LabSatu, eCommerce Penyedia Peralatan Laboratorium dan Bahan Kimia

LabSatu, eCommerce Penyedia Peralatan Laboratorium dan Bahan Kimia

screenshot-labsatu.com 2015-04-23 14-57-49

Lagi-lagi ranah eCommerce kedatangan pemain baru. #eCommerce memang sedang tren sekali di industri startup. Indonesia mencuri perhatian berbagai investor asing untuk berinvestasi pada startups di Indonesia yang memiliki peluang bagus. Seiring dengan peningkatan infrastruktur teknologi di Indonesia, hal itu mendorong pertumbuhan startup menjadi semakin subur, khususnya startup yang bergerak di ranah ecommerce. Pendatang baru yang muncul kali ini terbilang masih sangat fresh, LabSatu adalah namanya.

eCommerce yang menjual berbagai kebutuhan sehari-sehari seperti fashion, peralatan rumah tangga, serta produk elektronik sudah sangat mainstream di Indonesia. Untuk menghindari persaingan tersebut dan mencoba menghadirkan sebuah eCommerce dengan produk yang terbilang masih sangat jarang sekali, banyak startup yang bergerak diranah eCommerce yang mencoba hadir dengan menyediakan produk yang lebih spesifik dan jarang terjamah. Salah satu startup tersebut adalah LabSatu (Labsatu.com).

Profil singkat LabSatu

E-commerce yang memiliki nama LabSatu ini merupakan #startups eCommerce yang menjual alat-alat kebutuhan laboratorium dan berbagai bahan kimia. Hendry Herdy Agus selaku Co-Founder, seorang individu yang awalnya bekerja sebagai distributor untuk beragam produk laboratorium selama lima tahun. Dari pengalamannya itulah ia melihat adanya sebuah problem yang harus dipecahkan dan hal itu pula yang dilihatnya sebagai peluang bisnis.

“Di sisi penjual, seringkali ada persediaan menumpuk yang berpotensi menimbulkan kerugian bila barang tidak terjual. Selain itu, Indonesia adalah salah satu negara yang sangat luas dan untuk membuka agen penjualan di tiap daerah rasanya akan terasa cukup sulit.

Sementara di sisi pembeli, banyak yang kesulitan mencari bahan baku kimia serta alat-alat laboratorium, khususnya yang ada di luar Jawa,” jelasnya. Dengan melihat masalah dan peluang tersebutlah Hendry bersama beberapa partnernya yang memiliki visi dan misi yang sama akhirnya meluncurkan LabSatu pada Desember 2014.

Artikel lain: Indonesia Punya Potensi Technopreneur Cerah Di Masa Mendatang

Berjuang diranah yang jarang terjamah

Bagi orang awam yang menjalankan bisnis di area jarang terjamah seperti ini, tentunya akan berpikiran bahwa potensi didalamnya sangat terbatas, namun Hendry justru menilai pasar ini sangat luas. “Target segmen kami adalah rumah sakit, kampus, beragam industri dari obat-obatan sampai bahan pangan, institusi riset, dan tentunya laboratorium. Nilai total potensinya bisa mencapai USD1 miliar (Rp12, 8 triliun),” jelas Hendry.

Baginya hal tersebut bukan hal yang cukup mengagetkan, hal itu dikarenakan peralatan-peralatan laboratorium dan bahan kimia adalah pokok penting dalam industrinya. Terlebih lagi harganya yang tidak murah, hal tersebut membuat potensinya pun semakin besar.

Hampir seluruh produk yang dijual di LabSatu memang masih diimpor dari negara lain, dikarenakan terbatasnya produk-produk didalam negeri. Namun menurutnya hal tersebutlah yang menjadi keunggulan eCommerce miliknya itu.“Jarang ada e-commerce di luar [negeri] yang melayani penjualan produk di luar regionnya,” jelasnya. Namun ia juga menambahkan bila sejumlah peralatan laboratorium seperti furnitur sudah mulai menggunakan produk buatan lokal.

LabSatu juga memberikan kemudahan bagi para pedagang-pedagang yang membutuhkan produk laboratorium dan bahan kimia, karena pedagang tersebut dapat memperoleh produk yang dibutuhkan dengan sangat mudah. LabSatu memiliki sebuah konsep sebagai salah satu eCommerce yang melengkapi varian produk laboratorium dan bahan kimia untuk para vendor yang bekerja sama dengan mereka.

Menurut pantauan tim Maxmanroe Produk yang ada di Labsatu sudah terbilang cukup lengkap variannya untuk memenuhi kebutuhan akan produk laboratorium dan bahan kimia di Indonesia. Sampai dengan saat ini LabSatu melaporkan, e-commerce tersebut telah memiliki 1000 kunjungan kurang dari satu bulan yang diprediksi akan terus meningkat, dan dalam waktu dekat ini akan menerapkan metode prosmosi yang baru.

Baca juga: 5 Tips Sederhana Agar Situs eCommerce Tetap Eksis dan Berkembang

Tantangan LabSatu

Sampai dengan saat ini LabSatu belum memiliki kompetitor di ranah e-commerce yang menjual produk yang mereka sediakan. Bisa dibilang mereka dalah eCommerce pertama yang menyediakan produk laboratorium dan bahan kimia di Indonesia. Untuk pendanaan sampai dengan saat ini LabSatu masih beroperasi secara bootstrap.

LabSatu menuturkan bahwa mereka mempunyai target untuk menjadi yang terdepan di ranah eCommerce bahan kimia dan peralatan laboratorium di Indonesia. “Kami berharap bisa mendapat setidaknya 10 persen dari total pasar kebutuhan perangkat laboratorium dan bahan kimia di Indonesia,” tutup Hendry.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan