LAKU PANDAI Membantu Permodalan UKM yang Belum Tersentuh Perbankan

LAKU PANDAI Membantu Permodalan UKM

LAKU PANDAI Membantu Permodalan UKM yang selama ini belum tersentuh akses perbankan. Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI) adalah adalah program bentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertujuan untuk meningkatkan layanan keuangan secara merata di seluruh Indonesia. Faktor pendorong terbentuknya LAKU PANDAI adalah karena masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum mengenal dan belum tersentuh layanan perbankan.

Ada banyak alasan kenapa masih banyak masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan, diantaranya adalah karena lokasi Bank yang jauh dari pemukiman masyarakat, dan adanya biaya dan syarat yang memberatkan. Program LAKU PANDAI tersebut telah berjalan selama dua tahun dengan tujuan terwujudnya layanan keuangan yang inklusif di masyarakat Indonesia.

Tentunya layanan ini memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan karena bisa digunakan untuk banyak hal, misalnya permodalan Usaha Kecil Menengah. Selain itu, masyarakat di berbagai daerah, baik itu perorangan maupun badan usaha, bisa menjadi agen dari sebuah bank karena program LAKU PANDAI ternyata melakukan perekrutan agen.

Keuntungan Menjadi Agen Bank dari Program LAKU PANDAI

Salah satu keuntungan menjadi agen bank dalam program LAKU PANDAI adalah dapat menjalankan fungsi perbanka, seperti;

  • Membuka tabungan
  • Menerima setoran
  • Malayani penarikan dana layaknya ATM
  • Layanan keuangan lainnya

Tentunya pihak agen akan mendapat keuntungan berupa fee dari setiap transaksi tersebut. Masing-masing bank memberikan fee yang berbeda kepada agen. Misalnya bank Mandiri yang memberikan fee Rp5000 setiap kali berhasil mengajak satu nasabah untuk membuka rekening, fee Rp1000 jika nasabah setor tunai, fee Rp3000 jika nasabah tarik tunai, dan seterusnya.

Tentunya ini bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan karena bila transaksi ramai setiap harinya maka pendapatan agen akan semakin besar.

Cara Mudah Menjadi Agen LAKU PANDAI

Tidak sulit untuk menjadi agen LAKU PANDAI. Namun ada beberapa syarat dari OJK yang harus dipenuhi oleh para agen.




Syarat Agen Perorangan

  • Harus mengetahui dan memahami tentang kelembagaan Bank dan produknya sehingga bisa memberikan penjelasan yang baik kepada nasabah.
  • Harus mengerti menggunakan electronic device dalam melayani transaksi nasabah, termasuk menjelaskan cara penggunaan electronic device atau instrumen tersebut kepada nasabah
  • Bersedia dan mampu memberikan sejumlah deposit atau jaminan dengan besaran sesuai ketetapan Bank Penyelenggara

Selain syarat di atas, beberapa Bank juga mengharuskan agen telah menjadi nasabah Bank mereka selama jangka waktu tertentu. Pihak bank juga memperhatikan kelancaran pembayaran kredit calon agen, diantaranya;

  • Calon agen tidak boleh mengalami keterlambatan cicilan kredit selama 6 bulan terakhir
  • Lokasi usaha agen LAKU PANDAI wajib memiliki atribut pengenal, misalnya papan nama atau spanduk. Pada atribut tersebut agan tertera nomor identifikasi, nama agen, Logo Bank penyelenggara, Logo LAKU PANDAI, dan pernyataan BSA dijamin LPS.
  • Pihak agen LAKU PANDAI harus memiliki surat penunjukan agen. Di dalam surat tersebut terdapat informasi mengenai nama perorangan atau badan hukum pemilik outlet, nama penanggung jawab, alamat tempat usaha, foto penanggung jawab, pernyataan lulus uji tuntas, dan beberapa informasi penting lainnya.

Artikel lain: 10+ Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa/Dengan Jaminan

Jenis Produk Keuangan LAKU PANDAI

Saat ini LAKU PANDAI memiliki 3 jenis produk bagi masyarakat, diantaranya adalah Kredit/ Pembiayaan kepada Nasabah Mikro, Tabungan Basic Saving Account (BSA), dan Produk Asuransi Mikro.

1. Kredit/ Pembiayaan Nasabah Mikro

Kegiatan usaha yang bisa mendapatkan kredit/ pembiayaan adalah usaha yang dianggap bisa menghasilkan nilai tambah. Misalnya pertanian, perkebunan, warung, pendidikan tinggi, dan lainnya. Selain itu, kredit/ pembiayaan juga bisa diberikan untuk biaya melahirkan, pengobatan, dan kedukaan.

Beberapa syarat untuk mengajukan kredit Nasabah Mikro:

  • Warga negara Indonesia
  • Telah menjadi nasabah dan punya tabungan BSA setidaknya 6 bulan
  • Punya usaha jangka panjang dan bisa menghasilkan nilai tambah bagi peminjam

2. Tabungan Karakteristik BSA

Jenis Produk Keuangan LAKU PANDAI

Beberapa karakteristik tabungan BSA LAKU PANDAI antara lain:




  • Tidak ada batas minimum saldo dan setor tunai
  • Ada batasan maksimum saldo dan transaksi debet rekening yang ditetapkan oleh pihak Bank sesuai dengan peraturan OJK. Saldo maksimum adalah Rp20 juta, transaksi debet kumulatif dalam sebulan maksimum Rp5 juta
  • Tidak ada biaya administrasi bulanan, pembukuan dan penutupan rekening, dan transaksi pengkreditan rekening

Tentunya tabungan dari LAKU PANDAI ini sangat menguntungkan bagi masyarakat karena tidak dikenakan potongan untuk biaya administrasi.

3. Asuransi Mikro

Tujuan asuransi mikro dari LAKU PANDAI adalah untuk melindungi masyarakat berpengashasilan rendah dengan premi yang rendah. Bank BRI menawarkan asuransi mikro dengan premi sebesar Rp50.000 per tahun per orang, dan Rp90.000 per tahun untuk pasangan suami istri.

Syarat untuk mendaftarkan diri dalam program asuransi mikro ini adalah harus memiliki KTP dan menyediakan informasi pendukung lainnya. Proses pendaftarannya sangat mudah dan cepat, sedangkan untuk pembayaran premi bisa dilakukan melalui Bank, ATM, ataupun ke Agen LAKU PANDAI.

Manfaat yang bisa didapatkan oleh nasabah asuransi mikro LAKU PANDAI diantaranya adalah:

  • Santunan rawa inap di Rumah Sakit sebesar Rp100.000 per hari, maksimal 90 hari dalam setahun
  • Penggantian biaya operasi, maksimum Rp2,5 juta per tahun
  • Santunan meninggal dunia karena kecelakaan Rp19,5 juta
  • Santunan meninggal dunia karena sakit Rp2,5 juta
  • Santunan cacat tetap karena kecelakaan Rp5 juta

Baca juga: 10+ Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

Kesimpulan

Program LAKU PANDAI yang diinisiasi oleh OJK ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik bagi masyarakat, dan juga Usaha Kecil Menengah di daerah. Pasalnya, dengan adanya program ini maka masyarakat kecil yang selama ini tidak bisa merasakan layanan perbankan akan bisa terlayani dan punya kesempatan mendapatkan pembiayaan melalui Kredi Nasabah Mikro. Dan tentunya menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. terampil masalah manajemen keuangan yang memang dibutuhkan UKM sekarang

  2. wah ternyata ada jasa keuangan non perbankan besutan OJK toh, prosedurnya gampang gak ya, terus ini sudah melayani daerah mana saja

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud