KlikQ.com ~ Promosi Online Iklan PPC Indonesia (WEBSITENYA SUDAH MATI)

Update terbaru mengenai artikel ini: Ini adalah artikel review, namun setelah membaca beberapa artikel mengenai reputasi Klikq.com di dunia internet marketing, kami terpaksa mencoret isi artikel ini dan tidak merekomendasikan perusahaan tersebut kepada para pembaca Maxmanroe.com. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Setiap pebisnis pastinya ingin mendapatkan keuntungan dari bisnisnya, termasuk pebisnis online. Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis online, tentunya faktor yang sangat penting adalah jumlah trafik atau pengunjung ke halaman website bisnis. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh internet marketer untuk mendapatkan trafik menuju website bisnis mereka, diantaranya adalah melalui Iklan PPC (pay per click), SEO, media sosial, menyewa space iklan pada sebuah blog/ website, dan lain-lain.

Menurut saya, iklan PPC adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk promosi online, dimana advertiser/ pengiklan bisa menayangkan iklan website bisnis mereka di jaringan blog yang terdaftar sebagai publisher sebuah perusahaan PPC. Pengiklan bisa mengatur berapa besar pengeluaran untuk biaya iklan per klik, dan pengiklan hanya membayar jika seorang pengunjung website publisher meng-klik iklan. Tentunya publisher dilarang melakukan klik pada iklan di website mereka sendiri.

Saya akan bahas sedikit tentang sebuah perusahaan iklan PPC Indonesia. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan PPC Indonesia yang menawarkan fasilitas pengiklanan berbasis PPC. Salah satu perusahan tersebut adalah KlikQ.com. Saya menemukan situs ini dari sebuah informasi di email saya, lalu saya coba mendaftar menjadi advertiser/ pengiklan. Walaupun perusahaan PPC ini masih tergolong sangat muda – baru lounching bulan Mei 2013 – menurut saya fasilitas yang ditawarkan cukup menjanjikan, baik bagi para pengiklan maupun bagi para publishernya.

1. Fasilitas Untuk Advertiser/ Pengiklan di KlikQ.com

Untuk mendaftar menjadi pengiklan/ advertiser di KlikQ.com caranya sangat mudah. Saya rasa tidak perlu menjelaskan tentang cara mendaftarnya, pasti udah bisa semua hehehe. Setelah berhasil mendaftar menjadi advertiser, Anda bisa mulai mencoba memasang iklan di KlikQ.com. Silahkan login dengan username dan password Anda, pada halaman utama advertiser akan terlihat beberapa tombol menu, diantaranya;

  • Iklan: Ini adalah halaman informasi daftar iklan yang sudah Anda buat. Kita bisa melihat data statistik iklan yang telah kita buat di sini.
  • Kampanye: Ini adalah halaman informasi kampanye iklan yang kita lakukan. Pada halaman ini, kita juga bisa melihat detail statistik performa iklan yang telah kita buat, dan kita bisa mengeditnya jika diperlukan. Di halaman ini kita juga bisa melihat publisher yang menayangkan iklan kita dan jumlah kliknya.
  • Iklan baru: Di halaman ini kita bisa membuat format iklan yang kita inginkan. Jenis iklan yang saat ini bisa dibuat di KlikQ.com adalah iklan banner, iklan teks, iklan pop up, dan iklan berbentuk video.
  • Export: Halaman bantuan jika kita ingin mengekspor informasi kampanye iklan yang kita lakukan ke dalam format excel.
  • Order: Ini adalah halaman untuk melakukan order atau pembelian deposit untuk biaya iklan.
  • Pesan: Kita bisa menghubungi pihak KlikQ.com terkait akun kita sebagai Advertiser.

Lihat tampilan halaman utama akun advertiser:

Kalau saya perhatikan, setiap menu yang ada di halaman Advertiser sangat mudah untuk dinavigasikan sehingga memudahkan advertiser untuk melakukan campaign untuk promosi online website bisnis mereka. Walaupun ada banyak sekali perusahaan PPC Indonesia saat ini, menurut saya tidak ada salahnya mencoba KlikQ.com sebagai media promosi online, terutama bagi pebisnis yang ingin promosi murah pada bisnis online mereka. Jadi, dengan menggunakan media promosi online PPC dari KlikQ.com, Anda bisa memperluas jangkauan nasional promosi bisnis online Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan Term Of Use dari KlikQ.com karena tidak semua jenis iklan diterima oleh mereka.

2. Fasilitas Untuk Publisher

Setiap pemilik blog/ website pasti ingin mendapatkan penghasilan dari blognya tersebut. Nah, jika saat ini Anda memiliki sebuah website yang memiliki pengunjung rutin, maka tidak ada salahnya menjadi publisher di KlikQ.com. Tidak ada persyaratan khusus untuk diterima sebagai publisher di sana, yang pasti Anda harus punya website. Jika selama ini website Anda selalu ditolak oleh perusahan PPC lain seperti Google Adsense, maka mendaftar jadi publisher KlikQ.com bisa menjadi salah satu solusi untuk me-monetize blog Anda.

Untuk mendaftar jadi publisher di KlikQ.com sangat mudah, saya tidak usah jelaskan ya hehehe. Setelah Anda mendaftar, silahkan login dengan menggunakan username dan password Anda. Pada halaman utama publisher, akan terlihat beberapa tombol menu, diantaranya adalah:

  • Tempat penerbitan: Pada halaman ini kita bisa melihat jenis iklan yang sudah kita buat. Di halaman ini, publisher juga bisa melihat performa sebuah jenis iklan yang telah dibuat, misalnya jumlah klik, jumlah impressi, CTR (click trough rate), dan tentunya penghasilan yang didapatkan.
  • Tempat terbit baru: Pada halaman ini publisher bisa membuat iklan baru yang akan dipasang di website miliknya. Beberapa jenis iklan yang bisa dibuat adalah iklan banner, iklan teks, iklan pop up, dan iklan video. Saran saya, pilihlah jenis iklan yang benar-benar pas dengan layout website Anda. Selain itu, di halaman ini publisher juga bisa melihat perkiraan harga per klik sebuah iklan.
  • Export: Kita bisa mengekspor informasi performa iklan yang kita buat ke dalam sebuah file berformat excel.
  • Pembayaran: Kita bisa melihat history penghasilan yang didapatkan, penghasilan yang belum dibayarkan, dan penghasilan yang telah dibayarkan oleh pihak KlikQ.com ke rekening publisher.
  • Pesan: Dari halaman ini kita bisa menghubungi KlikQ.com terkait akun kita sebagai publisher.

Lihat tampilan halaman utama akun publisher:

Tampilan akun Advertiser dan Publisher di KliQ.com adalah dua akun yang terpisah. Jika Anda mendaftar menjadi publisher dan sekaligus advertiser, maka halaman mukanya akan berbeda satu sama lain. Jadi, kalau saat ini Anda ingin mendapatkan penghasilan dari website yang Anda kelola, maka menjadi publisher di KlikQ.com layak untuk Anda pertimbangkan. Oh ya, perhatikan TOS (Term of Use) dari KlikQ.com untuk menjaga ‘kesehatan’ akun Anda.

Oh ya, saat ini KlikQ.com juga sedang mengadakan kontes blog review bagi pemilik website. Hadiahnya lumayan lho. Total hadiahnya mencapai Rp 15 juta. Nanti akan ada 3 juara dimana tiap juaranya akan mendapatkan hadiah uang dari KlikQ.com. Artikel review terbaik 1 akan mendapat uang Rp 10 juta, artikel review terbaik 2 akan mendapat uang Rp 3 juta, dan artikel review terbaik 3 akan mendapat uang Rp 2 juta. Kalau kamu tertarik ingin ikut kontes ini, silahkan lihat keterangan lebih lanjut di Kontes Blog Review KlikQ.com. Terimakasih sudah membaca artikel saya, salam sukses buat Anda :






14 total comments on this postSubmit yours
  1. gan bagi list website iklan donk :D

  2. gan, pembayaran di KlikQ.com bisa melalui pulsa atau hanya melalui rekening bank saja??

  3. untuk mendaftar sebagai pay per clik di alamat mana ya?
    dan caranya gmana ya

    thanks

  4. bang…sudah daftar adsense sama adwords tapi kartu kredit ditolak melulu ada solusi ga……please…..

  5. sebagai publiser bisa milih iklannya ? takut iklannya gak sopan.
    mau ikutan daftar ppc ragu2 terus

  6. Mantep saya ingin ikutan PPC tapi belum bisa belum pernah dapat payout dari dulu, terims infonya ya pak

  7. mator suwon infone kang

  8. Tapi kayaknya PPC Indonesia yang lain juga banyak bro, bahkan sudah jauh lebih dulu dibandingkan dengan klikq.com. Selama ini ane jadi publisher di kumpulblogger dan lumayan juga hasilnya, walaupun per klik nya sangat kecil.

  9. Semoga kita di berikan kesempatan untuk bertemu bulan ramadan berikutnya. Selamat Merayakan Idul Fitri 1434 H. Mohon dimaafkan lahir serta bathin.

  10. Saya pengen sih coba jadi publiser, sayangnya kalau WP.com tidak bisa ikutan model beginian :( . Trus pernah ditolak jadi publisher kliksa**.com katanya trafik saya dibawah rata-rata, padahal klo liat data trafik dari WP.com trafik saya tinggi, mungkin beda sofware beda perhitungannya.

    • Oh kliksa**.com ya. Temen saya pernah bilang kalau perusahaan PPC itu kurang bagus, tp saya kurang tahu sih pastinya hehehe. Satu-satunya program PPC yang selama ini cukup berhasil untuk blog-blog saya ya Google Adsense.

      Sebenarnya trafiknya blog Nella menurut saya cukup bagus, ngeliat dari Alexa nya. Salah satu blog saya dulu, daftar Google Adsense, trafiknya hanya 300an UV per hari bisa diterima kog. Tapi ya itu, tiap perusahaan PPC punya aturan sendiri-sendiri mungkin.

  11. di Hari Lebaran ini, saya mengucapkan, selamat Hari Raya Idul Fitri 1434H, mohon maaf lahir dan bathin.

2 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud