usaha atau bisnis, maka cobalah untuk membuat rekening tersendiri. Usahakan sekali-kali jangan mencampuradukkan rekening usaha ini dengan rekening pribadi. Mengapa demikian? Sebab Jika Anda melakukannya maka Anda akan mengalami kesulitan untuk mengamati gerak tumbuh bisnis. Hal ini dikarenakan pencatatan keuangan yang ada tercampur antara keuangan usaha dan keuangan pribadi.

Maka aliah-alih bisa melihat gerak usaha, untuk melihat besaran pemasukan dan pengeluaran usaha saja Anda akan mengalami kesulitan. Dan kabar buruknya lagi jika Anda masih bersikukuh menggunakan rekening usaha dan pribadi secara bersamaan maka akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan kredit modal usaha.




4. Pertahankan Riwayat Kredit yang Baik

Jangan sepelekan riwayat pinjaman Anda mulai dari sekarang. Jika Anda sudah memiliki pinjaman sebelum pengajuan kredit usahakan Anda bisa melunasinya dengan baik. Mengapa harus membawa riwayat pinjaman sebelumnya? Tentu saja ada sebabnya. Jadi setiap orang yang mengajukan kredit pada pihak kreditur maka ia akan dilihat riwayat peminjamannya.

Riwayat peminjaman setiap orang memang saat ini telah terekam dengan baik oleh Bank Indonesia dengan teknologi Sistem Informasi Debitur (SID). Nah dari sinilah pihak kreditur akan melihatnya dan menelaahnya. Jika memang riwayat peminjaman Anda bagus maka sangat mungkin pihak kreditur akan menerima proposal pengajuan kredit usaha Anda. Dan sebaliknya jika riwayat peminjaman Anda buruk maka hal ini akan sulit untuk Anda bisa mendapatkan kredit modal usaha.

Baca juga: Ingin Berbisnis Tapi Modal Usaha Terbatas? Tenang Ada Tipsnya Kog

5. Bersikap Jujur

Terakhir langkah untuk bisa mendapatkan kredit modal usaha adalah dengan bersikap jujur. Bersikap jujur di sini maksudnya adalah mengatakan apa adanya tentang kondisi bisnis atau usaha Anda pada pihak kreditur.

Selain itu tunjukkan berkas-berkas atau dokumen-dokumen pendukung yang asli dan sesuai dengan kondisi usaha yang sudah Anda mulai. Jangan coba-coba untuk memalsukan dokumen sebab hal ini akan sangat mudah untuk diketahui oleh pihak kreditur. Nah alih-alih dapat kredit modal usaha bisa-bisa Anda dapat dipidana karena telah memalsukan dokumen bisnis.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud