Mau Bikin Hacker Nyerah? Terapkan 5 Metode Buat Password Berikut Ini

membuat password aman

Image dari Thehindu.com

Semakin canggih dunia digital saat ini menjadikan banyak hal bisa dilakukan oleh seseorang. Sayangnya selain hal baik yang muncul, ada juga beberapa orang yang menggunakan kecanggihannya untuk melakukan hal yang tidak baik dengan merugikan orang lain. Ya, dengan ilmu yang dimiliki, seseorang ini kemudian menjadi hacker dan melakukan peretasan pada #website atau akun-akun privasi hingga mencuri data. Meski sudah ada password (kata sandi) untuk bisa mengamankan website dan akun, tapi seorang hacker dengan keahliannya bisa saja membobol password tersebut.

Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang sangat berbahaya dan mengkhawatirkan  bagi siapa saja termasuk saya saat menggunakan akun digital. Namun untuk mengatasi hal ini Anda tak perlu takut, karena dengan menerapkan 5 hal ini untuk pembuatan password ini, Anda akan bisa membuat para hacker menyerah dengan tindakannya. Lalu seperti apa saja metode untuk membuat kata sandi yang bisa membuat hacker menyerah? Berikut ulasannya.

1. Kombinasikan Huruf, Angka dan Karakter

Metode pertama untuk membuat password agar hacker menyerah adalah dengan mengkombinasikan huruf, angka dan karakter. Ya, dengan ketiga kombinasi ini maka bisa dipastikan hacker akan pusing tujuh keliling dan akhirnya menyerah untuk membobol akun digital Anda. Mengapa demikian? Sebab dengan kombinasi tiga hal ini maka hacker akan gagal menggunakan “dictionary attack” yang biasanya digunakan untuk meretas akun.

Dictionary attack sendiri adalah cara hacker meretas akun dengan menggunakan kata-kata di kamus untuk membuka password. Tapi bila Anda menggunakan kombinasi kata, angka dan simbol maka kekuatan password akan semakin besar untuk menggagalkan kemungkinan-kemungkinan pembobolan.

Artikel lain: Suka Lupa Password Personal? Ini Dia Aplikasi Mobile Solusinya

2. Kombinasi Huruf Kecil dan Huruf Besar

Berikutnya, metode membuat password supaya hacker menyerah adalah dengan mengkombinasikan huruf kecil dan huruf besar. Jika Anda masih saja ragu dengan metode pertama, maka Anda bisa memperkuat password Anda kembali dengan mengobinasikan huruf kecil dan hduruf besar pada password yang akan digunakan.

Penerapan metode ini sebenarnya juga efektif untuk Anda yang hanya menggunakan kata pada password (tanpa angka dan simbol). Beberapa situs tertentu sendiri kini memang mengharuskan penggunanya untuk mengkombinasi huruf kecil dan besar dengan tujuan agar akun tidak mengalami peretasan.

3. Lebih Panjang, Lebih Kuat

Selanjutnya, metode untuk membuat password agar hacker menyerah adalah dengan menggunakan kata sandi yang panjang. Memang berapa jumlah kata standar yang tepat untuk password guna mengamankan akun? Memang tidak ada jumlah standar tertentu, tapi cobalah untuk memastikan bahwa jumlah kata yang digunakan minimal ada 8 karakter tentunya dengan kombinasinya.

Nah dari sini semakin panjang kata yang digunakan untuk password Anda maka semakin besar peluang Anda untuk mengindari peretasan yang dilakukan hacker.

4. Hindari Penggunaan Bahasa Asing yang Mudah Ditebak

Banyak dari orang yang masih berpikir bahwa dengan menggunakan bahasa asing (terutama bahasa Inggris) akan membuat password-nya kuat dari peretasan. Tapi sayangnya hal ini adalah sesuatu yang salah besar.




Mengapa demikian? Sebab ternyata kebanyakan hacker yang ada di dunia ini selalu berusaha meretas akun dengan menggunakan kata bahasa Inggris yang dianggap bahasa paling populer di dunia. Maka dari itu sebaiknya hindari saja penggunaan bahasa Inggris. Namun jika memang Anda harus memakai kata bahasa Inggris, pastikan Anda menggunakan kombinasi angka, simbol dan huruf kapital.

Baca juga: Kreatif! Gadis Kecil Ini Dapatkan Uang Dari Jualan “Password” Super Aman

5. Gunakan Password Berbeda Setiap Akun

Terakhir, metode membuat password untuk membat hacker menyerah adalah dengan menggunakan password yang berbeda pada setiap akun. Dengan menerapkan metode ini maka Anda akan lebih bisa mengamankan banyak akun. Hal ini dikarenakan saat password Anda sama pada setiap akun, maka saat satu password telah bisa diretas oleh hacker bisa jadi akun lain yang Anda miliki juga akan mengalami peretasan.

Nah, untuk menghindari hal ini, pastikan bahwa Anda menggunakan password yang berbeda-beda pada setiap akun yang akan Anda buat. Meskipun hal ini akan membuat Anda harus memiliki daya ingat yang tinggi namun percayalah metode tersebut akan mampu mengamankan peretasan dan juga membuat hacker menyerah.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud