Langkah Cerdas Memilih Situs Marketplace Untuk Memasarkan Produk Anda

memilih situs marketplace

Merebaknya #website yang melayani penjualan online dengan konsep iklan baris atau C2C (Customer to Customer) menjadikan pasar online semakin menggeliat. Keberadaaan situs marketplace yang makin bertumbuh sekarang ini akhirnya membuat seseorang memiliki banyak pilihan untuk menentukan tempat penjualan online yang tepat dan sesuai.

Situs marketplace sendiri adalah sebuah website tempat berkumpulnya ribuan penjual dengan berbagai macam produk yang ditawarkan. Jadi siapapun Anda bisa menjual produk Anda di website pihak ketiga tersebut dengan hanya mengunggah katalog produk yang Anda miliki. Biasanya untuk menjadi merchant penjual di marketplace ini tidak dikenakan biaya apapun.

Meski #situs marketplace saat ini semarak, namun sayang tidak banyak orang yang memahami bahwa tidak semua tempat penjualan online cocok dengan produknya. Dari sini maka Anda sebagai penjual online perlu memahami dengan baik beberapa marketplace yang ada agar jualan Anda menjadi lebih sukses. Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk memilih marketplace sebagai tempat pemasaran produk Anda.

1. Mengetahui Latar Belakang dan Reputasi Marketplace

Tips pertama dalam memilih situs marketplace yang baik adalah dengan mengetahui latar belakang dan reputasi marketplace tersebut. Informasi tentang latar belakang dan reputasi marketplace ini bisa diketahui dari sejarah berdirinya, sistem kerja dan pengalaman dari para pengguna lainnya yang telah lebih dulu dari Anda.

Ketahui-hal hal ini dari mesin pencari yang akan banyak menyediakan informasi kepada Anda tentang marketplace yang akan Anda pelajari. Jika memang setelah Anda pelajari marketplace yang dimaksud sudah memiliki kriteria latar bekang dan reputasi yang baik, maka Anda bisa menjual produk Anda di tempat tersebut. Dengan menjual produk di marketplace yang memiliki latar belakang dan reputasi yang baik, Anda akan terhindar dari kerugian yang bisa mendera Anda.




Artikel lain: Kelebihan Dan Kekurangan Marketplace Bagi Penjual Online

2. Cari Situs Marketplace yang Ramai

Meski umumnya situs marketplace dengan reputasi yang baik memiliki pasar yang ramai, namun Anda harus tetap bisa memastikan bahwa tempat penjualan online tersebut memang ramai. Untuk memastikan hal ini, Anda bisa melihat tampilan daftar pengunjung yang datang atau dari jumlah respon atau komentar yang ada.

Dengan menjual produk di marketplace yang ramai, Anda akan berpeluang besar mendapatkan respon dan pembeli dalam jumlah yang banyak. Dengan mendapatkan pembeli yang banyak, maka penjualan online Anda pun akan semakin sukses.

3. Memiliki Sistem yang Memudahkan Transaksi

Salah satu sistem dari situs marketplace yang akan membuat jualan Anda jadi lebih sukses adalah sistem kemudahan transaksi. Semakin mudah transaksi yang ada pada marketplace, maka semakin senang pula pembeli berbelanja di tempat tersebut. Kemudahan sistem transaksi ini bisa Anda lihat dari metode penampilan katalog, pemesanan, pembayaran, dan masalah-masalah yang terkait dengan transaksi jual beli.

4. Memiliki Layanan Pelanggan yang Mudah Dihubungi

Situs marketplace yang baik adalah marketplace yang bisa menjadi jembatan penghubung antara penjual dan pembeli dengan mudah. Maka dari itu pencantuman telepon, #email, akun media sosial dan kontak instan messaging sangatlah dibutuhkan untuk membuat layanan pelanggan yang baik tersebut. Maka dari itu, Anda sebagai penjual harus menyelidiki hal ini dengan benar untuk menentukan toko online yang tepat dan membuat Anda sukses berbisnis online.




5. Mempelajari Fitur Layanan

Setiap situs marketplace pastinya memiliki fitur-fitur yang mereka hadirkan dan tawarkan. Beberapa fitur yang disediakan ini perlu Anda cermati untuk bisa mendukung kesuksesan penjualan Anda. Jangan terpancing pada banyaknya fitur, namun fokuslah pada baiknya fitur yang sesuai dan bisa mendukung #bisnis online yang Anda jalankan.

Bac juga: Tips Cara Jualan di Marketplace, Mari Bersaing di Keramaian

6. Memahami Prospek Marketplace 

Terakhir, tips untuk menentukan situs marketplace yang tepat untuk penjualan produk Anda adalah dengan memahami prospeknya di masa depan. Meski tidak ada yang bisa memastikan masa depan, namun dengan meneliti, mengamati, mengevaluasi dan mensurvei pergerakan marketplace yang bersangkutan terhadap perkembangan bisnis online.

Dengan pemahaman yang baik terhadap marketplace ini, Anda akan mendapatkan sebuah kepastian dan keyakinan yang mantap dengan bisnis penjualan produk yang Anda jual secara online di marketplace tersebut.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud