Kincir.com ~ Startup Berkonsep Online Fans Club Milik Giring Nidji

kincir com

Semaraknya perkembangan #startup di Indonesia saat ini rupanya membuat banyak orang tertantang untuk mencoba peruntungannya. Saya sendiri mengamati bahwa geliat bisnis startup ini sekarang bukan hanya diminati oleh masyarakat biasa, namun golongan selebritas pun ternyata tak mau ketinggalan ikut menyemarakkannya.

Setelah kita ketahui bersama tahun 2002 ada aktor sekaligus suami Titi Kamal, Christian Sugiono yang membangun startup MalesBanget.com, kini giliran Giring Ganesha, vokalis grup band Nidji yang kepincut untuk merintis startup yang kemudian diberi nama Kincir.com.

Startup yang berkonsep Online Fans Club ini telah dibangun Nidji bersama tim dengan berada di bawah naungan Grup Djarum, yakni GDP Venture. Lalu seperti apakah kisah perjalanan Giring Nidji membangun startup Kincir.com ini? Berikut ulasannya.

Latar Belakang Pembentukan Kincir.com

Saat akan merintis kincir.com, Giring sudah punya segudang pengalaman dan bekal untuk membangunnya. Selain pengalaman, Giring juga merasa memiliki bakat dan kemampuan untuk bisa mengelola fans clubnya dengan baik. Berbekal hal-hal itulah dan basis fans yang dimiliki, Giring pun tak ragu untuk mulai membangunnya pada bulan Maret tahun 2013.

Giring mengakui bahwa ia membangun kincir dengan alasan karena dirinya  ingin sekali merangkul para idola agar bisa tetap besar seperti yang ada pada grup musik U2. Untuk mensukseskannya, Giring sebagai founder Kincir mengajak para artis yang memiliki fans club agar selalu aktif mengelola dan juga membawa basis penggemarnya tersebut pada hal-hal yang positif.

Artikel lain: MalesBanget.com, Startup Berisi Konten Lucu yang Berawal Dari Iseng-Iseng

Kerjasama Dengan GDP Venture

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Kincir berada dibawah naungan GDP Venture yang merupakan bagian dari Grup Djarum. Menurut Giring, peran GDP Venture dalam kincir tidak hanya membantu dalam segi #investasi, namun juga bersama-sama dengannya merancang konsep untuk membesarkan Kincir.com.

GDP yang sudah berpengalaman dalam membesarkan startup, seperti Blibli dan #Kaskus tentu sangat mengerti misi kincir.com dalam hal membangun basis fans club. Dalam kerjasamanya tersebut, Nidji dibekali tim berjumlah 12 orang oleh GDP Venture.

Meski tak menyebutkan besaran suntikan investasi yang diberikan GDP Venture, namun Giring berkomitmen lewat suntikan modal tersebut, pihaknya akan berusaha keras untuk bisa meningkatkan statistik bisnis Kincir.com.

Fitur Kincir.com

Untuk fitur dan layanan yang ditawarkan Kincir, Giring menyatakan bahwa akan ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di dalam website Kincir.com. Pertama, Para fans bisa mengetahui profil rinci sang idola bahkan bisa melakukan live chat dengan sang idola. Kedua, fans juga akan mendapat banyak informasi yang up to date seputar artis yang diidolakannya.




Hal ini disebabkan saban harinya, tim Giring akan terus memperbarui info-info terbaru dari para artis dan selebiti yang memiliki basis fans tersebut. Yang terbaru Kincir telah meluncurkan program Koleksi Idola.

Program yang diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 30 Juni 2015 kemarin menyediakan kesempatan khusus bagi para fans untuk membawa pulang barang kesayangan idola sembari mendapatkan sejumlah keuntungan lainnya. Yang jelas dengan Kincir.com, para fans alias penggemar dari musisi atau artis ternama akan bisa saling berdekatan dengan erat.

Pencapaian Kincir.com Saat Ini

Hingga saat ini Kincir.com telah berhasil merangkul setidaknya 175 musisi atau idola tanah air. Anggota fans yang telah terdaftar pun telah mencapai mencapai  177.000 member. Dari total tersebut, ada sekitar 25%-40% aktif user yang aktif dengan lama waktu akses antara 9-12 menit, tergantung program yang sedang berjalan.

Baca juga: Beberapa Artis Indonesia yg Sukses Berbisnis Online Shop

Pencapaian ini ternyata belum membuat Giring puas. Targetnya dalam akhir tahun ini, baik jumlah artis, trafik dan juga member bisa tumbuh dobel. Tahun 2016 nanti harapannya jumlah membernya dapat mencapai satu juta orang.

Selain target jumlah member, Giring juga berharap ke depan mereka bisa menggaet para presenter, pemain film, aktor/aktris untuk bisa bergabung di Kincir. Musisi yang sudah tergabung dalam Kincir.com sendiri saat ini adalah Raisa, Noah, Nidji, Payung Teduh, RAN, Cherrybelle, dan lain-lain. Demi meraih targetnya tersebut, bulan Agustus 2015 nanti akan ada #aplikasi Kincir.com di android dan akhir tahun ada di platform iOS.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud