5+ Program Kursus yang Bisa Membantu Anda Jadi Calon Pengusaha Sukses

Kursus Menjadi Pengusaha

Memangnya ada ya kursus menjadi pengusaha? Tentu saja ada banyak kursus dan pelatihan yang bertujuan untuk membentuk seseorang menjadi wirausahawan. Namun, untuk menjadi pengusaha sukses tentunya ada banyak faktor lain yang mempengaruhi.

Biasanya mereka yang hanya mengenyam pendidikan SMP dan SMA dan ingin menjadi pengusaha akan mengikuti pelatihan khusus. Namun, tidak sedikit juga yang mencoba peruntungan membangun usaha tanpa mengikuti berbagai pelatihan wirausaha.

Kelebihan yang didapat dari kursus menjadi pengusaha adalah pengetahuan tentang dunia wirausaha dan bagaimana cara membangun bisnis yang lebih terarah. Ada banyak contoh peserta didik kursus menjadi pengusaha yang berhasil membangun usaha sendiri. Salah satunya adalah Rita Husni, pemilik usaha Ratu Mode yang dulunya buruh pabrik.

Lalu, apa saja kursus atau pelatihan yang prospek bisnisnya menjanjikan di masa depan?

1. Pelatihan Internet Marketing

Pemasaran online atau digital marketing sedang berada pada masa jayanya sekarang ini. Banyak pengusaha baru yang bermunculan sejak boomingnya internet sebagai media pemasaran.

Kemudahan, daya jangkau, dan biaya yang murah adalah alasan utama mengapa banyak pengusaha yang beralih ke digital marketing. Itulah sebabnya mengapa usaha di bidang digital marketing punya prospek yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang.

Apapun profesi Anda saat ini, baik profesional, pengusaha, dan pelajar, sebaiknya mulailah mengikuti pelatihan atau kursus digital marketing. Selain itu, ada baiknya Anda juga sering membaca topik tentang internet marketing di berbagai situs blog atau forum untuk menambah wawasan Anda.




Beberapa tempat untuk ikut pelatihan internet marketing diantaranya:

  • BabaStudio.com
  • DumetSchool.com
  • KarismaAcademy.com
  • Pakar.co.id
  • Webhozz.com
  • Ads.id

Baca juga: Apa Itu Internet Marketing

2. Kursus Bahasa Asing

Pertumbuhan dunia usaha di Indonesia tidak lepas dari kerjasama dengan negara-negara lain. Salah satu jenis usaha yang paling mendapatkan dampak dari kerjasama dengan negara lain adalah bisnis pariwisata.

Kunjungan wisatawan asing ke berbagai destinasi liburan di Indonesia memberikan dampakn yang signifikan bagi perekonomian masyarakat setempat. Beberapa bisnis yang merasakan langsung adalah bisnis jasa tour guide, transportasi, dan penginapan.

Nah, jika Anda ingin mengembangkan bisnis dengan berhubungan dengan negara asing, tentu saja Anda harus mengerti bahasa Asing. Jadi, Anda harus mengikuti kursus Bahasa Asing, yang paling umum adalah Bahasa Inggris.

Beberapa tempat kursus bahasa Asing yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya:

  • Belajaringgris.net
  • Bahaso.com
  • Squline.com
  • Britishenglishclass.com

3. Kursus Memasak

Usaha makanan merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan surut oleh jaman. Namun, dalam bisnis kuliner selalu ada inovasi yang dilakukan oleh para pelakunya, baik pada resepnya maupun cara penyajiannya.

Nah, bagi Anda yang berminat menjalankan bisnis makanan sudah seharusnya mengikuti kursus memasak sesuai jenis makanan yang Anda minati. Dengan mengikuti kursus memasak, maka calon pengusaha kuliner bisa mendapatkan inspirasi untuk pengembangan produk makanan mereka nantinya.




Bisnis kuliner tidak hanya milik para wanita, justru para pria juga sangat banyak sukses menjalankan bisnis yang menjanjikan ini.

4. Kursus Tata Rias

Bisnis kecantikan pasti akan berhubungan dengan tata rias, misalnya make up. Sebagian besar wanita jaman now adalah pengguna jasa make up ketika mereka akan menghadiri acara khusus. Dengan make up para wanita akan tampil lebih percaya diri karena terlihat lebih cantik.

Mengikuti kursus tata rias bisa dilakukan oleh siapa saja yang tertari menggeluti bisnis kecantikan. Dan ternyata peserta kursus tata rias ini tidak hanya diikuti oleh para wanita karena pria pun ada yang berminat memiliki skill tata rias.

5. Kursus Desain

Sebagian besar sektor usaha akan membutuhkan jasa desain. Mulai dari desain kartu nama, desain grafis, desain website bisnis, dan lainnya. Dengan kata lain, jasa desain punya pasar yang cukup menjanjikan untuk dijalankan.

Mengapa banyak bisnis menggunakan jasa desain? Karena sebuah desain dapat menyampaikan pesan secara visual kepada para konsumen. Beberapa jenis desain yang cukup banyak peminatnya adalah:

Untuk menciptakan desain, tentu saja Anda harus memiliki daya imajinasi dan juga kemampuan dalam menggunakan beberapa software desain. Dengan mengikuti kursus desain maka Anda akan mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara membuat desain, cara mengoperasikan software, dan lain-lain.

6. Kursus Keterampilan Khusus

Peluang usaha di industri kreatif masih sangat terbuka di Indonesia. Industri kreatif ini meliputi usaha kerajinan tangan, seni, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh industri kreatif yang terus mengalami perkembangan di Indonesia adalah bisnis kerajinan tangan. Jenis kerajinan tangan ini pun sangat banyak ragamnya dan punya pangsa pasar yang cukup besar, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Bagi Anda yang tertarik dengan industri kreatif, maka sebaiknya mulailah mengikuti kursus keterampilan khusus. Misalnya kursus keterampilan membuat suvenir pernikahan, kursus menjahit, kursus membuat hiasan rumah, kursus melukis, dan lain sebagainya.

Baca juga: Trend Bisnis 2018 yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Di atas tadi adalah beberapa pelatihan atau kursus menjadi pengusaha yang wajib Anda pertimbangkan. Profesi dan keahlian Anda saat ini juga bisa ditingkatkan dengan mengikuti pelatihan atau kursus yang sesuai dengan bidang dan keahlian Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud