LegaTalk, Media Sosial Untuk Curhat Aman dan Nyaman Dengan Identitas Yang Terjaga

LegaTalk-Media-Sosial-Untuk-Curhat

Satu lagi karya digital anak negeri hadir meramaikan aplikasi #media sosial. Aplikasi sebagai wadah curahan hati (curhat) yang dikembangkan oleh Creative HotHouse ini diberi nama LegaTalk. LegaTalk sendiri sudah resmi diluncurkan sejak Juni 2014  di platform Android. Dan sebulan kemudian (Juli 2014) sudah bisa diunduh di Apple Store. Dan dalam waktu tiga bulan sejak peluncuran awalnya, pengguna LegaTalk kini telah mencapai 40 ribu.

LegaTalk yang mulai dikembangkan pada bulan Mei 2014 ini tidak dibuat asal jadi, namun ia diciptakan melalui berbagai riset tentang kebiasaan curhat masyarakat Indonesia selama enam bulan. Hasil risetnya menyatakan bahwa sebenarnya media sosial yang ada sekarang sudah tidak cocok untuk kebutuhan curhat masyarakat.

Alasannya adalah mereka menganggap media sosial saat ini terlalu terbuka hingga membuat masyarakat kurang nyaman saat identitasnya diketahui saat curhat. Memang tidak sedikit kasus yang sudah terjadi saat curhat di media sosial ini malah menimbulkan komentar negatif, bullying dan pertengkaran.

Artikel lain: Ini Dia Jejaring Sosial dari Indonesia, Layak Untuk Dicoba?



Jaringan Sosial Anonim

Dari pengalaman dan pengamatan tersebut, rupanya membuat tim dari Creative HotHouse ini mencipatkan jaringan sosial anonim. Jaringan sosial anonim adalah sebuah jaringan yang mengubungkan seseorang dengan orang lain dengan identitas yang dirahasiakan. Dengan demikian setiap orang yang bergabung dengan LegaTalk akan tampil dengan status anonim (tanpa identitas).

Saat seseorang mendaftar, sistem LegaTalk sendiri memang tidak membutuhkan informasi nama, alamat, dan foto profil. Meski kemudian #aplikasi ini akan menunjukkan lokasi pegguna, namun dengan identitas yang dirahasiakan akan membuat LegaTalk menjadi sarana untuk memposting atau curhat tentang apapun tanpa harus malu dan khawatir.

Dalam sistem LegaTalk, data pribadi akan disimpan terenkripsi hingga tidak akan ada yang mampu membacanya termasuk oleh LegaTalk sendiri. Profil pengguna ini akan tetap dirahasiakan oleh sistem untuk selamanya-lamanya. Maka dengan LegaTalk, pengguna dapat leluasa menyampaikan unek-unek dan curhatan mereka dengan aman, nyaman dan lega.

Cara Bergabung Dan Cara Kerja

Untuk bergabung menjadi pengguna LegaTalk sangat mudah dan sederhana. Langkah pertama adalah seseorang harus mengunduh aplikasi ini di Play Store untuk penguna #Android atau di Apple Store bagi pengguna iOS. Setelah proses download, calon pengguna tinggal memasukkan nomor telepon yang dimiliki dan anda sudah bisa menggunakan aplikasi LegaTalk ini.

Cara kerja media sosial ini sendiri cenderung simpel karena sesaat setelah terdaftar, pengguna langsung bisa action, tidak perlu belajar dulu dengan membaca petunjuk penggunaan atau yang lainnya.  Keseluruhan struktur navigasi LegaTalk ini memang dibuat sedemikan rupa dengan konsep sesimpel mungkin agar pengguna bisa langsung menerapkannya dengan cepat. Pengguna sendiri di LegaTalk bisa menuliskan status dan mempercantik laman profilnya dengan leluasa, lega dan tanpa rasa was-was.

Artikel lain: Menghasilkan Uang dari Media Sosial Tsu, Have Fun & Make Money

Tampilan Dan Fitur

Dengan konsep media sosial, LegaTalk tentu saja memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan media sosial yang lain. Tampilan yang ada pada LegaTalk tersebut antara lain tampilan linimasa yang memuat kumpulan status dan curhatan dari para penggunanya. Tampilan dari linimasa LegaTalk ini pun terlihat sangat sederhana, hanya berformat kalimat curhat yang dikelompokkan dalam satu kotak.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setiap postingan yang muncul di LegaTalk ini hanya disertai oleh keterangan tempat. Selain menuliskan status, pengguna LegaTalk juga dapat memberikan komentar dari status orang. Kegiatan lain yang bisa dilakukan pada LegaTalk adalah memberikan tanda ‘love’ sebagai simbol suka, atau melaporkan ke admin jika ada postingan yang berkonten pornografi dan isu sensitif yang menurut Anda tidak pantas. Terkait peraturan, pihak LegaTalk sendiri juga melakukan penghapusan terhadap postingan-postingan yang berbau iklan (jual-beli).

Fitur lain yang merupakan fitur unggulan dari LegaTalk adalah tampilan antarmuka yang sederhana, dan kebebasan pengguna untuk mengubah warna atau motif latar belakang (background) profile-nya sesuai keinginan. Yang juga menarik dari media sosial anonim ini adalah terdapatnya ikon unik yang muncul pada setiap kali kita berkomentar pada salah satu status.

Baca juga: Menghasilkan Uang Dengan Aplikasi Android Whaff Reward

LegaTalk sendiri memang akan memberikan ikon unik untuk membedakan tiap pengguna dengan pengguna lainnya pada setiap komentar yang diberikan. Uniknya di LegaTalk ini juga ada fitur seperti retweet pada twitter. Jadi pada setiap status yang disukai (love) di LegaTalk ini akan tampil pada linimasa orang lain meski mereka tidak berteman dengan penulis status tersebut.






1 comment on this postSubmit yours
  1. sayangnya tidak memiliki fitur chat personal seperti secret :(

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud