Lebih Dekat Dengan Goh Yiping, Chief Product Officer MatahariMall.com

Goh Yiping

Image dari Beritasatu.com

Indonesia adalah negara berkembang dengan segala bentuk potensi yang begitu besar. Sebagai negara berkembang, tentu membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan ketersediaan bermacam #peluang bisnis yang besar. Saat ini, peluang bisnis yang begitu terbuka adalah terdapat pada bisnis dengan basis menggunakan layanan internet. Berbagai macam bisnis online dengan menggunakan jaringan terus berkembang dan semakin besar. termasuk di dalamnya adalah toko online dan juga ecommerce yang lainnya.

Salah satu pemain baru dalam bisnis #ecommerce di Indonesia adalah MatahariMall.com, dengan berbagai terobosan yang disajikan membuat MatahariMall.com segera dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kali ini kita bukan akan membicarakan MatahariMall.com, namun kita akan sedikit mengupas tentang Goh Yiping, Chief Product Officer MatahariMall.com.

Bagaimana sampai dia terdampar di Indonesia, bagaimana pengalaman dan karirnya, simak kisahnya di bawah ini.

Menerima Tantangan Untuk Membangun Perusahaan di Indonesia

Yiping adalah seorang anak kecil yang dulu tinggal di peternakan di Singapura milik kakek dan neneknya. Kemudian ia tinggal di Amerika untuk sekolah sekaligus juga bekerja. Tidak hanya di Amerika saja, Yiping juga berkeliling dunia ke negara-negara di belahan benua seperti Eropa, Australia dan tentunya juga di Asia. Menurutnya, dengan berkeliling ke berbagai negara, bisa membuat pikiran menjadi lebih terbuka dan juga fleksibel.

Saat ini, Yiping memilih menangani MatahariMall.com di Indonesia setelah petualangannya dalam berbagai pengalaman bisnis. Ia sendiri menyebutkan bahwa Indonesia adalah sebuah negara dengan potensi yang sanggat tinggi.




Artikel lain: Jason Lamuda ~ Sukses Kembangkan BerryBenka Berpegang Prinsip Work-life Balance

Ini bisa dilihat dari jumlah penduduknya yang mencapai 250 juta, selain itu kata dia penetrasi #internet dan mobile di Indonesia juga begitu tinggi dan sangat cepat. Dengan fakta seperti itu, ia menjelaskan bahwa membangun perusahaan ecommerce di Indonesia pasti bisa menyenangkan sekaligus menantang.

Pandangan Goh Yiping Tentang Ecommerce Indonesia

Dalam analisanya, ia menerangkan bahwa pertumbuhan ecommerce di Indonesia begitu dahsyat. Ia menilai bahwa saat inilah saat yang paling tepat bagi pertumbuhan ecommerce di Indonesia. Namun demikian ia juga menjelaskan bahwa ecommerce Indonesia masih dalam tahapan yang sangat awal sekali.

Meski saat ini transaksi sudah terjadi sangat besar dan begitu masif, namun ini masih tahap awal yang masih akan jauh berkembang ke depannya. Ia menggambarkan ecommerce Indonesia ini mirip apa yang terjadi di Amerika pada saat tahun 2000 silam.

Masih banyak tantangan yang harus dicarikan solusi yang tepat dalam perkembangan ecommerce di Indonesia. Tantangan seperti jaringan logistik masih baru yang tentunya masih jauh dari sempurna, serta proses pembayaran masih sangat manual, harus segera disempurnakan. Kenapa demikian, karena di Indonesia ini ada banyak sekali pulau yang tentunya akan membawa berbagai masalah sendiri, terutama untuk logistik pada bisnis ecommece ini.




Sosok yang Suka Bekerja

Goh Yiping adalah seorang yang sangat menyukai bekerja, bahkan ia mengaku sudah bekerja sejak saat masih kecil yaitu di usia 8 tahun. Ia mengatakan selalu mempunyai satu atau dua pekerjaan yang ia kerjakan sembari bersekolah. Ia melakukan hal itu adalah untuk meringankan beban keuangan keluarga katanya.

Dengan dasar kesukaannya dalam bekerja, tak sulit bagi Yiping untuk segera membangun perusahaannya sendiri. Perusahaan pertamanya adalah World Indigo, kemudian pada tahun 2010 bersama saudaranya membangun sebuah buying deals aggregator bernama AllDealsAsia.com.

Baca juga: Nabilah Alsagoff ~ Rela Jarang Tidur Demi Mengawal Kesuksesan Startup Miliknya

Dengan segudang pengalaman karir bisnis nya, layak kiranya saat ini ia menjabat sebagai chief product officer dan co-head of cross borders sellers di MatahariMall.com. Sebagai chief product officer, ia adalah pusat dari berbagai bidang dalam perusahaan. Salah satu tugas utama Yiping adalah bagaimana mengkomunikasikan berbagai bidang yang ada dalam perusahaan.

Bagaimana caranya agar masing-masing departemen dalam perusahaan bisa bersinergi dalam membangun perusahaan agar lebih besar. Ia juga selalu berdiskusi dengan berbagai orang pada berbagai bidang dalam perusahaan keahlian untuk memahami tujuan dan kesulitan yang sedang dihadapi.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud