Libur Lebaran Telah Usai, Yuk Kembali Beraktivitas dengan Semangat Baru

Libur Lebaran Telah Usai, Yuk Kembali Beraktivitas dengan Semangat Baru

kembali bekerja setelah liburan
Image dari Themuse.com

Masa libur lebaran sejatinya sudah berakhir pada Minggu lalu pada 10 Juli 2016. Namun ada beberapa orang yang masih ingin memperpanjang masa liburnya ini seminggu kemudian agar lebih puas dan lega. Maka pada kemarin hari yaitu Minggu, 17 Juli 2016 sepertinya akan menjadi penutup masa libur lebaran di tahun ini. Jadi pada hari Senin ini yaitu tanggal 18 Juli 2016 semua orang dipastikan akan kembali pada rutinitas sehari-harinya seperti sedia kala.

Namun sayangnya diawal atau hari pertama bekerja bagi para pegawai dan beraktivitas bagi para pengusaha seringkali membuat rasa malas. Ya, akibat dari libur yang lumayan terbilang panjang ini maka perasaan malas memang seringkali menjangkiti banyak orang untuk beraktivitas kembali. Saya sendiri adalah salah seorang yang terkena sindrom kemalasan ketika awal mula mulai memulai aktivitas selepas masa libur lebaran ini.

Namun mau tak mau Anda memang harus segera beranjak dari rasa malas ini agar produktivitas Anda terus terjaga dengan baik. Tapi bagaimana caranya mengembalikan semangat yang baru ini? Berikut ulasannya.

1. Pikirkan Kesenangan Dalam Beraktivitas

Tips pertama untuk membuat kembali dengan semangat baru setelah masa libur lebaran yang panjang ini adalah dengan memikirkan kesenangan dalam beraktivitas. Ya, Anda memang sedikit membujuk dan mengatur pola pola pikir Anda sebelum memulai aktivitas di hari pertama selepas libur lebaran ini.

Ya, pola pikir memang sesuatu yang krusial untuk apapun, termasuk dalam hal memulai hari pertama beraktivitas selepas libur lebaran ini. Dan salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan dalam hal ini adalah memunculkan hal-hal menyenangkan dalam menjalankan aktivitas tersebut pada pikiran Anda. Ya, dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tentunya akan ada hal yang menyenangkan, meski ada juga hal yang tidak menyenangkan.

Artikel lain: Khawatir Makin Gemuk Usai Liburan? Gunakan 3 Aplikasi Mobile Berikut Ini Sebagai Solusinya

Tapi agar semangat baru ini muncul, maka yang harus Anda pikirkan adalah hal-hal yang menyenangkan. Dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan pada aktivitas ini Anda akan lebih cepat memunculkan semangat.

2. Buat Jadwal di Hari Pertama

Terkadang rasa malas yang muncul pada hari pertama beraktivitas selepas masa libur lebaran ini adalah hanya karena mereka tidak tahu apa yang akan dilakukannya pada hari itu. Karena tidak tahu apa yang akan dikerjakan maka yang muncul kemudian adalah rasa malas. Dan sayangnya di hari awal beraktivitas tersebut tidak sedikit orang yang mengalami hal ini.

Maka dari itu agar Anda tidak mengalami kebingungan yang bisa membuat rasa malas di hari pertama beraktivitas ini Anda perlu membuat jadwal atau daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Ya, cobalah menyusun daftar dan jadwal ini minimal sehari sebelumnya. Nah dengan jadwal atau daftar kerja ini maka semangat Anda akan cepat muncul.

3. Melakukannya Sepagi Mungkin

Tidak ada yang membantah bila pagi hari memang sebuah waktu yang akan membuat semua hal lebih bergairah dan bersemangat. Dengan kondisi udara yang masih bersih, tubuh yang masih prima dan juga tanpa ada suara bising di sana-sini maka memang sebuah semangat akan cepat muncul.

Hal berkebalikan akan terjadi bila Anda melakukan aktivitas di hari pertama selepas libur lebaran ini pada siang hari. Pada siang hari ini Anda akan merasakan sindrom malas, karena faktor kesan terlambat dan kesiangan. Saat sindrom ini mengenai Anda yang datang siang hari maka pasti yang terjadi adalah munculnya rasa malas.

Baca juga: I Love Monday! Jadikan Hari Senin Anda Jauh Lebih Produktif

4. Lakukan dengan Bertahap

Pada awal mula hari pertama setelah libur lebaran yang panjang ini memang kondisi otak dan fisik kita akan sedikit agak menurun. Ini adalah hal atau sesuatu yang wajar dialami oleh siapapun yang telah menjalani libur yang panjang. Namun Anda kan tidak boleh terus-terusan seperti ini. Maka Anda memang harus secepatnya membuat otak dan fisik kita kembali meningkat. Caranya adalah dengan melakukan aktivitas di hari pertama ini dengan perlahan dan bertahap.

Ibarat mesin kendaraan yang sudah lama tidak dinyalakan, Anda memang tidak bisa kemudian langsung menyalakan dan langsung menggunakan untuk perjalanan jauh. Ya, dalam hal ini Anda harus melakukannya dengan bertahap seperti memanasi mesin dulu dalam beberapa menit dan kemudian mulai menggunakannya. Hal ini juga berlaku pada diri seorang manusia pada hari pertama beraktivitas setelah libur panjang.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan