Mau Buka Bisnis Onderdil Sepeda Motor? Coba Cermati 4 Hal Berikut ini

Image dari Sportchrome.com

Image dari Sportchrome.com

Tumbuh dan berkembangnya sebuah bisnis memang tidak bisa dilepaskan dari hal-hal diluar yang mendukungnya. Tingginya permintaan dan terus bertumbuhnya bidang bisnis adalah beberapa faktor eksternal yang bisa menjadikan sebuah usaha terus bertahan. Seperti pada kasus usaha di bidang otomotif terutama sepeda motor. Pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia membuat sepeda motor ini selalu bisa menciptakan bisnis yang cukup menguntungkan dan tahan lama untuk dijalankan.

Seperti kita ketahui bersama, sepeda motor di Indonesia memang memiliki peminat yang semakin tinggi setiap tahunnya. Maka secara tidak langsung tingginya pengguna kendaraan beroda dua ini akan dibarengi dengan bisnis di seputarnya. Salah satu bisnis yang muncul diseputar kendaraan beroda dua tersebut adalah bisnis toko onderdil.

Artikel lain: Berbisnis Otomotif bersama Waralaba Sparepart Factory

Setiap kendaraan beroda dua memang akan mengalami aus (rusak) pada beberapa bagian setelah beberapa tahun pemakaian. Maka dari itu untuk memperbaiki beberapa komponen atau bagian dari kendaraan bermotor yang aus itu maka dibutuhkan onderdil yang bisa menggantikanya.

Peluang Bisnis Onderdil Sepeda Motor

Peluang bisnis dibidang onderdil sepeda motor ini memang sangat terbuka lebar. Semakin besarnya pengguna sepeda motor setiap tahunnya ini bisa membuat bisnis ini akan selalu mendapat permintaan. Namun karena bisnis ini sudah lama ada dan menciptakan persaingan, maka Anda perlu mencermati beberapa hal sebelum membuka bisnis onderdil motor ini agar usaha Anda bisa lancar dan sukses.




Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati untuk Anda yang akan membuka bisnis atau usaha onderdil sepeda motor.

1. Cermati Besarnya Modal

Hal pertama yang perlu dicermati dalam bisnis onderdil motor adalah besarnya modal. Ya, untuk membuka bisnis ini seseorang memang mau tak mau harus merogoh kocek yang tidak sedikit sebagai investasi awal. Ini dikarenakan harga onderdil sepeda motor memang tidaklah murah, apalagi banyak dari onderdil yang orisinil harus dibeli dari barang impor, maka harganya pun bisa dikategorikan mahal.

Maka apakah Anda sudah memiliki modal yang cukup besar tersebut? Jika ternyata Anda memiliki hambatan pada aspek pendaaan ini, Anda bisa menyiasatinya dengan bekerja sama dengan para distributor sebagai penjual lepas (sales freelance) dengan modal kecil. Ajukan persyaratan, barang baru dibayarkan setelah terjual untuk menyiasati modal kecil tersebut.

2. Cermati Tempat dan Lokasi Usaha

Tempat atau lokasi usaha dalam bisnis onderdil sepeda motor ini juga sangatlah penting untuk dicermati. Meskipun hanya berupa kendaraan roda dua, para konsumen Anda tentu membutuhkan kenyamanan saat berbelanja di temat Anda. Yang jelas pastikan lokasi toko onderdil Anda berada di tempat yang strategis untuk bisa menarik minat pembeli.

Yang kedua adalah adanya halaman yang cukup luas untuk parkir dan tempat layanan pemasangan dan perbaikan sepeda motor di tempat secara langsung. Beberapa toko onderdil sepeda motor kini malah sudah ada yang berkonsep pasar swalayan atau modern.




3. Cermati Karyawan

Sebuah bisnis yang tumbuh dan berkembang biasanya ditandai juga dengan adanya pelayanan yang baik di dalamnya. Pelayanan atau service kepada customer memang tak bisa dianggap sepele. Ini karena kepuasan konsumen akan sangat menentukan masa depan bisnis Anda.

Maka dari itu pilihlah karyawan yang benar-benar mampu melayani konsumen dengan baik. Jangan lupa juga untuk mencari karyawan yang benar-benar mampu menguasai seluk beluk tentang mesin motor. Karena selain sebagai teknisi, mereka juga akan bertindak sebagai konsultan untuk pelanggan. Ingat, pelanggan yang merasa mendapatlkan nilai lebih, seperti pengetahuan tentang produk atau solusi tentang masalah motornya, mudah untuk kembali lagi.

Baca juga: Melirik Segarnya Peluang Bisnis Spa di Indonesia

4. Cermati Limbah Onderdil

Terakhir, hal yang perlu dicermati dalam bisnis onderdil motor adalah limbah onderdil. Memang akan banyak limbah onderdil yang ditinggalkan dari bisnis Anda yang satu ini. Namun Anda tak perlu khawatir, limbah onderdil ini ternyata akan membantu Anda untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan tambahan.

Pasalnya limbah onderdil yang sudah tak terpakai ini akan diminati oleh para pengepul maupun pencari mesin rongsokan. Dari sini Anda akan bisa menjadikan limbah onderdil ini sebagai sumber mata pencaharian tambahan selain bisnis utama Anda tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud