Kuat Di Logistik, PT Pos Indonesia Akan Segera Merambah Ke E-Commerce, Bagaimana Peluangnya?

eCommerce-PT-Pos-Indonesia

Dunia bisnis #eCommerce di Indonesia yang semakin hari semakin seksi ini telah membuat banyak kalangan tergiur untuk menjalankannya. Faktor kemudahan berbelanja yang didukung dengan pertumbuhan jaringan internet diduga menjadi alasan dibalik perkembangan eCommerce Indonesia. Beragam survei pun memprediksi dan menyatakan bahwa  pertumbuhan pasar eCommerce di Indonesia akan akan terus mengalami peningkatan.

Aktivitas bisnis eCommerce yang terus bertumbuh ini ternyata memiliki dampak yang luas pada industri-industri yang berkaitan dengannya. Sebut saja bisnis dan usaha-usaha seperti layanan pembayaran online, transaksi internet banking, serta jasa logistik, semuanya kecipratan keuntungan dari eCommerce. Beberapa bulan yang lalu, pelaku layanan jasa logistik JNE bahkan pernah menyatakan bahwa 60 persen pendapatannya didapat dari eCommerce.

Berdasarkan beberapa fakta diatas, PT Pos Indonesia sebagai salah satu BUMN layanan logistik ternyata baru-baru ini dikabarkan tertarik dan akan meluaskan ekspansi bisnisnya ke dunia eCommerce. Kekuatan di sektor logistik menjadi modal dan kepercayaan Pos Indonesia untuk melangkahkan kakinya ke bisnis perdagangan elektronik ini. Lalu seperti apakah rencana dan peluang PT Pos Indonesia di bisnis eCommerce tersebut? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Pajak E-Commerce Indonesia, Apa Dan Bagimana Akan Diterapkan?

Rencana Pelaksanaan eCommerce Pos Indonesia

Menurut Ebenezer Purba, Vice President Pengembangan Bisnis Surat PT Pos Indonesia, pelaksanaan eCommerce nantinya akan melibatkan tiga pihak yaitu penjual, pembeli serta PT. Pos yang akan menjadi perantaranya. Jadi nanti, saat ada orang yang ingin membeli barang, pembeli tidak langsung mengirim uang ke rekening penjual, namun uang dikirim ke rekening eCommerce yang dikelola Pos Indonesia. Setelah barang sampai ke pembeli, barulah Pos Indonesia mengirim uang ke penjual.

Dalam dunia online eCommerce faktor kepercayaan memang merupakan sebuah syarat untuk bisa menjalankan bisnis ini dengan sukses.  PT Pos Indonesia yang telah berpengalaman dalam hal pengiriman barang tentu akan berusaha menghilangkan keraguan masyarakat dalam transaksi online nantinya.




Selain memberikan keamanan dalam transaksi di dunia maya, dalam bisnis eCommerce ini rencananya Pos Indonesia juga akan memberikan pelayanan penjemputan barang langsung ke tempat penjual. Dengan service ini maka para penjual pun tak perlu repot-repot pergi ke kantor pos untuk mengirimkan barang yang telah dipesan pembeli.

Menurut Eko Yudho, Kepala area operasi PT Pos Indonesia wilayah Sulawesi, dengan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia, para penjual barang online akan mendapatkan banyak keuntungan dan salah satu yang utamanya adalah jaminan barang cepat sampai. Bahkan jika ada barang yang rusak atau hilang pun nantinya akan diganti 100% oleh PT Pos Indonesia.

Menkominfo Anggap PT Pos Layak Masuk Bisnis eCommerce

Rencana PT Pos Indonesia untuk merambah bisnis eCommerce ini mendapat dukungan penuh dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Menurut Rudiantara, PT Pos Indonesia memang telah memiliki kelayakan untuk melakukan reposisi menjadi pemain eCommerce.

Lebih lanjut ia menyatakan kelemahan bisnis eCommerce dalam hal waktu pengiriman barang membuat peluang perusahaan logistik untuk menggarapnya dengan lebih baik. Rudiantara mengaku sudah menyampaikan gagasan reposisi itu kepada PT Pos Indonesia. Namun, ia hanya menyampaikan ide karena kewenangan untuk mengeksekusi reposisi tersebut berada pada para pemilik saham PT Pos Indonesia.

Baca juga: CakNing.com ~ Marketplace yang Memfasilitasi Sistem Dropship di Indonesia




Kendala PT Pos Di E-Commerce

Menurut Executive Director ICT Institute, Heru Sutadi, Pos Indonesia akan berhadapan dengan beberapa kendala jika memang benar akan terjun ke bisnis eCommerce. PT Pos Indonesia yang hanya memiliki basic bisnis jasa logistik dan bisnis eCommerce yang melibatkan banyak kegiatan seperti meng-handle toko, merchant, marketing, dan lain-lain akan menjadi kendala tersendiri bagi Pos Indonesia.

Menurut Heru, Pos Indonesia sebaiknya belajar dulu dari beberapa pos yang ada di dunia. Dengan begitu, Pos Indonesia jika sukses di eCommerce nantinya akan bisa melindungi penjual dan pembeli dari penipuan, baik yang dilakukan penjual maupun pembeli.

Untuk mengatasi kendala ini, Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Kristiono, menyarankan kepada PT Pos untuk membentuk anak perusahaan yang dapat mendukung industri eCommerce yang akan dirintisnya. Hal ini dilakukan agar bisnis eCommerce yang akan dijalankannya bisa sukses serta tidak mengecewakan berbagai pihak yang terkait dengannya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Pos Indonesia semakin maju nih, tapi kenapa ya pos tidak membuat toko onlinen :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud