Maksimalkan Ibadah Ramadhan Dengan Berbagai Fitur Google Berikut Ini

Maksimalkan Ibadah Ramadhan Dengan Berbagai Fitur Google Berikut Ini

fitur Google
Image dari Besttechie.com

Saat ini masyarakat di Indonesia sudah banyak yang memiliki perangkat smartphone sebagai alat komunikasi sehari-hari. Namun pada kenyataannya mayoritas dari para pengguna ponsel pintar, belum memanfaatkan seluruh fungsi dari #smartphone dengan maksimal. Tanpa disadari, masih terdapat banyak sekali fungsi yang bisa digunakan oleh pengguna untuk membantu memperlancar kegiatan sehari-hari.

Demikian juga di bulan Ramadhan ini, ada beberapa fungsi dari ponsel pintar yang bisa membantu memaksimalkan ibadah kita. Beberapa di antaranya dihadirkan oleh platform layanan digital Google lewat berbagai fitur canggihnya. Dan sebagai informasi, berikut ini beberapa fitur Google yang bisa Anda manfaatkan selama bulan Ramadhan.

1. Menjadi Asisten Virtual

Seperti diketahui, smartphone yang telah terintegrasi dengan layanan #Google lewat adanya sistem operasi Android mempunyai layanan asisten virtual yang dapat membantu kita via perintah suara. Berbekal kata “oke Google” kita sudah bisa mendapatkan banyak sekali informasi hingga menjalankan perintah khusus di perangkat ponsel pintar kita.

Dan di bulan Ramadhan, fungsi asisten virtual ini bisa kita maksimalkan untuk beberapa hal seperti mencari masjid terdekat ketika sedang berada di luar rumah, menghitung kalori makanan ketika berbuka puasa, mengingatkan jadwal sahur, imsak serta berbuka, hingga untuk membuka beragam aplikasi. Dengan adanya fungsi asisten virtual tersebut tentu kebutuhan kita bisa dijalankan dengan lebih mudah.

Artikel lain: Ingin Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadhan? Coba Gunakan 5 Aplikasi Lokal Ini

2. Mencari Lokasi Jadi Lebih Mudah

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan di musim Ramadhan adalah momen berbuka puasa bersama. Berkumpul dengan teman lama, tentu menjadi waktu yang sangat menyenangkan dan juga dinanti-nanti. Masalah yang terkadang muncul adalah, ketika tempat atau lokasi berbuka puasa bersama ternyata cukup jauh atau bahkan belum pernah kita kunjungi sebelumnya.

Nah di sinilah fitur layanan Google bisa membantu kita untuk mempermudah dalam mengetahui rute menuju tempat berbuka puasa bersama tersebut. Hanya dengan mengucapkan “oke Google” yang diikuti dengan “tunjukkan saya arah ke (tempat tujuan)”, maka Google akan secara otomatis menunjukkan jalan yang paling cepat yang bisa Anda tempuh. Mudah dan sangat praktis tentunya.

3. Mencari Inspirasi Menu Berbuka Puasa

Bagi ibu-ibu atau para kaum hawa yang gemar memasak, momen Ramadhan juga menjadi semakin spesial karena kita bisa lebih memaksimalkan bakat yang kita miliki. Namun tentunya inspirasi untuk membuat berbagai menu mulai dari berbuka puasa hingga sahur, terkadang tidak bisa kita dapatkan begitu saja. Lagi-lagi, fitur virtual assistant dari Google sangat bisa memfasilitasi keperluan kita yang satu ini.

Dengan hanya menyebutkan nama resep yang kita inginkan, maka Google akan langsung memberikan beragam rekomendasi situs ataupun blog kuliner yang sesuai dengan resep buruan kita. Tidak hanya mencari, dengan fitur Google yang lain yakni blogger, kita juga bisa membagikan menu resep andalan yang kita miliki. Bahkan bukan tidak mungkin, justru kita nantinya bisa menjadi seorang blogger kuliner yang terkenal.

4. Memanfaatkan Fitur Now Cards

Fitur lain yang juga tak kalah membantu di momen bulan Ramadhan seperti saat ini adalah adanya fitur now cards. Fitur now cards merupakan layanan dalam bentuk kartu notifikasi yang bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi kita. Sebagai contoh, fitur ini bisa dimaksimalkan untuk mengingatkan adanya janji berbuka puasa bersama, alarm sahur hingga beragam aktivitas lain selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Mau Dapat Diskon Gede di Bulan Ramadhan 1437 H? Pastikan Anda Belanja di 6 Toko Online Berikut Ini

5. Maksimalkan Waktu Luang

Ketika kita sedang berpuasa, tak jarang kita mempunyai beberapa waktu senggang terutama bagi para pelajar yang mendapatkan jatah liburan panjang. Daripada hanya sekedar berdiam diri ataupun tiduran, tentu masih banyak hal positif lain yang bisa kita lakukan.

Sehubungan dengan teknologi dan pemanfaatan internet, Google juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu senggang selama puasa dengan cara yang bermanfaat. Seperti dengan menggunakan mesin pencari Google, kita bisa mendapatkan beragam informasi religius, yang tentunya bisa meningkatkan kadar spiritualitas kita.

Atau bagi yang mempunyai ketertarikan di bisnis online, bisa juga mempelajari tentang internet marketing, blogging, social media marketing serta beragam alternatif bisnis online lainnya.

1 KOMENTAR

  1. thanwah, baru tahu ane, thanks gan…infonya sangat bermanfaat…biar ane praktekin :D

Tinggalkan Balasan