Mau Beli Powerbank? Perhatikan Dulu 6 Tips Berikut Ini

Mau Beli Powerbank? Perhatikan Dulu 6 Tips Berikut Ini

Image dari Shopclues.net
Image dari Shopclues.net

Kebutuhan akan daya baterai #smartphone kini memang semakin besar. Bagaimana tidak, penggunaan ponsel yang semakin tinggi setiap harinya membuat orang-orang tak punya waktu untuk pergi ke tempat yang menyediakan tempat charging handphone.

Dengan kesibukan yang sangat tinggi, mereka membutuhkan alat penyimpan daya yang bisa mereka bawa kemana saja untuk bisa langsung digunakan mengisi ulang daya dimanapun ia inginkan. Maka kemudian munculah alat yang bernama powerbank yang berfungsi menyimpan daya untuk kemudian digunakan sebagai charging portabel yang bisa dibawa kemana saja.

Semakin tingginya permintaan akan powerbank, membuat bisnis pembuatan powerbank ini semakin manarik banyak produsen. Maka kemudian muncullah beragam powerbank dengan berbagai merk dan kapasitas yang kini bisa kita pilih dan kita gunakan untuk keperluan sehari-hari kita. Namun kehadiran aneka macam powerbank ini ternyata justru membuat banyak membuat konsumen binggung menentukan powerbank yang tepat.

Artikel lain: 5 Mitos Salah Kaprah Tentang Pengisian Daya Baterai Smartphone

Untuk Anda yang merasa masih kebingungan menentukan dan memilih powerbank, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan Kompatibel dengan Gadget Anda

Tips pertama untuk memilih powerbank yang baik adalah dengan mencari tahu tentang kompatibilitas meliputi daya baterai dan arus listrik yang sesuai dengan ponsel Anda. Anda dapat menemukan kedua informasi ini pada baterai ponsel dan pada charger ponsel Anda. Dengan memastikan informasi daya baterai dan arus listrik ini maka Anda akan mampu melihat kondisi dan kesesuaian ponsel dengan powerbank yang akan Anda beli.

2. Cari Powerbank yang Sesuai Dengan Kondisi Baterai Ponsel

Setelah mengetahui kondisi dan informasi daya dan arus listrik pada baterai ponsel Anda, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari powerbank yang memiliki kesesuaian dengan baterai Anda tersebut. Jika memang baterai Anda memiliki arus listrik yang lemah, maka jangan membeli powerbank yang memiliki arus listrik yang besar.

Hal ini dikarenakan arus listrik yang tidak berimbang atau tidak sesuai bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat yang disandingkannya. Namun jika kondisi baterai ponsel Anda memiliki daya yang kecil, maka Anda bisa memilih powerbank yang dayanya agak besar atau sesuai, hal ini dilakukan agar Anda dapat mengisi baterai ponsel Anda hingga penuh dalam satu kali pengisian. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai saat keadaan darurat.

3. Perhatikan Jumlah Port Pada Powerbank

Powerbank yang memiliki lebih dari satu port charger tentu harus menjadi perhatian Anda. Jika memang Anda memiliki lebih dari satu ponsel yang selalu Anda bawa dalam keseharian, maka pilihan powerbank yang memiliki banyak port charger merupakan pilihan yang terbaik.

Dengan adanya port yang sesuai dengan jumlah ponsel yang Anda miliki, tentu akan semakin memudahkan dan mengefektifkan Anda untuk mengisi #gadget Anda secara bersamaan. Dari sini waktu, kemudahan dan kepraktisan dalam membawa powerbank pun akan Anda dapatkan.

4. Cari Powerbank dengan Fitur Power-cut

Untuk lebih mengamankan Anda dari hal-hal yang bisa membuat posel Anda rusak karena proses charging, maka Anda bisa memilih powerbank yang memiliki fitur power-cut. Fitur power-cut sendiri adalah fitur dari powerbank yang memiliki kemampuan memutus arus listrik jika terjadi sesuatu yang tidak beres dari daya atau arus listrik yang datang. Dengan adanya fitur ini, maka ponsel Anda akan terhindar dari kerusakan saat terjadi korslet atau daya listrik yang tiba-tiba naik atau turun.

5. Cari Powerbank dengan Fitur Auto-Cut

Proses pengisian daya memang seringkali membuat penggunanya lupa dengan membiarkan charging berlangsung terus-menerus tanpa henti. Proses charging yang seringkali tak terkontrol ini tentu sedikit banyak akan membawa dampak yang buruk bagi ponsel Anda.

Maka dari itu untuk menghindari kerusakan ponsel karena proses charging yang tak terkontrol ini, Anda bisa membeli powerbank yang memiliki fitur auto-cut. Fitur auto-cut ini sendiri berfungsi memutus arus listrik saat baterai terisi penuh dalam proses pengisian daya. Dari sini maka  baterai ponsel Anda pun akan menjadi jauh lebih awet.

Baca juga: Teknologi Charging Cepat Itu Seperti Apa dan Bagaimana Sih?

6. Pilihlah Produk Powerbank Original

Terakhir, tips untuk memilih powerbank yang baik adalah dengan memilih atau membeli powerbank yang sudah memiliki merk yang ternama dan asli. Ya, orisinalitas juga memang harus menjadi kewaspadaan Anda karena saat ini tidak sedikit barang yang palsu. Dengan powerbank yang memiliki merk yang sudah dikenal baik dan asli, maka powerbank tersebut paling tidak menjamin keawetan dan membuat ponsel Anda aman dari segala kerusaakan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan