Mau Berbicara Di Depan Umum dengan Baik? Terapkan 4 Tips Public Speaking Berikut Ini

Berbicara Di Depan Umum

Image dari Linkedin.com

Berbicara di depan umum memang sebuah aktivitas yang tidak mudah. Butuh keterampilan dan keahlian yang harus dimiliki seseorang untuk bisa berbicara di depan umum dengan baik. Bahkan karena berbicara di depan umum ini tidak sembarangan, ia kemudian memiliki ilmu tersendiri yaitu ilmu public speaking.

Salah satu tokoh public speaking yang telah sukses yaitu Michael Port dalam hal ini memberikan pelajaran berupa tips untuk berbicara di depan umum dengan sukses.

1. Jadikan Berbicara di Depan Umum Sebagai Sebuah Kinerja

Tips pertama berbicara di depan umum dari Michael Port adalah menjadikan berbicara sebagai sebuah kinerja. Menjadikan berbicara sebagai kinerja akan membuat Anda tampil maksimal dan memukau. Ini seperti Anda berkerja di sebuah perusahaan. Jika Anda menjadikan pekerjaan dengan berfokus pada kinerja maka Anda akan mampu mendapat penilaian yang baik dari atasan. Namun bila Anda bekerja asal-asalan maka Anda pun tidak akan mendapatkan nilai baik dari perusahaan.

Begitu pula dengan berbicara di depan umum. Jika Anda memfokuskan diri pada sebuah kinerja, maka Anda akan terus berusaha untuk tampil maksimal dan juga akan mendapat respon yang baik dari pendengar atau audiens Anda.

Artikel lain: 7 Tips Menjalankan Presentasi Bisnis yang Mengesankan




2. Bangun Kepercayaan Diri di Awal Anda Mencoba

Dalam berbicara tentu Anda akan menyampaikan suatu gagasan atau pendapat kepada orang lain. Nah agar gagasan atau pendapat Anda bisa diterima dengan baik oleh audiens, Anda harus mampu membangun kepercayaan diri yang baik di awal mula Anda berbicara.

Membangun kepercayaan diri memang sangat penting dilakukan di awal pembicaraan. Sebab dengan ini Anda akan lebih mudah untuk mengungkap beberapa gagasan dan pendapat Anda untuk pembicaraan di tengah hingga akhir sesi.

3. Milikilah Ide yang Besar

Untuk bisa membuat audiens terkesan, maka Anda mau tak mau harus memiliki ide dan pendapat yang besar. Bagaimana mungkin semua orang memiliki ide yang besar? Mengemukakan ide besar memang tidak harus membuat Anda memikirkan sesuatu yang besar pula.

Namun dengan berpikir berbeda maka Anda bisa menjadikan ide unik ini menjadi sesuatu yang lebih besar dan menarik. Setelah mendapatkan ide yang unik dan berbeda maka Anda bisa menyampaikannya ke audiens. Dan ketika Anda sudah mampu menyampaikan ide unik dan berbeda maka Anda bisa membuat dampak yang besar dan menakjubkan. Namun ingat agar bisa dipercaya, Anda juga harus membuktikan diri pada diri sendiri bahwa ide yang Anda bawa telah mampu Anda wujudkan.

Baca juga: Pentingnya Public Speaking Untuk Pebisnis, Komunikasi Dalam Berbisnis




4. Aturlah Dengan Kerangka Kerja Presentasi

Terakhir, tips untuk bisa berbicara di depan umum dengan baik menurut Michael Port adalah dengan mengatur penampilan Anda dengan mengunakan kerangka kerja presentasi. Apa manfaatnya? Dengan membuat kerangka kerja maka Anda akan mampu membuat pembicaraan yang teratur dan cepat untuk diingat.

Selain bermanfaat untuk diri sendiri, langkah ini juga akan membantu audiens memahami apa yang Anda katakan. Dan inilah beberapa cara untuk menerapkan kerangka kerja presentasi berbicara di depan audiens:

  • Numerik, kerangka kerja yang satu ini mudah untuk Anda digunakan karena sifatnya yang fleksibel. Misalnya dengan materi dan ide yang Anda miliki, Anda membutuhkan waktu 60 menit untuk persentasi. Dalam kenyataannya ternyata Anda hanya diberi waktu 20 menit saja. Dengan teknik ini Anda bisa saja melakukanya dengan baik lewat cara menyampaikan poin-poin penting saja yang tentunya sudah Anda susun sebelumnya.
  • Kronologis, yaitu cara membuat kerangka presentasi dengan menggunakan urutan langkah-langkah untuk berbicara di depan umum. Dengan menggunakan urutan yang teratur maka Anda bisa mengikuti urutannya untuk membuat Anda lebih mudah menyampaikan ide atau gagasan kepada audiens.
  • Masalah dan solusi, merupakan kerangka kerja yang mengharuskan Anda membuat prosedur atau urutan permasalahan dan dilanjutkan dengan solusi yang ditawarkan. Cara ini memang sangat efektif bagi beberapa pembicara karena saat ini memang banyak orang yang memiliki permasalahan.
  • Perbandingan dan kontras, yaitu cara untuk pembicara yang jago atau ahli membuat permisalan atau perumpamaan. Dengan cara ini Anda akan mampu membuat audiens lebih dimudahkan untuk memahami maksud dari ide dan gagasan dari Anda.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. saya fikir, yang paling susah adalah saat pertama kali kita mau berbicara, pasti selalu mengalami demam panggung…

  2. Artikel yang sangat baik,
    Bagaimana cara mengatasi rasa kurang percaya diri.?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud