KomtungTV, Wadah Kreatifitas Stand-Up Komedian Dalam Dunia Virtual

KomtungTV-Wadah-Kreatifitas-Stand-Up-Comedian

Stand-up comedy adalah sebuah komedi tunggal yang kini sedang bertumbuh dan menggeliat serta menjadi fenomena baru dalam dunia hiburan Indonesia. Bagaimana tidak, beberapa penampilan stand-up comedy ini telah memukau dan kini telah mendapatkan tempatnya sendiri di hati masyarakat Indonesia.

Sebut saja nama-nama seperti Raditya Dika, Panji Pragiwaksono, Soleh Solihun, serta komedian lain. Nama-nama ini sekarang sudah sangat familiar di dunia hiburan Indonesia. Dengan stand-up comedy yang ditekuninya, mereka mampu menjadikan panggung komedi tunggal ini sebagai wadah kesuksesan karirnya.

Fenomena aksi panggung stand-up comedy yang muncul di era perkembangan #teknologi dan informasi ini tentu saja memiliki karakteristinya tersendiri dengan penyajian melalui media yang lebih modern. Sebut saja Youtube, website personal dan media sosial yang seringkali memang sengaja digunakan untuk media promosi mempertunjukkan keahlian para komika dalam bermain stand-up.

Karena keadaan stand-up comedy yang tidak terlepas dari media virtual inilah yang kemudian mendorong Daned Gustama pada 17 Agustus 2012 menciptakan KomtungTV. KomtungTV adalah sebuah media online yang diperuntukkan bagi siapapun para seniman komedi tunggal untuk berkreasi menampilkan aksi panggung stand-up mereka. Lalu seperti apakah KomtungTV ini sebenarnya? Berikut Ulasannya.

Artikel lain: 1Cak.com ~ Situs Komedi Visual Ala 9Gag Karya Anak Bangsa

Konten KomtungTV

Sebagai wadah penyaluran karya stand-up comedy, KomtungTV memberikan ruang seluas-luasnya bagi para komika (penampil stand-up) untuk beraksi dan berekspresi. Konten atau isi yang disajikan KomtungTV ini sendiri banyak diambil dari komunitas stand-up yang ada diberbagai penjuru Indonesia.




Sedangkan tema yang diangkat dalam stand-up comedy KomtungTV umumnya adalah hal-hal seputar fenomena dan isu sosial, seperti kenaikan BBM, kondisi politik, kebijakan pemerintah dan hal-hal lainnya yang sedang hangat diperbincangkan publik. Satu hal yang perlu dicatat adalah meski Komtung ini merupakan media TV yang sejatinya menampilan konten berformat video, namun tim Komtung juga menampilkan beberapa konten artikel dan gambar yang masih berkaitan dengan stand-up comedy.

Promosi dan Monetisasi

KomtungTV yang bertujuan untuk mengembangkan dunia hiburan stand-up comedy ini terus berusaha mengembangkan sayapnya dengan melakukan berbagai promosi. Dengan target utama merangkul sebanyak mungkin komunitas stand-up comedy di Indonesia, Daned melakukan promosi ke berbagai media online sepeti website dan twitter yang dianggapnya masih efektif.

Kegiatan monetisasi KomtungTV sendiri masih menggunakan metode lama dan konvensional yaitu dari pemasukan iklan di web dan monetisasi channel #YouTube. Selain monentisasi dari web dan channel Youtube, KomtungTV juga mendapatkan pendapatanya dari sejumlah sponsor dari kegiatan off-air mereka.

Terkendala Modal

Dalam pengembangan KomtungTV, Daned Gustama mengakui bahwa dirinya terkendala dengan modal. Dalam tiga tahun perjalanannya ini, Daned masih tidak bisa mengerjakan semuanya sendirian. Maka Daned pun bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Adjis sebagai production head, Krisnanjaya Harefa sebagai managing director dan Barry Williem dan Sigit sebagai tim kreatif.

Diakuinya meski hiburan stand-up comedy di Indonesia sedang popluer, namun Daned dengan KomtungTV nya masih belum memilki investor tetap. Hal ini membuat KomtungTV akhirnya dijalankan dan dioperasikan secara bootstrap.




Persaingan Dan Kompetitor

Meski stand-up comedy sedang marak dan membuka peluang besar bagi para pelaku bisnis dan usaha, namun tahun demi tahun meriahnya hiburan komedi tunggal ini ternyata menjadikan tingkat persaingan yang semakin berat. Bagaimana tidak, banyak orang yang kemudian mencoba peruntungannya dengan membuat dan mengembangkan media stand-up comedy atau yang serupa atau berhubungan dengan komedi tunggal ini.

Diakui oleh Daned bahwa KomtungTV sebagai media stand-up comedy ini telah mulai mendapat banyak saingan dari media yang serupa sebagai imbas perkembangan bisnis stand-up comedy. Meski bukan pesaing langsung, namun kemiripan dan relevansi media tersebut cukup berpengaruh pada pekembangan KomtungTV. Media serupa yang menjadi pesaing KomtungTV tersebut adalah seperti website humor Mojok dan website yang dikembangkan artis Christian Sugiono Malesbanget.

Baca juga: Beberapa Startup Bertema Humor ala Indonesia

Rencana Dan Harapan Ke Depan

Untuk terus eksis dan mengembangkan sayapnya, KomtungTV berencana membuat aplikasi mobile dan membuat web series dalam waktu dekat ini. Dengan slogan “Where everybody can be a star”, KomtungTV berharap medianya menjadi sarana nyata bagi siapa pun yang memiliki bakat komedi untuk menjadi bintang baru di Indonesia.

Selain itu, KomtungTV juga memiliki harapan bahwa medianya bisa menjadi pusat rujukan atau referensi portal online komedi di Indonesia. Semoga rencana dan harapan mereka bisa benar-benar terjadi ya.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah kabar baik untuk para penggemar standup comedy nih..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud