Mainkan Kreatifitasmu! Kini Kita Bisa “Corat-Coret” Foto Facebook

Mainkan Kreatifitasmu! Kini Kita Bisa “Corat-Coret” Foto Facebook

Image dari Entrepreneur.com
Image dari Entrepreneur.com

Bicara tentang media sosial tentu terasa hambar jika tak melibatkan nama besar Facebook. Masih disebut sebagai pimpinan klasemen persaingan industri jejaring sosial online, pastinya setiap kabar terbaru dari Facebook menjadi hal yang menarik untuk disimak. Dan kali ini kita akan membahas tentang fitur baru pada aplikasi Facebook yang berhubungan dengan foto.

Seakan tidak mau kalah dengan beberapa #media sosial pesaing yang bermain di ranah konten visual, kali ini Facebook beinovasi dengan menambahkan fitur editing yang bisa digunakan pada setiap foto yang kita unggah melalui perangkat mobile. Dengan tujuan mengajak pengguna lebih kreatif, akankah fitur yang satu ini mampu menarik minat para facebooker? Berikut ulasan lengkapnya.

Menjawab Persaingan Fitur Visual Editing

Dalam beberapa waktu belakang, bagi rekan-rekan yang menggunakan layanan aplikasi editing foto dan #video Snapchat, tentu sudah mencoba beberapa pembaruan dalam hal editing gambar yakni beberapa efek unik dan menarik seperti bola mata marble serta pelangi yang keluar dari mulut. Pembaruan fitur semacam ini nyatanya juga dilakukan beberapa media sosial berbasis visual lainnya, seperti path dan pinterest dengan ragam inovasi lainnya.

Dan sebagai salah satu perintis tren jejaring sosial online, tentu #Facebook tidak mau ketinggalan dengan tren konten visual baik foto atau video yang semakin berkembang. Dan sebagai jawaban, lahirlah fitur terbaru editing foto Facebook. Hal ini tentu terlepas dari layanan Instagram yang sudah menjadi satu induk dengan Facebook.

Artikel lain: Inilah 6 Fitur dan Layanan ‘Tersembunyi’ Facebook yang Jarang Diketahui Penggunanya

Cara Kerja Fitur Editing Foto Facebook

Mengenai update fitur terbaru ini, sudah tersedia baik untuk pengguna perangkat bermesin Android maupun iOs. Nah, sayangnya fitur editing foto ini memang baru hanya tersedia untuk perangkat mobile bukan untuk desktop. Kembali lagi, salah satu kemungkinan utamanya adalah karena Facebook sedang gencar bersaing dengan layanan #aplikasi sharing konten visual lain yang juga bergerak di ranah mobile.

Nah untuk menggunakan fitur ini terbilang tidak terlalu sulit. Pasalnya fungsi yang disematkanpun tidak terlalu banyak, mengingat ini juga inovasi pertama Facebook dalam hal fitur editing foto. Langkah pertama yakni dengan mengupload gambar atau foto pada aplikasi Facebook.

Setelah foto terunggah, selanjutnya perhatikan sisi kiri bawah layar terdapat pilihan Edit lalu pilih opsi Sketsa. Kemudian akan muncul sederet warna pelangi yang bisa kita pilih. Tinggal pilih salah satu warna dan mulai mainkan imajenasi mu dengan “mencorat-coret” foto. Setelah puas berkreasi, hasilnya bisa langsung kita upload atau gunakan sebagai profil picture yang unik dan menarik.

Juga Akan Berinovasi Pada Profil Picture

Selain menanamkan fitur edit foto, Facebook masih menyimpan satu lagi kejutan untuk fitur terbarunya. Masih berhubungan dengan konten visual, dalam beberapa waktu mendatang pengguna Facebook bisa merubah tampilan foto profil picture standart pada format gambar gerak berekstensi gif.

Melihat kembali ke tangga persaingan, sebenarnya fitur semacam ini bukan yang pertama. Karena tercatat sebelumnya Snapchat sudah lebih dulu menawarkan fitur serupa yakni menggunakan file gif sebagai profil picture. Selain itu juga adalah aplikasi foto sharing lain, Phhhoto, yang juga sejak awal telah memberi pilihan tersebut.

Nantinya profil picture tersebut akan tampil layaknya video pendek yang terputar ulang secara terus menerus. Gambar tersebut bisa diambil dari potongan video atau kumpulan foto yang sudah ditentukna terlebih dahulu.

Manager Produk Facebook Aigerim Shorman menyatakan bahwa fitur ini bisa menjadi sarana bagi pengguna untuk menunjukkan perasaan atau kondisi kita pada satu waktu kepada rekan-rekan Facebook yang lain. Dengan cara yang lebih terlihat “hidup” profil picture berformat Gif tentu lebih efektif untuk menyampaikan pesan tertentu.

Baca juga: Facebook Rilis 2 Fitur Baru, Facebook Floating Video dan Custom News Feed

Selain itu penambahan fitur lain yang juga akan dimasukkan adalah kemampuan bagi pengguna untuk men setting sebuah foto tertentu menjadi profile picture hanya dalam kurun waktu tertentu. Setelah waktu berlalu, maka profile picture akan kembali menampilkan foto default yang lama.

Namun tidak seperti fitur edit foto doodle yang sudah bisa digunakan, fitur yang satu ini baru akan meluncur pada 30 September mendatang. Itupun hanya untuk beberapa akun terbatas yang menggunakan perangkat #iPhone di kawasan California, AS serta Inggris.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan