Mata Lelah Setelah Seharian Tatap Layar Ponsel? Lakukan Tips Berikut Ini

mengatasi mata lelah

Image dari Womensforum.com

Ponsel pintar atau #smartphone saat ini memang menjadi barang yang selalu terlihat bersandingan dengan seseorang. Pentingnya fungsi ponsel saat ini membuat keberadaan perangkat ini tak terpisahkan seperti pasangan hidup. Tak ayal bila kemudian tingkat penggunaan ponsel (smartphone) oleh seseorang ini terus meningkat.

Ponsel pintar (smartphone) saat ini memang menawarkan banyak hal menarik bagi penggunanya. Dari sisi komunikasi instant ala chat hingga berinteraksi dengan teman-teman di media sosial hingga sisi hiburan seperti game, lagu dan video serta hal lainnya. Tentu saja dengan tawaran menarik yang ada pada fitur smartphone yang terus berkembang ini membuat penggunaannya tak mau lepas dari ponselnya. Akibatnya mereka (para pengguna) ponsel pintar ini akan menatap layar smartphone mereka dengan intensitas yang tinggi.

Nah dari sini tentu saja ada efek yang berbahaya bila seseorang terlalu sering menatap layar smartphone. Dan salah satu tanda bahwa Anda sedang berada dalam kondisi berbahaya dari penggunaan ponsel adalah mata yang lelah. Nah ketika mata sudah mengalami kelelahan akibat penggunaan ponsel seharian, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasannya.

1. Perbesar Huruf Text  

Tips pertama untuk mata yang sudah lelah setelah menatap layar ponsel seharian adalah dengan memperbesar huruf text. Ya, jika memang Anda masih perlu menggunakan ponsel Anda dengan kondisi mata yang sudah lelah maka memperbesar huruf text bisa jadi solusi. Dengan huruf yang besar maka Anda terhindar dari mata yang semakin lelah.

Penggunaan huruf kecil memang akan membuat mata akan semakin lelah karena akan membuat seseorang dipaksa untuk menyipitkan mata. Dengan tulisan yang kecil maka seseorang kemudian dituntut untuk mendekatkan wajah ke layar agar teks bisa dibaca dengan lebih jelas. Nah dari sinilah yang menjadikan mata menjadi cepat lelah. Maka dari itu jika Anda ingin menghindari mata lelah, maka cobalah untuk memperbesar tulisan atau teks yang ada pada smartphone Anda.

Artikel lain: 4 Bahaya Penggunaan Gadget Sebelum Tidur Bagi Kesehatan, Waspadalah!

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Berikutnya tips untuk menghindari mata lelah karena seringnya menatap layar smartphone adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar. Pada umumnya lelahnya mata dari aktivitas menatap layar ponsel ini disebabkan oleh tingkat kecerahan layar yang tinggi.

Dari tingginya kecerahan layar ini maka mata akan semakin cepat lelah dan terkadang juga membuat kepala pusing. Nah untuk itulah cobalah untuk mengurangi tingkat kecerahan layar bila Anda mau mata Anda tidak cepat lelah.

3. Berkedip Saat Mata Lelah

Tak jarang orang yang saking seriusnya dengan smartphone, mereka jarang sekali mengedipkan mata. Tentu saja keadaan ini akan membuat mata Anda cepat lelah. Mengapa demikian? Sebab jarang mengedipkan mata akan membuat mata seseorang akan cepat kerung. Dan dari sinilah awal mula mata akan mengalami kelelahan.

Nah maka dari itu saat Anda sudah merasakan kelelahan ketika menggunakan smartphone, maka Anda bisa coba mengedipkan mata Anda secara bertahap hingga Anda merasakan ada perubahan pada mata Anda.




4. Istirahatkan Mata Anda dan Lakukan Teknik 20-20-20

Selanjutnya tips untuk mengatasi mata lelah setelah seharian menggunakan smartphone adalah dengan mencoba mengistirahatkan sebentar mata Anda dalam beberapa menit. Ya, jika Anda sudah merasa mata Anda sudah sangat berat dan tak bisa lagi dikompromi maka sudah saatnya Anda mengistirahatkan mata.Mengistirahatkan mata bukan berarti Anda harus memejamkan mata dan tidur, dengan teknik 20-20-20 Anda juga bisa menyegarkan mata Anda kembali.

Teknik 20-20-20 maksudnya adalah setelah 20 menit Anda menatap layar smartphone, maka 20 menit berikutnya Anda bisa gunakan untuk melihat sesuatu yang memiliki jarah sejauh 20 meter dari tempat Anda duduk atau berdiri dengan ponsel pintar yang sedang Anda pegang.

Baca juga: Jangan Berlebihan Menggunakan Smartphone

5. Gunakan Cairan Tetes Mata

Tips terakhir untuk mengatasi mata lelah setelah beraktifitas menatap layar smartphone dalam waktu yang lama adalah dengan meneteskan cairan penyegar mata. Ya, dengan meneteskan cairan mata ini maka mata Anda akan bisa kembali segar dan tidak lagi lelah. Namun dalam penggunaan obat tetes mata ini Anda tetap harus terkontrol dan harus juga membaca aturan pakainya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Hehe… saya suka baca ini : “Teknik 20-20-20”, pasti sangat bisa untuk diapresiasikan, namun terkadang membuat fokus jadi hilang ya.
    Tapi tergantung juga dari keperluan menatap ponsel tersebut.
    Terima kasih sudah berbagi…
    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud