Mau Baterai Smartphone Hemat dan Tahan Lama? Cobalah 10 Cara Berikut Ini

Image dari theguardian.com

Image dari theguardian.com

Setelah sebelumnya kita membahas mitos terkait pengisian daya baterai #smartphone, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghemat dan membuat baterai ini tahan lama alias awet.  Baterai memang merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi samrtphone. Dengan baterai yang selalu terkondisi dengan baik, maka kegiatan apapun yang kita lakukan dengan smartphone akan berjalan dengan lancar.

Apalagi kini tingkat penggunaan smartphone sudah terkategori sangat tinggi. Dari sini baterai akan memainkan peranan yang krusial terutama bagi mereka yang tak bisa lepas dari smartphone dalam kesehariannya. Lalu bagaimana caranya untuk bisa membuat baterai selalu hemat dan tahan lama ini? Berikut beberapa tipsnya.

1. Matikan Ponsel Saat Tak Digunakan Lama

Cara pertama adalah dengan sering mematikan smartphone saat tak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Meskipun cara ini sulit untuk dilakukan terutama bagi smartphone addict namun cara ini terbilang efektif untuk bisa membuat baterai tahan lama. Beberapa waktu yang sangat mungkin untuk mematikan smartphone adalah saat Anda hendak tidur atau ketika Anda berada di lokasi yang tak ada sinyal.

Artikel lain: 5 Mitos Salah Kaprah Tentang Pengisian Daya Baterai Smartphone

2. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi

Bluetooth dan Wi-Fi merupakan fitur smartphone yang akan memakan banyak daya baterai. Untuk itulah saat tidak ada kepentingan terkait bluetooth dan Wi-Fi ini maka sebaiknya dimatikan saja untuk bisa menghemat dan membuat baterai tahan lebih lama.

3. Matikan Fitur Getar dan Suara Saat Keyboard Ditekan

Jika keyboard smartphone Anda masih ter-setting getar dan suara saat ditekan maka Anda perlu mematikan fitur tersebut. Ini karena fitur tersebut ternyata memakan daya yang cukup besar sehingga bisa membuat baterai boros dan tidak tahan lama.

4. Jangan Gunakan Flash Untuk Foto

Pada saat melakukan pengambilan gambar, jangan sering menggunakan flash kamera. Penggunaan flash ini memang akan banyak menguras daya baterai. Maka cobalah untuk menghindari mengaktifkan flash kamera saat pengambilan foto. Caranya adalah dengan mencari tempat dengan cahaya yang cukup.

5. Rendahkan Kecerahan Layar

Layar yang memiliki tingkat kecerahan yang bisa diatur tentunya menjadi cara yang efektif untuk bisa membuat baterai menjadi hemat dan tahan lama. Caranya adalah dengan merendahkan atau menurunkan kecerahan layar yang masih terlampau cerah. Meski mungkin pada awal setelah setting ini dilakukan Anda akan merasa aneh, namun lama-kelamaan mata Anda akan terbiasa dengan tingkat kecerahan layar yang baru.

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Smartphone yang dibanjiri banyak aplikasi akan berpeluang besar membuat baterai cepat habis dan tidak tahan lama. Selain penggunaan yang akan jauh lebih intens, #aplikasi yang lupa ditutup setelah penggunaan akan membuat daya baterai cepat habis. Maka untuk itu pastikan Anda menutup atau mematikan aplikasi setalah  aplikasi selesai digunakan.

7. Matikan GPS

Fitur smartphone berikutnya yang sering membuat daya baterai cepat habis adalah GPS. Maka untuk itu, jika Anda tak benar-benar memerlukannya, sebaiknya fitur GPS ini di non aktifkan guna membuat baterai tetap hemat dan tahan lama. Gunakan fitur GPS ini hanya saat Anda sedang mencari tempat tujuan.




8. Percepat Fungsi Sleep

Cara berikutnya untuk membuat baterai smartphone awet dan tahan lama adalah dengan mempercepat waktu sleep. Smartphone yang lama tidak digunakan memang otomatis masuk ke dalam mode sleep yang akan membuat konsumsi baterai menurun. Untuk membuat baterai jauh lebih awet dan tahan lama maka Anda harus melakukan setting waktu sleep lebih cepat dari pengaturan sebelumnya.

9. Atur Notifikasi dan Fungsi Sinkronisasi Akun

Meskipun smartphone Anda berada dalam kondisi sleep, tapi jika Anda mengaktifkan fitur notifikasi dan sinkronisasi email dan akun lainnya, maka baterai Anda akan cepat habis. Maka dari itu cobalah untuk mengatur fungsi sinkronisasi dan notifikasi akun ini dengan lebih bijak dan bisa membuat baterai Anda lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: [TIPS] Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat / Lemot

10. Matikan Fitur Otomatisasi Update Aplikasi

Terakhir, cara membuat baterai smartphone menjadi jauh lebih hemat dan tahan lama adalah dengan mematikan fitur otomatisasi update aplikasi. Akan jauh lebih baik jika Anda mengatur fitur update aplikasi ini secara manual. Dengan setting ini maka Anda akan bisa lebih leluasa untuk melakukan update aplikasi di waktu yang Anda kehendaki dengan menjaga daya baterai tetap pada performa baiknya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud