Mango Star ~ Layanan Internet Satelit Dari Telkom Untuk Dukung UKM Di Daerah Terpencil

Mango Star telkom

Image dari Sindonews.net

Akses internet saat ini sudah menjadi hal yang sangat penting bagi pertumbuhan berbagai sektor kehidupan masyarakat di Indonesia. Tidak Hanya mereka yang tinggal di pusat perkembangan seperti Pulau Jawa, adanya akses internet yang mumpuni nyatanya juga sangat diperlukan oleh masyarakat di luar pulau Jawa bahkan di daerah terpencil yang masih minim pengembangan infrastruktur.

Inilah kemudian yang menjadi tantangan bagi pemerintah untuk bagaimana bisa membuat pemerataan penyediaan fasilitas internet utamanya bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil. Seakan menjawab tantangan tersebut, perusahaan telekomunikasi Indonesia Telkom belum lama ini telah meluncurkan sebuah layanan internet berbasis satelit yang khusus diperuntukkan masyarakat serta pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ada di berbagai pelosok daerah nusantara.

Meskipun belum bisa menyediakan kualitas layanan #internet yang sama seperti yang ada di Pulau Jawa, layanan yang diberi nama Mango Star ini dirasa sudah cukup untuk memenuhi keperluan transaksi maupun bisnis digital yang dijalankan oleh para pelaku UKM setempat. Berikut ulasan lengkapnya.




Tentang Layanan Mango Star

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) baru saja meresmikan sebuah layanan akses internet yang memiliki kelebihan dapat menjangkau berbagai daerah terpencil yang belum memiliki jaringan kabel maupun serat optik dari pihak perusahaan Telkom. Menggunakan teknologi berbasis satelit very small apperture terminal (VSAT), layanan Mango Star nantinya akan dapat menjangkau banyak pelaku usaha kecil menengah dan juga masyarakat umum yang ada di berbagai daerah ataupun pulau kecil di seluruh Indonesia.

Yang menarik dari layanan Mango Star ini adalah, adanya fitur kostumisasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku #UKM atau pengguna paket layanan ini nantinya. Dengan begitu pengguna Mango Star dapat memilih fasilitas-fasilitas apa saja yang nantinya dibutuhkan. Keuntungannya tentunya pengguna akan bisa lebih menyesuaikan dengan budget usaha yang mereka miliki.

Artikel lain: Perkembangan Kecepatan Akses Internet di Indonesia




Mengenai kecepatan akses internet, layanan Mango Star menawarkan kecepatan download hingga 2 Mbps serta upload 0,5 Mbps. Kecepatan tersebut tentu masih terpaut, jika dibandingkan dengan fasilitas internet yang ada di pusat perkotaan utamanya di Pulau Jawa. Namun disampaikan oleh Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, pihaknya merasa bahwa kecepatan tersebut sudah cukup untuk mengakomodir keperluan di bidang bisnis seperti transaksi keuangan, pemesanan dan pembelian online atau untuk mengupload bukti transaksi.

Fasilitas Lebih yang Ditawarkan Mango Star

Sesuai dengan target sasaran yakni UKM yang berada di berbagai wilayah terpencil di Indonesia, layanan Mango Star tentunya telah didesain untuk bisa sesuai dengan kebutuhan unit bisnis tersebut. Salah satunya yakni para pengguna bisa membuat situs ecommerce berbagai platform dengan mudah dan gratis tentunya melalui fasilitas yang disediakan Mango Star.

Selain itu ada juga fasilitas tambahan yakni siaran televisi free-to-air yang dapat dinikmati tanpa harus menggunakan kuota atau bandwidth internet Mango Star. Tidak hanya itu, masih ada juga kelebihan lain seperti free membership untuk situs Smartbisnis.co.id, free membership www.jarvis.store.com serta diskon pembelian paket internet Mango Star menggunakan fasilitas situs Blanja.com.

Mengenai upgrade maupun pembelian “pulsa” internet Mango Star sendiri, pihak Telkom menggandeng #ecommerce Blanja.com sebagai penyedia resmi. Seperti diketahui, ecommerce Blanja.com juga masih berafiliasi dengan perusahaan Telkom, sehingga tentu akan lebih mempermudah proses transaksi layanan tersebut.

Baca juga: Tak Hanya Google, Microsoft Juga Bakal Sediakan Akses Internet Untuk Daerah Pelosok Indonesia

Perkembangan dan Harapan Ke Depan

Meskipun masih terbilang sangat baru, menurut pihak Telkom hingga saat ini sudah ada beberapa pesanan pemasangan layanan internet Mango Star di beberapa daerah di Indonesia seperti di Mentawai, Jambi serta beberapa daerah di Pulau Kalimantan. Hal ini menunjukkan adanya potensi minat dan juga keinginan para pelaku UKM daerah untuk bisa berkembang dan bersaing di ranah digital. Lewat keterangan resmi, disampaikan bahwa hingga akhir tahun 2016, target yang ingin diraih oleh pihak Telkom yakni bergabungnya 5000 UKM dalam layanan Mango Star.

“Hingga akhir 2016 ini kami menarget layanan tersebut dipakai 5.000 UKM. Kami optimis karena dalam tempo dua minggu sebelum peluncuran sudah ada permintaan dari berbagai wilayah. Antara lain Mentawai, Jambi serta sejumlah titik di Kalimantan,” ujar Awaluddin.

Bagi yang berminat, bisa langsung mendatangi kantor Telkom terdekat untuk memperoleh informasi selengkapnya. Mengenai harga yang ditawarkan, kabarnya berkisar antara Rp500.000 hingga Rp750.000 setiap pemasangan. Namun jika ingin lebih berhemat, disarankan untuk mendaftar dengan mengatasnamakan beberapa UKM lewat biaya patungan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud