Mahalinda Napitupulu ~ Perjalanan Sukses Berbisnis Minuman Pelancar ASI

Image via Kompas

Memulai sebuah usaha tidak harus selalu dibarengi dengan modal yang besar. Berawal dari apa yang dibutuhkan oleh orang di sekitar kita, sebenarnya sudah menjadi modal potensial untuk kemudian dikembangkan menjadi bisnis yang menghasilkan.

Seperti yang dilakukan oleh pengusaha bernama Mahalinda Napitupulu atau yang akrab disapa Indah. Berawal dari konsumsi sendiri dan kemauan untuk membantu sesama wanita menyusui untuk meningkatkan jumlah ASI-nya, melalui “Mamanduy ASI Booster” kini Indah pun semakin dikenal oleh banyak kalangan, terutama ibu menyusui.

Tidak hanya mampu membantu orang lain, kini entrepreneur wanita yang satu ini jika mampu mendatangkan pundi keuntungan dalam jumlah yang sangat besar.

Bermula Dari Karir Politisi

Sangat bertolak belakang dengan apa yang dijalaninya saat ini, yakni menjadi seorang entrepreneur, ternyata Indah dulunya mempunyai karir sebagai politisi.

Namun, karena kodratnya sebagai seorang wanita, Indah pun juga melalui tahap sebagai wanita sempurna yakni melahirkan dan menyusui. Berangkat dari keinginannya untuk mendapatkan ASI yang melimpah, Indah pun mulai meracik asupan untuk konsumsi pribadinya sendiri agar sang buah hati mendapatkan cukup ASI.




Artikel lain: Victor Giovan Raihan ~ Pengusaha Sukses Kembangkan Bisnis Minuman Sejak Usia Remaja

Dari situlah, produk minuman pelancar ASI tersebut juga diminati oleh teman maupun ibu-ibu hamil di sekitar lingkungannya.

“Minuman ini minuman untuk meningkatkan kuantitas ASI. Saya konsumsi ini sehari-hari. Alhamdulillah ASI saya pun berlimpah dan puji syukur bisa didonorkan ke beberapa RS dan teman–teman yang membutuhkan,” jelas Indah.

Mulai Mengkomersilkan Produk Pelancar Asi

Mahalinda Napitupulu

Image via Ayopreneur.com

Karena tidak ingin setengah-setengah mengembangkan bisnis, akhirnya Indah mempelajari dengan teliti bagaimana membuat racikan bahan pelancar ASI yang tidak hanya efektif namun juga disukai oleh ibu menyusui.




Bahan bakunya yakni fenugreek diimpor dari luar. Semua bahan-bahan yang digunakan natural, ada oat, chia seed, soya dan lain lain yang diracik dengan sedemikian rupa menjadi susu yang luar biasa lezatnya. Inilah yang menjadi kelebihan dari produk milik Indah.

Adanya bahan natural yang dimasukkan dalam minuman booster ASI ini, memberikan keuntungan tidak hanya dari kuantitas ASI yang lebih banyak namun juga kualitas ASI yang lebih baik. Bahkan kabarnya, dari beberapa konsumen mengatakan bahwa peningkatan kuantitas ASInya mampu mencapai 2 hingga 4 kali lipat dibanding ketika belum mengkonsumsi susu pelancar ASI.

“Animo ibu-ibu menyusui yang tinggi sampai kita ada sistem waiting list. Kami juga akan masuk di RS di Bilangan, Jaksel dan salah satu supermarket di Jaksel juga,” ujarnya.

Bangkit Dari Tantangan Bisnis

Pada suatu ketika, bisnis susu pelancar ASI milik Indah juga sempat digoyang masalah. Masalah pertama adalah dari sisi daya tahan susu tersebut. Susu yang dibuat oleh Indah tidak menggunakan pengawet sehingga memang tidak tahan lama dan harus disimpan dalam suhu kulkas.

Terkadang, ada juga konsumen yang mengeluhkan bahwa produk susu memiliki daya tahan yang kurang baik. Jadi mudah basi dan tentunya tidak saya lagi untuk dikonsumsi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, yang dilakukan oleh Indah adalah, tetap mengutamakan kualitas. Karena memproduksi susu pelancar ASI dengan berbagai bahan alami, tentunya mempunyai kekurangan dari sisi daya tahan ketika disimpan. Dari situ, karena kualitas tetap terjaga serta adanya beberapa keunggulan akhirnya konsumen tetap setia dan justru semakin banyak.

Alasan lain yakni, selain berfokus pada fungsi minuman yang dapat secara efektif meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, Indah juga menyadari bahwa customer juga layak mendapatkan produk minuman susu dengan rasa yang enak. Oleh karena itulah, Indah membuat 4 varian rasa untuk produknya yakni rasa Nutella, Banana, Matcha dan Red Velvet.

Baca juga: Cotton Drops ~ Bisnis Kuliner Minuman Unik dengan Konsep Nostalgia Permen Kapas

Dari sisi perkembangan bisnis, dengan diawali hanya 50 botol, kini omzet penjualan dapat menembus 6000 botol per bulan dengan raihan omzet mencapai 200 juta. Ini tentu mampu menjadi kelebihan bagi usaha milik Mahalinda Napitupulu.

Serta inspirasi bagi para pengusaha wanita lain, dari awalnya keinginan untuk menciptakan produk yang dapat membantu banyak wanita lain, akhirnya justru bermuara pada kesempatan bisnis yang potensial.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Selamat buat Ibu Mahalinda Napitupulu, jerih payahmu berbuah manis, buah ketekunan menjadi kesuksesan…
    Benar-benar sangat memotivasi dan penuh inspirasi… :D
    Salam,

  2. Amazing Bu…!!! luar biasa apa yang sudah di lakukan Ibu yang satu ini,tentunya patut untuk di teladani oleh Ibu-Ibu yang lainnya juga!!!

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud