5 + 1 Masalah Karir Bagi Fresh Graduate dan Karyawan Beserta Solusinya

Masalah Karir Bagi Fresh Graduate

Masalah Karir Bagi Fresh Graduate via Pixabay.com

Jika Anda adalah seorang fresh graduate atau seorang karyawan maka Anda akan bertemu dengan masalah karir, cepat atau lambat. Banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan karir yang sedang mereka geluti dan banyak pula yang sedang galau karir apa yang sesuai dengan diri mereka. Artikel ini akan berusahan untuk mengulas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Membangun karir yang sukses sebenarnya memiliki formula yang sederhana, yakni do what you love and love what you do (kerjakan apa yang Anda cintai dan cintai apa yang Anda kerjakan). Di sinilah masalahnya, seringkali kita kesulitan untuk menemukan pekerjaan apa yang kita cintai dan sulit mencintai apa yang sedang kita kerjakan.

Menemukan lowongan kerja impian adalah salah satu masalah dari dunia karir yang akan kita pecahkan. Lalu apa masalah lainnya?




Beberapa Masalah Karir dan Solusinya

Hidup ini penuh tantangan dan masalah, tantangan inilah yang membangun karakter seseorang. Apakah tantangan dan masalah tersebut membuat Anda menyerah, ataukah justru menjadi pemicu semangat Anda dalam mencari solusi. Proses ini berlangsung lama dan sangat mempengaruhi hidup seseorang, mulai dari saat usia muda hingga di hari tua mereka.

Bagi seorang fresh graduate, tidak adanya pengalaman kerja seringkali menjadi batu sandungan saat mencari kerja. Tapi, bagaimana mungkin seorang fresh graduate bisa memiliki pengalaman kerja bila semua perusahaan hanya mencari karyawan yang sudah berpengalaman? Ini seperti ‘lingkaran setan‘ dan memusingkan bagi sebagian orang.

Tapi sebenarnya tidak harus seperti itu.

Artikel lain: Mau Kinerja dan Karir di Kantor Lebih baik? Miliki 9 Hobi Kreatif Berikut Ini!

Bagaimana Meningkatkan Nilai Jual Fresh Graduate?

Guna meningkatkan nilai jual fresh graduated di saat melamar pekerjaan adalah dengan menampilkan pengalaman Anda ketika menjadi mahasiswa. Pengalaman ini tidak harus pekerjaan formal, tapi bisa juga berbagai aktifitas yang positif yang dilakukan selama menjadi mahasiswa dan bisa menjadi pendukung CV Anda.

Misalnya, judul dari tugas akhir yang Anda tulis, pengalaman organisasi dan jabatan Anda, pengalaman magang, dan prestasi selama berada di kampus. Pengalaman tersebut bisa menjadi poin penting bagi Anda saat melamar pekerjaan.

Bagaimana Menghadapi Tes Kepribadian?

Tujuan utama dari tes kepribadian bagi pihak perusahaan adalah menemukan kepribadian yang telah melekat pada diri calon karyawan dan menentukan kandidat yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Misalnya, jika sebuah perusahaan mencari karyawan di bagian marketing atau sales, tentunya perusahaan tersebut memilih kandidat yang memiliki kepribadian mudah bergaul, mampu mempengaruhi orang lain, dan kreatif. Jika Anda punya kepribadian yang pasif sebaiknya tidak melamar di posisi tersebut.

Perusahaan tentunya tidak akan menempatkan seseorang pada posisi tertentu yang tidak sesuai dengan kepribadian orang tersebut. Ini bisa menghambat proses pekerjaan secara keseluruhan. Jadi kuncinya adalah memahami diri Anda sendiri dan memahami kepribadian yang dibutuhkan oleh perusahaan pada posisi tertentu.

Adakah Tips Menghadapi Tes Wawancara Bagi Fresh Graduate?

Tentu ada. Hal utama yang perlu Anda persiapkan adalah kesiapan mental, fisik, dan pemahaman terhadap diri Anda sendiri.

Kemudian, ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda latih menjawab disaat wawancara nantinya, seperti :

  • Mengapa Anda melamar posisi ini?
  • Apa yang Anda harapkan dari bekerja?
  • Mengapa Anda melamar ke perusahaan tersebut?
  • Bagaimanakah gambaran job desc dari posisi yang Anda lamar?
  • Informasi apa yang telah Anda tau dari perusahaan tersebut?

Kenalilah diri Anda, bersikaplah terbuka dalam wawancara, dan tampakkan kesiapan Anda dalam belajar dan bekerja dengan sungguh-sungguh.

Hal lain yang tak kalah penting adalah kemampuan Anda dalam menenangkan diri (rileks) dan berada dalam keadaan yang fresh.

Adakah Rumus untuk Mendapatkan Pekerjaan sesuai Passion?

Ada beberapa hal yang sederhana yang menjadi indikator untuk menemukan apa passion Anda, yakni :

  • Bersemangat ketika melakukan suatu aktivitas kerja
  • Usaha yang Anda lakukan melebihi target
  • Pekerjaan seolah sebagai project Anda sendiri
  • Merasakan kebahagiaan ketika melakukan aktivitas tersebut

Ada beberapa indikator tambahan lain terhadap apakah aktivitas tersebut passion Anda atau tidak, diantaranya :

  • Merasa larut dan menikmati pekerjaan, waktu terbang begitu saja
  • Segenap upaya dan hati untuk melakukannya
  • Energi dan semangat yang melebihi aktivitas biasanya
  • Tidak merasakan dalam sedang bekerja, tetapi, melakukan sebuah kesenangan
  • Aktivitas tersebut merupakan panggilan hati yang akan menghasilkan uang

Saya Tidak Merasakan Karir Saya Berkembang, Bagaimana?

Bagi mereka yang merasakan karir tidak berkembang, kemungkinan hal itu disebabkan oleh pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat atau passion. Hal ini kemudian membuat orang tersebut bekerja tidak maksimal dan kurang berprestasi. Kurang berprestasi dan tidak maksimal dalam bekerja akhirnya membuat mereka sulit naik jabatan dan gaji pun hanya segitu-segitu saja.

Sebaiknya, sebelum Anda memutuskan melamar sebuah pekerjaan pastikan bahwa pekerjaan tersebut sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengupgrade ilmu dan skill yang Anda miliki guna menunjang prestasi kerja. Misalnya dengan mengikuti seminar atau pelatihan, sering membaca buku-buku yang berhubungan dengan bidang kerja Anda saat ini.

Bagaimana Pula Menikmati Pekerjaan yang Monoton?

Apakah Anda merasakan kebosanan ketika melakukan pekerjaan yang monoton? Ini tidak hanya disebabkan karena pekerjaan itu membosankan tapi bisa juga disebabkan oleh berbagai hal yang hanya Anda bisa mengetahuinya.

Ada beberapa penyebab umum yang menyebabkan kebosanan dikala bekerja, seperti :

  • Sebenarnya Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut
  • Anda bekerja pada tempat yang tidak sesuai dengan diri Anda
  • Atasan Anda terlalu memaksa untuk mencapai target yang sulit
  • Dan lain-lain

Misalnya, Anda adalah orang yang memiliki kepribadian suka berinteraksi dengan orang lain. Namun, Anda mendapat posisi yang mengharuskan Anda bekerja di balik meja atau komputer setiap hari. Inilah yang menyebabkan Anda berpikir “bagaimana cara saya menikmati pekerjaan yang monoton ini?” atau sebaliknya, tidak menyukai dunia interaksi akan tetapi Anda bekerja pada bidang tersebut.

Solusinya adalah segera temukan alasan terbesar apa yang menyebabkan Anda merasa bosan dan mulai perhatikan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan diri Anda.

Baca juga: Gimana Sih Cara Mendapatkan Karir Sesuai Dengan Minat? Ini Dia Tipsnya

Kesimpulan

Hal penting dan utama dalam dunia kerja adalah bekerjalah sesuai dengan passion Anda. Pahami diri Anda sendiri dan segera temukan passion tersebut, carilah pekerjaan sesuai passion tersebut. Do what you love and love what you do.

Demikian artikel mengenai masalah dalam karir, semoga artikel ini dapat memecahkan masalah karir yang sedang Anda miliki.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Setuju Gan untuk fresh graduate agar memiliki nilai “jual” untuk perusahaan-perusahaan incaran membutuhkan kecerdikan tersendiri agar dapat diterima kerja.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud