Mau Beli dan Dapatkan Asuransi Rumah yang Terbaik? Lakukan 5 Tips Berikut Ini

memilih asuransi rumah terbaik

Image dari House-extension.co.uk

Memiliki sebuah rumah sendiri memang sangat menyenangkan. Apalagi rumah atau tempat tinggal tersebut bisa kita dapatkan dengan kerja keras kita sendiri. Setelah memiliki rumah demi menjaga dari segala yang tidak diinginkan, banyak diantara orang yang ingin memproteksi atau melindungi rumah mereka dengan asuransi rumah. Saat ini asuransi memang telah berkembang meluas ke berbagai bidang termasuk rumah. Maka bila Anda memiliki dana lebih dan ingin membuat rumah Anda tetap bernilai dan nyaman dihuni maka membeli #asuransi rumah bisa menjadi pilihan Anda.

Namun karena saat ini telah banyak pihak yang menawarkan asuransi rumah maka Anda harus berhati-hati dan selektif untuk bisa memilih asuransi yang terbaik. Lalu bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan asuransi rumah yang terbaik ini? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Lakukan Survei dan Perbandingan

Tips pertama untuk bisa mendapatkan asuransi rumah yang terbaik adalah dengan melakukan perbandingan. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini memang banyak pihak yang menawarkan asuransi rumah. Nah dari sini sebelum membelinya, Anda harus terlebih dahulu melakukan survei untuk bisa membandingkan satu asuransi dengan asuransi yang lainnya.

Beberapa data yang perlu Anda dapatkan dari kegiatan survei untuk dijadikan bahan perbandingan ini adalah harga asuransi, layanan asuransi, aturan yang diterapkannya dan lain-lain. Dengan mendapatkan data ini dan melakukan perbandingan maka Anda akan berpeluang besar untuk bisa mendapatkan asuransi yang paling bagus dan terbaik.

Artikel lain: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anda

2. Pilih Polis yang Tepat

Merujuk pada satu data dari kegiatan survei yang telah Anda dapatkan, cobalah untuk berfokus pada perjanjian perlindungan (polis) yang ditawarkan. Dari pada memilih polis yang hanya melindungi dan mengganti sejumlah kerugian yang timbul akibat kasus bencana, kebakaran saja maka lebih baik Anda memilih asuransi yang memberikan jaminan polis yang lebih baik.

Asuransi rumah memang sudah selayaknya juga memberikan perlindungan lebih seperti biaya perbaikan dan perombakan atau merenovasi rumah setelah terjadinya bencana. Maka sekali-kali jangan lupakan polis biaya renovasi rumah pasca bencana ini. Anda jangan ragu untuk melihat dan menanyakan komponen polis yang satu ini karena Anda memiliki hak untuk mendapatkan polis yang lebih baik.

3. Cermati Lingkungan Rumah dan Pilih Cakupan Polis yang Memadai

Kondisi sekitar rumah juga perlu Anda perhatikan saat mengambil asuransi. Contoh bila lingkungan rumah Anda berada di kawasan rawan banjir, maka Anda harus menyesuaikan untuk membeli asuransi yang memberi proteksi pada banjir.

Nah dari sinilah Anda akan mampu mendapatkan proteksi atau perlindungan yang tepat dan efektif untuk rumah Anda. Namun selain pilihan proteksi yang tepat sasaran sesuai keadaan rumah, Anda juga perlu perhatikan nilai cakupan pertanggungan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada kita. Jangan sampai cakupan nilainya tak seimbang dengan dana yang kita keluarkan.

4. Cermati Rasio Penyelesaian Klaim Perusahaan Asuransi

Dalam setiap asuransi pastinya ada hak kita sebagai pembeli untuk menyatakan klaim. Tapi sayangnya meski ada hak klaim namun tidak semua perusahaan asuransi memudahkan cara nasabahnya untuk melakukan klaim. Nah di sinilah Anda sebagai calon pemakai asuransi harus cermat memperhatikan prosedur klaim yang ada.




Perhatikan dan cermati apakah cara klaim yang ditawarkan mudah untuk dilakukan atau malah sulit. Jika klaim yang ditawarkan menurut Anda terlalu suit, maka carilah asuransi rumah lain yang menawarkan klaim yang mudah. Kita juga bisa mendapatkan informasi klaim dari perusahaan asuransi yang tepat dan mudah ini dengan menelusuri forum diskusi online.

Baca juga: Ingin Memilih Asuransi Terbaik? Tanyakan Saja ke CekPremi!

5. Pahami Polis dengan Teliti

Terakhir, tips untuk mendapatkan asuransi rumah yang terbaik adalah dengan memahami polis dengan teliti. Ya saat Anda mendengarkan penjelasan dari orang dari pihak asuransi maka Anda harus benar-benar mencermati dan memahami setiap kata yang dilontarkan.

Mengapa harus sedemikian rupa? Sebab dalam kenyataannya ada banyak kata di dalam perjanjian (polis) asuransi yang ternyata membuat sebagian besar orang sulit memahami. Nah saat Anda mengalami dan mendapati ada kata atau kalimat yang membingungkan, maka Anda tak perlu ragu untuk menghentikan pembicaraan dan menanyakan langsung tentang kata dan kalimat yang membingungkan tersebut. Dengan hal ini maka Anda akan terhindar dari kesalahan tafsir yang mungkin saja akan berujung pada kerugian buat Anda di hari yang akan datang.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud