Kian Matang Di Tahun Ke 5, AliExpress Kejar 3 Target Besar Layanan...

Kian Matang Di Tahun Ke 5, AliExpress Kejar 3 Target Besar Layanan Global

aliexpress

Sebagai perusahaan yang terus tumbuh, AliExpress tentunya tidak ingin melewatkan setiap tahunnya dengan berbagai inovasi dan pengembangan layanan. Dan bertepatan dengan moment ulang tahun yang ke-5, perusahaan retail global milik Alibaba Group tersebut menyampaikan beberapa pencapaian dan target ke depan yang ingin dicapai.

Waktu 5 tahun tentunya bukan waktu yang singkat bagi sebuah perusahaan retail produk yang bergerak secara multi negara. Secara kasat mata, ini menjadi barometer bagaimana konsistensi AliExpress dalam membantu mengembangkan sektor manufaktur di negara Tiongkok tidak hanya dalam hal pengembangan produk namun juga menjadi jembatan pemasaran yang efektif bagi ribuan produsen di negara tirai bambu tersebut.

Saat ini trend jual beli antar negara telah masuk pada era baru yang lebih besar. AliExpress sebagai salah satu bagian di dalamnya merasa bahwa ini bukan hanya potensi besar bagi produsen. Terlebih bagi konsumen global ini merupakan gerbang awal kemudahan pemenuhan kebutuhan, tanpa harus terbatas tempat dan waktu.

Artikel lain: Gandeng UCWeb, AliExpress Siap Lebarkan Sayap via Jaringan Mobile Global

Perkembangan Minat Konsumen Sebagai Fokus Pelayanan

AliExpress sadar betul bahwa masuk pada pasar global berarti harus mampu memahami karakter, trend, dan apa yang dibutuhkan oleh konsumen seluruh dunia. Tidak seperti perusahaan ritel nasional atau lokal yang cukup terfokus pada kultur konsumen yang homogen, pasar global menyajikan tantangan yang jauh lebih besar dalam hal memahami konsumen.

Namun justru tantangan inilah yang menjadikan AliExpress salah satu perusahaan ritel global terbesar saat ini. AliExpress yakin selera dan kebutuhan konsumen dunia yang dinamis mampu diubah menjadi fokus utama pelayanan mereka. Tujuan utamanya yakni selain menjadi penyalur yang potensial bagi produsen dan supplier lokal, AliExpress juga harus menjamin kepuasan pembeli di seluruh dunia.

Untuk mencapai semua itu, bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-5 AliExpress menyampaikan 3 target besar yang akan di capai dalam beberapa waktu mendatang.

Memperluas Jangkauan Pasar Produsen

Sebagai “gudang”nya pabrik aneka produk, Tiongkok tentunya mempunyai peran yang amat besar bagi pemenuhan kebutuhan konsumen global. Namun selama ini hal tersebut nampaknya masih menjadi ranah dominasi perusahaan besar saja. Bahkan tak jarang para pekerja lokal tidak faham tentang produk yang dibuatnya.

Fakta inilah yang ingin dirubah oleh AliExpress. Nantinya diharapkan akan semakin banyak produsen lokal di Tiongkok mampu memasarkan produknya sendiri dalam skala global tanpa harus kesulitan dengan berbagai prosedur penjualan. Karena AliExpress meyakini bahwa produk asli Tiongkok sendiri mempunyai potensi besar terutama bagi target konsumen yang menginginkan produk dengan harga yang lebih kompetitif.

Sebagai bukti keseriusan mereka, belum lama ini AliExpress bersama produsen perangkat telekomunikasi ZTE sukses merilis sebuah produk smartphone yakni ZTE Blade S6 Smartphone. Hingga masa promosi 10 Februari lalu, order yang telah diterima AliExpress mencapai 11,380 pesanan yang berasal dari berbagai negara termasuk Jerman, Spanyol, Italia serta Rusia. Yang menarik adalah, ternyata 80 persen dari pembeli produk tersebut adalah konsumen yang baru saja bergabung ke dalam jaringan AliExpress.

Ini menjadi bukti nyata bagaimana AliExpress mampu menjadi sarana penjualan yang efektif untuk produk lokal. Tidak hanya itu, nilai tambah layanan AliExpress juga nampak dari terjalinnya komunikasi antara konsumen dengan produsen. Selama proses transaksi tak jarang terdapat konsumen yang menyampaikan masukan atau keluhan kepada pihak produsen. Tanggapan konsumen tersebut tentunya sangat berharga bagi produsen untuk pengembangan produk ke depan.

Layanan Pengiriman yang Lebih Cepat

Target yang akan segera diwujudkan AliExpress berikutnya adalah memberikan layanan pengiriman barang yang lebih cepat. Waktu pengiriman dari negera asal menuju negara tujuan telah menjadi masalah besar yang harus dihadapi perusahaan ritel berskala global. Namun AliExpress kini telah mengembangkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Ke depan, AliExpress sudah menyiapkan kerjasama dengan beberapa perusahaan logistik di Tiongkok. Tujuannya yakni agar produk-produk AliExpress dapat ditempatkan di gudang perusahaan logistik di beberapa negara tujuan. Berikutnya AliExpress juga akan menjadi perantara dari produsen skala kecil dengan penjual grosir internasional yang telah mempunyai warehouses untuk menampung produk di negara tujuan.

Ini tentu menjadi solusi efektif bagaimana mengantarkan produk pada konsumen lebih cepat disamping mendatangkan keuntungan lain bagi semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut.

Baca juga: UC Browser 10.3, Rasakan Pengalaman Browsing Seru dengan Fitur Terbaru

Ekspansi Belanja via Mobile Devices

Seiring dengan makin berkembangnya potensi jaringan mobile, AliExpress juga tak ingin ketinggalan dengan mengupgrade #aplikasi mobile AliExpress agar semakin mempemudah konsumen yang ingin bertransaksi menggunakan perangkat mobile-nya. Dalam versi terbaru 4.0, aplikasi AliExpress mempunyai user interface yang lebih intuitif dan telah support berbagai bahasa berbeda.

Selain itu pengembangan lain juga ditunjukkan AliExpress melalui kerjasama dengan perusahaan UC Web yang juga termasuk ke dalam Alibaba Group. Dari kerjasama ini, AliExpress akan menggunakan layanan UC Union yang dikembangkan UC Web. Dengan jaringan mobile UC Union yang luas, diharapkan aplikasi AliExpress bisa semakin dikenal dan digunakan utamanya di beberapa negara potensial seperti Amerika Serikat, Russia, Indonesia, serta Amerika Latin.

Demikian beberapa target besar yang ingin dicapai perusahaan retail global AliExpress dalam waktu dekat. Menatap masa depan, AliExpress mempunyai visi untuk mewujudkan proses jual beli antar negara yang efektif, mudah dan tentunya dengan biaya yang lebih murah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan