Manajemen Diri Dalam Mengahadapi Evaluasi Akhir Tahun Dari Atasan

Image dari Zengerfolkman.com

Image dari Zengerfolkman.com

Evaluasi kerja dalam perusahaan bisnis adalah sesuatu yang harus dilakukan. Dari sebuah evaluasi yang dilakukan, nantinya diharapkan bisa mendapatkan informasi untuk membangun bisnis ke depan agar lebih baik. Evaluasi ini biasanya terbagi pada beberapa waktu yang sudah ditentukan, bisa per trimester, per semester atau bisa juga dilakukan pada akhir tahun. Untuk evaluasi atau review pada akhir tahun, ini dilakukan secara menyeluruh pada semua elemen terkait termasuk pada karyawan.

Jika Anda adalah seorang karyawan, tentu saja evaluasi kerja adalah sesuatu hal biasa. Atasan akan selalu mengevaluasi kinerja Anda setiap waktu, apalagi pada akhir tahun. Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terkait bagaimana cara menghadapi evaluasi akhir tahun yang akan dilakukan oleh atasan kepada Anda. Simak di bawah ini.

1. Jangan Panik Namun Juga Jangan Anggap Remeh

Okelah, evaluasi kinerja memang selalu mendebarkan dan sering membuat kita khawatir. Namun, yang perlu Anda tanamkan dalam benak Anda pertama kali adalah jangan takut terhadap evaluasi. Bukankah evaluasi sudah sering dilakukan terhadap kinerja Anda. Namun, meskipun sebuah evaluasi sudah sering Anda hadapi, jangan sampai Anda menganggap remeh hal itu. Maksudnya adalah hadapi evaluasi tersebut dengan tenang dan tetap fokus pada pekerjaan.

Artikel lain: Apakah Pekerjaan Anda Sudah Cocok? Ini Dia Tandanya

2. Hasil Evaluasi Akhir Tahun Sangat Tergantung Kinerja Kita

Perlu juga Anda pahami bahwa hasil evaluasi penilaian kinerja tentu saja tergantung dengan apa yang sudah Anda kerjakan selama ini. Jadi ketika pekerjaan Anda baik selama ini, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Di sini Anda perlu realistis terhadap evaluasi, jangan harap nilai Anda bagus jika faktanya kinerja Anda buruk. Sebaliknya, jika Anda bekerja dengan baik, maka harapan untuk mendapatkan apresiasi tentunya bisa lebih tinggi.




3. Lebih Baik Beraksi Daripada Bereaksi

Apapun hasil yang akan Anda peroleh dalam evaluasi akhir tahun terkait kinerja nantinya, yang lebih baik dilakukan adalah beraksi. Jangan banyak menyanggah dari hasil evaluasi dari atasan jika ternyata nilai Anda buruk. Lebih baik Anda take action saja dan mulai berbenah untuk menghadapi pekerjaan berikutnya.

Reaksi negatif dari Anda tidak akan mengubah keadaan menjadi semakin baik, itu semua justru akan membuat keadaan semakin buruk. Jadi lebih baik Anda pelajari poin mana saja yang mendapatkan nilai kurang, lalu segeralah berbenah.

4. Jangan Terlalu Kecewa Dengan Hasil Buruk

Ketika nilai dari hasil evaluasi akhir tahun Anda buruk, jangan terlalu kecewa dengan hal tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah perbaikan, bukan kecewa terhadap hal itu. Hasil evaluasi kinerja tidak bisa Anda jadikan patokan seratus persen, karena tentu saja ada sudut pandang subjektivitas di situ. Maka dari itu ketika Anda mendapatkan nilai buruk, tidak perlu hal itu kemudian membuat Anda menjadi tidak semangat lagi dalam bekerja. Tetap semangat dan lakukan yang terbaik.

5. Persiapkan Usulan Atau Uneg-uneg Anda

Ketika diadakan evaluasi dalam kinerja, itu bisa menjadi kesempatan baik bagi Anda juga untuk mengajukan uneg-uneg atau usul. Bisa apa saja, terpenting Anda lakukan adalah berbicara secara profesional sesuai dengan kapasitas Anda sebagai karyawan. Promosi, kenaikan gaji, bisa Anda jadikan bahan usulan terkait kontribusi Anda kepada perushaan. Menyampaikan usulan dan uneg-uneg adalah sesuatu yang wajar, sampaikan usulan Anda secara bijaksana tidak perlu dilakukan secara konfrontatif.

Baca juga: Ingin Senin Nggak Ngebosenin? Ini Tips Mudahnya




6. Mulai Memperbaiki Diri Dari Sekarang

Memperbaiki diri perlu dan harus selalu Anda lakukan. Jangan menunggu besok atau lusa, saat ini lah waktu yang paling tepat untuk mulai memperbaiki diri. Perbaiki kinerja Anda, tingkatkan disiplin Anda, tingkatkan fokus Anda, perbaiki komunikasi Anda, itulah yang harus Anda lakukan setiap waktu.

Jangan sampai karena terlalu memikirkan evaluasi akhir tahun, Anda justru terlupakan dengan pekerjaan Anda. jangan sampai konsentrasi dan fokus Anda terganggu dengan adanya evaluasi. Terus saja bekerja dengan maksimal dan lakukan perbaikan setiap saat. Dengan cara ini, saya yakin kinerja Anda akan semakin baik dan akan mendapatkan apresiasi yang bagus dari atasan Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud