Kickdefy.com ~ Startup Penyedia Lawan Main Futsal Secara Online

kickdefy

Olahraga futsal kini telah menjadi salah satu olahraga favorit di Indonesia. Olahraga yang terdiri dari lima orang dalam satu tim saat ini tidak hanya dimainkan oleh kaum adam saja, bahkan tak sedikit pemain perempuan juga sudah mulai menyenangi olahraga futsal ini.

Tak pelak menggeliatnya futsal membuat beberapa orang mulai kepincut untuk membuka bisnis dan usaha di seputar olahraga futsal ini. Beberapa bisnis futsal yang ada saat ini yakni penyewaan lapangan futsal serta menjual pernak-pernik futsal seperti sepatu futsal, kaos futsal dan lain sebagainya.

Perkembangan futsal yang semakin tahun semakin pesat membuat peluang usaha di bidang ini juga terus terbuka. Peluang terbaru dari olahraga futsal yang mulai menunjukkan prospeknya adalah peluang usaha melayani tim futsal dalam mencari lawan main. Kebanyakan yang terjadi di lapangan, tim futsal memang agak kesulitan dalam mencari lawan tanding. Tanpa adanya lawan tentu saja permainan futsal tak akan bisa berjalan.

Awal Pengembangan Kickdefy.com

Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Arya Damar Jayengrana dan tim untuk membuat #startup berupa website yang melayani tim futsal untuk mencari lawan main. Bersama tiga rekan lainnya, yakni Raditya Arief, Rezaldi Wibipradika, dan Agung Wicaksono pada bulan Desember 2013, Arya mendirikan kickdefy.com. Lalu seperti apakah startup yang bergerak diranah futsal bernama kickdefy ini?

Artikel lain: Update Skor Pertandingan Olahraga? Aplikasi Flashscore Jawabannya




Fitur Kickdefy

Sejumlah fitur yang telah disediakan dalam Kickdefy antara lain create match untuk menampilkan jadwal tanding (sparring). Selain create match, Arya juga melengkapi startup online ini dengan fitur direct challenge yaitu fitur yang memungkinkan user untuk mengirimkan pesan dan memberikan tantangan langsung kepada tim futsal lain yang melihat pesan tersebut.

Lain lagi dengan fitur update score yang akan memperbarui beberapa hasil pertandingan futsal yang telah difasilitasi kickdefy. Untuk fitur update score, kickdefy akan menunggu laporan hasil pertandingan yang telah divalidasi dan diklarifikasi tim tuan rumah yang membuat jadwal atau match. Nantinya tim lawan akan mengkonfirmasi kebenaran skor yang ada.

User dan Pengunjung Website

Sampai saat ini, kickdefy telah memiliki user ter-registrasi lebih dari 300 tim futsal yang umumnya berasal dari wilayah Jabodetabek. Dari jumlah tersebut, Kickdefy telah sukses mempertemukan sekitar 90 tim futsal dalam sebuah pertandingan. Selain dari user atau jumlah tim futsal yang bergabung, pencapaian kickdefy juga terlihat angka tingkat kunjungan #website (page view) yang telah mencapai 1.500 kali per bulan. Dengan angka page view ini, Arya masih berharap dalam enam bulan ke depan tingkat kunjungan bisa meningkat hingga mencapai 5.000 per bulan.

Tantangan Usaha Kickdefy

Pada awal usahanya merintis startup kickdefy, Arya harus berhadapan dengan tantangan pasar futsal yang belum memahami layanan portal online. Akhirnya mau tidak mau, Arya harus rela berkorban terjun ke lapangan untuk melakukan edukasi pasar terlebih dahulu.

Bentuk edukasi yang dilakukan Arya saat itu adalah menggelar tur ke sejumlah arena futsal untuk memperkenalkan apa itu layanan portal online dan Kickdefy itu sendiri. Tak lupa juga Arya melakukan pembicaraan dan diskusi langsung dengan para pemain atau dengan para pemilik lapangan futsal untuk memperkenalkan Kickdefy beserta layanannya.




Baca juga: 6 Jenis Peluang Usaha Untuk Pensiunan Atlet, Profesi Jadi Bisnis

Kiat Sukses Membangun Startup Futsal

Kini kickdefy sudah cukup terbilang sukses untuk sebuah startup di ranah yang relatif baru ini. Menurut tim kickdefy untuk bergerak di bisnis futsal, startup tidak cukup hanya mengandalkan modal saja. Lebih dari itu, para pelakunya juga perlu nyali dan tekad yang kuat. Hal ini dikarenakan pasar startup futsal masih belum terbentuk meski prosepek bisnis ini cukup cerah.

Menurut beberapa pakar digital, selain nyali dan tekad yang kuat, bisnis startup di ranah futsal juga membutuhkan passion dari para pelakunya. Tanpa passion yang sama di bidang futsal, startup akan sulit untuK berkembang. Salah satu kunci sukes lain untuk mengembangkan startup futsal ini adalah proses pengembangan unsur-unsur startup, seperti penyempurnaan versi, #aplikasi, serta tampilan dan fitur.



1 comment on this postSubmit yours
  1. bagaimana perkembangan terakhir aplikasi kickdefy?

    klo saya seringnya cari lawan di grup facebook aja

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud