Beranda Finansial Mengulik Axa Mandiri Asuransi Mandiri Heart Protection (MHP) – Proteksi Jantung Menyeluruh

Mengulik Axa Mandiri Asuransi Mandiri Heart Protection (MHP) – Proteksi Jantung Menyeluruh

Axa Mandiri Hearth Protection
Image via freepik.com

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit dengan beban biaya kesehatan tertinggi di Indonesia. Sayangnya, tren penyakit jantung di Indonesia justru semakin meningkat setiap tahunnya.

Hal ini tentu saja harus diwaspadai masyarakat karena penyakit jantung atau jenis penyakit kardiovaskular lainnya bisa menyerang siapa saja.  Salah satu hal yang harus dipertimbangkan oleh masyarakat adalah memiliki asuransi kesehatan untuk penyakit jantung.

PT. AXA Mandiri merupakan salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan pada masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Itu sebabnya PT AXA Mandiri meluncurkan Asuransi Mandiri Heart Protection (MHP).

Lalu, seperti apakah Asuransi untuk perlindungan jiwa dan risiko penyakit jantung koroner ini? Berikut ulasan singkatnya.

Apa Itu Mandiri Heart Protection?

Mandiri Heart Protection (MHP) adalah salah satu produk asuransi yang ditawarkan oleh PT. AXA Mandiri kepada masyarakat Indonesia.

Produk asuransi ini memiliki berbagai keunggulan untuk menjawab kebutuhan perlindungan jiwa dan atau risiko penyakit jantung, stroke.

Salah satu keunggulan MHP ialah pada term pembayaran premi tahunannya yang hanya sebesar 10 kali premi bulanan. Untuk mendapatkan keunggulan ini, nasabah hanya perlu menjawab pertanyaan kesehatan tanpa harus melakukan medical check-up.

Namun, jika nasabah ingin membayar bulanan, biayanya sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp70 ribu hingga Rp1,17 juta per bulan. Dengan premi tersebut, nasabah akan mendapatkan santunan sebesar Rp50 juta hingga Rp250 juta.

Selain itu, Mandiri Heart Protection juga ada fasilitas pengembalian premi sebesar 105% dari total premi yang dibayarkan selam 10 tahun terakhir. Dengan catatan, pemegang polis tetap aktif selama 10 tahun sejak tanggal polis berlaku.

Keuntungan dan Ketentuan Polis MHP Axa Mandiri

Sebagai salah satu perusahaan kenamaan, tentunya keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Peserta asuransi akan mendapat manfaat rawat inap dengan penggantian biaya melalui cara cashless atau reimbursement.

Cakupan biaya termasuk untuk kamar, operasi, biaya kunjungan dokter umum spesialis, hingga biaya akomodasi dan perawatan sesudah dan sebelum inap.

Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa mendapat manfaat santunan tunai harian. Yang mana bisa digunakan untuk kebutuhan penyembuhan. Bahkan, terdapat pula manfaat santunan meninggal dunia dan pengembalian premi. Angka pengembalian premi yang diberikan bisa mencapai angka 105% dari jumlah premi yang dibayarkan selama 10 tahun terakhir (polis masih aktif).

Melihat deretan keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan, lantas bagaimana ketentuan polis MHP AXA mandiri? Bagi Anda yang belum tahu, polis sendiri merujuk pada dokumen perjanjian antara tertanggung dan penanggung. Anda bisa melakukan pendaftaran pada asuransi jantung ini kapan saja, dengan beberapa syarat dan ketentuan dasar yang tidak membebani.

Yang pertama adalah masa pertanggungan dari MHP mencapai 10 tahun sejak berlakunya polis. Usia tertanggung yang bisa didaftarkan pun mulai dari balita berusia 30 hari hingga mencapai umur 60 tahun. Rentang usia ini tentunya memberi kemudahan bagi para warga yang ingin berinvestasi untuk kesehatan di masa depan.

Yang kedua adalah biaya premi yang dibayarkan pun terjangkau. Harga minimum yang bisa Anda dapatkan adalah 120 ribuan per bulannya.

Tentunya angka tersebut bergantung dengan usia tertanggung dan plan yang akan digunakan. Untuk Anda yang ingin mendaftar sebagai asuransi keluarga, tentunya akan ada discount yang mempengaruhi total biaya premi.

Apakah Asuransi Ini Dapat Dipercaya?

Pertanyaan tersebut kerap muncul karena banyaknya kesalahpahaman antara anggota tertanggung dan pihak penanggung AXA Mandiri. Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda baca dengan baik segala hal yang tertulis di dalam polis.

Anda juga bisa bertanya secara langsung pada pihak AXA akan segala hal berkaitan dengan ketentuan, masa tenggang, hingga konteks pengecualian.

Anda pun tidak perlu khawatir karena AXA telah memiliki deretan prestasi yang mampu dijadikan bukti kredibilitas perusahaan. Seperti prestasi gemilang Contact Center Service Excellent Award 2020, Indonesia Best Insurance Award 2019, dan Unitlink Terbaik 2019 Kategori Campuran Kelompok BUMN Periode 10 Tahun.

Cara Pengajuan Klaim Asuransi di AXA Mandiri

  1. Kelengkapan Formulir Pengajuan Klaim

Banyak masyarakat yang memilih menabung daripada asuransi karena takut proses klaim ribet dan lama. Beruntungnya, MHP mengutamakan servis dengan mempermudah proses klaim.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu melengkapi formulir data tentang pemegang polis. Formulir klaim yang diajukan harus diisi sesuai kebutuhan, yang mana bisa diunduh dari web resmi AXA.

  1. Penyertaan Dokumen Medis Asli atau Fotokopi

Setelah proses pengisian formulir dari AXA mandiri, Anda juga perlu menyertakan semua dokumen asli berkaitan dengan perawatan.

Segala dokumen asli atau fotokopi terkait di antaranya adalah tagihan atau kuitansi, dokumen klaim rawat inap, rekam medis asli atau fotokopi, hingga segala kebutuhan perawatan medis terkait.

  1. Mengirimkan Klaim

Untuk mempermudah proses pengiriman klaim, Anda bisa menyerahkan pengajuan melalui media daring. Kirimkan segala data termasuk formulir dan dokumen medis kepada CCC (claim customer centre) melalui email [email protected].

Anda juga bisa mengirimnya ke kantor AXA. Tunggu proses dan Anda akan mendapat informasi lanjut mengenai pengajuan klaim dan penggantian biaya rawat.

Pemahaman Alokasi Premi

Kemana uang premi yang Anda bayarkan setiap bulannya? Sebagai asuransi, uang premi akan dialokasikan pada Unit link dalam dua pos khusus.

Pos pertama untuk perlindungan asuransi yang menanggung manfaat proteksi. Sedangkan pos kedua adalah untuk investasi dengan manfaat penarikan tanpa resiko sakit.

Dan yang pasti, alokasi biaya cenderung diutamakan untuk pos pertama (proteksi).

Baca juga: Gaya Hidup Untuk Kamu yang Ogah Melarat di Hari Tua

Pengajuan Komplain

AXA mandiri telah menyediakan kemudahan untuk segala pengajuan komplain dan kebutuhan pelanggan. Bahkan terdapat unit layanan khusus yang telah tersedia untuk menopang segala permintaan bantuan nasabah yang disebut dengan Complaint management unit.

Anda bisa mengirim berbagai keluhan atau saran melalui email [email protected] atau bisa dengan menghubungi costumer sercive di axa.co.id.

Secara garis besar, bisa dikatakan bahwa AXA Mandiri adalah salah satu perusahaan asuransi yang cukup terpercaya. Dalam hal ini, prestasi yang dimiliki telah menjadi bukti bahwa MHP bisa dijadikan solusi perlindungan dari penyakit jantung kronis.

Polis, alokasi premi, dan pengajuan klaimnya pun jelas. Sehingga bisa digunakan sewaktu waktu dan mendapat keuntungan sekaligus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here