Mau Bikin Blog Lebih dari Satu? Ketahui Dulu Untung Ruginya Berikut Ini

Image dari Pbnlab.com

Image dari Pbnlab.com

Blogging saat ini memang menjadi kegiatan yang banyak digeluti oleh banyak orang. Aktivitas ini memang memberikan banyak keuntungan bagi yang menjalankannya. Selain bisa menyalurkan hobi dan uneg-uneg, kegiatan blogging juga bisa mendatangkan uang. Poin terakhir inilah yang akhirnya menjadikan banyak orang tertarik menjadikan kegiatan #blogging.

Bahkan saking bersemangatnya, mereka tak jarang membuat lebih dari satu blog. Dengan berbagai alasan yang ada maka mereka pun kemudian membuat lebih dari dua blog. Namun sebenarnya jika ditilik lebih dalam membuat dua blog ini ternyata memiliki beberapa kekurangan di lain sisi.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membuat blog lebih dari satu harusnya Anda lebih cermat dan memperhatikan beberapa kelemahannya. Berikut adalah beberapa keuntungan dan kekurangan atau kelemahan dari memiliki lebih dari satu blog tersebut.

Keuntungan Memiliki Lebih dari Satu Blog

  • Dapat Merangkul Semua Bakat yang Dimiliki

Keuntungan pertama dari memiliki lebih dari satu blog adalah dapat merangkul semua bakat dan ketertarikan Anda dibeberapa bidang. Beberapa blogger tak jarang memang memiliki lebih dari satu bakat atau ketertarikan seperti bisnis, sepak bola, desain, otomotif dan lain sebagainya.

Maka dari itu untuk mengungkapkan ekspresi masing-masing dari bidang yang digemarinya para blogger tak jarang memang membuat lebih dari satu blog. Dengan memiliki blog lebih dari satu yang bisa mewakili masing-masing bidang yang disukainya tersebut, maka mereka menjadi lebih leluasa dan lega saat bisa mengkspresikan dirinya.

  • Menjadikan Blog Lebih Profesional dan Bersifat Niche (Khusus)

Blog niche (khusus) memang selalu dianggap lebih profesional dan memiliki pelung lebih besar untuk mendatangkan uang. Maka dengan memiliki lebih dari satu blog tentu saja beberapa topik atau tema akan terpisah dengan sendirinya dan akhirnya menciptakan blog-blog yang bersifat niche. Apalagi blogger yang doyan curhat yang disisi lain juga berbakat di satu bidang, maka memiliki lebih dari satu blog akan lebih memudahkan ia untuk lebih #profesional dan menjadikan blognya bersifat niche.

Artikel lain: Inilah 4 Keutamaan Perlunya Memiliki Blog pada Bisnis Startup Anda

Kekurangan Memiliki Lebih dari Satu Blog

  • Fokus Atau Perhatian yang Terpecah

Selain keuntungan, ada juga kekurangan atau kelemahan memiliki lebih dari satu blog yaitu yang pertama adalah fokus. Pastinya saat Anda memiliki lebih dari satu blog, fokus atau perhatian  Anda akan menurun. Hal ini disebabkan Anda memang harus membagi perhatian Anda pada beberapa blog yang harus Anda kelola. Maka jika Anda merasa sebagai orang yang harus fokus pada satu pekerjaan, maka lebih baik Anda mengelola satu blog saja dari pada membuat banyak blog tapi terlantar dan tak terurus.

  • Kesulitan Untuk berkomentar

Memiliki lebih dari satu blo juga akan menjadikan Anda kesulitan untuk memberikan komentar ke blog lain. Pasalnya Anda hanya bisa mengisi satu link URL. Jadi ketika Anda akan berkomentar Anda harus memilih salah satu dari sekian URL blog yang kamu punya. Kecuali jika setiap kali komentar, kamu mengisi URL blog yang berbeda, namun hal ini tentunya tetap akan membingungkan pengunjung blog Anda.

  • Waktu yang Makin Banyak Tersita Untuk Blogging

Namanya juga punya lebih dari satu blog, maka mau tak mau Anda harus menyiapkan seluruh tenaga dan waktu Anda untuk lebih ekstra bekerja keras. Ibarat sebuah pekerjaa, maka dengan memiliki lebih dari satu blog itu artinya Anda memiliki beban kerja yang berlipat. Dan satu hal lagi yang perlu diingat bahwa saat Anda  memiliki lebih dari satu blog, waktu luang Anda akan semakin berkurang.




Waktu luang yang bisa Anda gunakan untuk berkumpul bersama keluarga atau bersantai bersama akan otomatis berkurang seiring bertambahnya beban kerja Anda. Maka sebelum membuat lebih dari satu blog, Anda memang harus mempertimbangkan hal ini.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Menulis Artikel Abadi Untuk Blog Pribadi

  • Berkurangnya Frekuensi Postingan

Terakhir, kekurangan dari memiliki lebih dari satu blog adalaha menurunnya frekuensi postingan. Hal ini sudah menjadi hal yang tak bisa dipungkiri. Semakin banyak blog yang Anda miliki, maka semakin berkurang pula postingan yang akan muncul pada masing-masing blog. Bahkan tak jarang ada beberapa blog yang malah mati suri karena lama tak di-upate postingannya. Padahal postingan blog adalah sesuatu yang penting untuk menunjukkan eksistensi blog dan untuk kegiatan monetisasi blog.



13 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya sendiri lebih memilih untuk mengelolah satu blog saya, karena memiliki blog yang banyak tidak akan fokus terhadap perkembangan blog apalagi yang memiliki niche berbeda-beda setiap blog, bisa tambah pusing tu..

  2. Saya punya 5 blog dan akhirnya hanya sanggup rutin posting 2 blog. Melelahkan. Dan belum lagi kalau saya masi bekerja di sebuah perusahaan. Jadi harus pintar2 bagi wktu nge-blog.

  3. Saya punya 5 blog, yang akhirnya hanya 2 blog sanggup rutin posting. Melelahkan… Selain itu saya juga masih bekerja disebuah perusahaan swasta. Jadi mesti bagi2 waktu keduanya.

  4. Ngurus 1 Blog aja masih kerepotan Gan :D
    Gimana kalo banyak ya … hehe

  5. Menurut saya lebih baik mengurus satu blog terlebih dahulu daripada langsung mengurus banyak blog. Bukannya meraih banyak keuntungan, malahan kerugian dan kelelahan yang didapatkan dari mengurus banyak blog sekalian.

  6. 1 blog aja repot, gimana banyak =D

  7. masih newbie, fokus satu blog dulu :)

  8. Kalao di pikir pikir memang bener gan ,memang punya blog lebih dari satu mengurangi jumlah postingan, banyak menyita waktu buat ngeblog.

    Kalao pengen punya blog lebih dari satu gimana ya gan caranya?

    Trimakasih infonya gan salam sukses.

  9. Ralat mas admin, kometar awal link website salah: Kalau saya bangun 1 blog dulu, buat sepopuler mungkin dan pastikan tanpa update 1 tahun visitor tetap stabil. Kalau sukses blog satu baru buat blog baru lagi.

  10. Kalau saya bangun 1 blog dulu, buat sepopuler mungkin dan pastikan tanpa update 1 tahun visitor tetap stabil. Kalau sukses blog satu baru buat blog baru lagi.

  11. Jadi lebih milih mana? maintain 1 blog atau banyak blog? klo saya asik2 aja.. 1 boleh, banyak boleh.. :D

  12. Sebenarnya kalau fulltime blogger dan sanggup mengelola beberapa blogger pasti jauh lebih baik. Soal posting, kita bisa menyewa penulis toh kita tujuan blog untuk bisnis jadi wajib keluarkan modal untuk memperoleh hasil….bukan begitu master?

  13. benar tuh gan

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud