Ketentuan Untuk Mendapat Modal Usaha dari Venture Capital

Mendapat-Modal-Usaha-dari-Venture-Capital

Banyak hal yang sering kita pertimbangkan ketika memutuskan untuk memulai sebuah bisnis. Salah satu diantaranya adalah masalah modal. Kekurangan modal materiil mungkin saja membuat kita tak berani melangkah mengambil keputusan bisnis yang besar. Padahal bila kita bisa mengelola bisnis secara efektif dan maju, kendala modal bukanlah hal yang besar sebab kita bisa meminjamnya dari investor.

Salah satu lembaga investor yang mampu memberikan pinjaman untuk berbagai #startup bidang teknologi adalah Venture Capital. Venture Capital tak segan memberikan suntikan modal bagi kita supaya bisa mengembangkan bisnis secara lebih baik lagi. Namun untuk mendapatkan bantuan modal dari lembaga seperti Venture Capital bukan tanpa persyaratan.

Untuk rekan-rekan yang mungkin tertarik mempelajari permodalan Venture Capital, berikut ini beberapa ketentuan yang harus kita penuhi agar bisa menerima modal usaha dari Venture Capital:

Artikel lain: Teliti Berinvestasi dan Berbisnis dengan Konsep Crowdfunding

1. Pasar yang Besar

Ketersediaan pasar yang besar dapat membantu pebisnis mengembangkan bisnis secara lebih maksimal sehingga perhitungan margin profit pun bisa dimaksimalkan. Oleh karena itu jenis usaha dengan pasar yang besar akan lebih memudahkan kita diterima oleh Venture Capital.

2. Pelanggan yang Loyal

Sebuah bisnis yang baik hendaknya harus memiliki pelanggan yang loyal dan bisa membeli produk bisnis kita secara cepat dan banyak repeat order.

3. Memberikan Apa yang Pelanggan Butuhkan

Pelanggan tentu ingin kita memberikan pelayanan dan solusi terbaik bagi suatu masalah sehingga fokus dan tujuan yang kita buat akan memberikan keuntungan dan mengutamakan kepentingan pelanggan.

4. Fokus Pada Suatu Produk

Fokus pada suatu produk yang akan dikembangkan adalah nilai kekuatan sebuah bisnis.




5. Bisa Menghemat Pengeluaran

Bisnis yang baik tentunya harus mampu menghemat pengeluaran dan memprioritaskan hal-hal penting terlebih dahulu.

6. Cekatan dan Tepat Sasaran (Agility)

Bisnis yang baru dimulai tentu harus lebih cekatan dan tepat sasaran agar bisa mengungguli kiprah perusahaan besar.

7. Bertindak Disiplin

Sebagai pihak yang merintis bisnis baru, keterbatasan modal dan sumber daya memaksa kita harus lebih disiplin dalam menjalankan bisnis tersebut.

Tak hanya mengenai ketentuan tersebut, berbagai kriteria lainnya juga sering digunakan untuk menentukan apakah suatu bisnis layak diberi bantuan modal atau tidak. Kriteria yang sering digunakan oleh beberapa lomba business plan antara lain:

A. Tim yang Solid

Butuh tim yang solid dengan perintis bisnis yang memimpin perjalanan bisnis tersebut. Bila sang perintis memang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang bisnis yang ditekuni, hal ini bisa memberi pengaruh positif bagi kepercayaan yang akan diberikan pihak investor. Tak hanya sebatas perintis bisnis yang berpengalaman, sang perintis tersebut sebaiknya juga memiliki partner yang mendukung di bidang bisnis tersebut.

B. Keunikan Ide yang Dikembangkan

Ide yang dikembangkan oleh suatu bisnis harus bersifat orisinal, baru dan mampu menjawab kebutuhan para pelanggan. Sehingga perencanaan bisnis tak hanya efektif bila dilakukan di masa kini tapi juga punya prospek yang cerah di masa mendatang.

C. Menjangkau Banyak Target Pasar

Target pasar yang begitu besar akan memberikan kesepatan bagi suatu bisnis untuk berkembang dan memperkenalkan produknya. Sebab bisnis harus berkembang secara pesat dan mengikuti selera serta permintaan pasar. Menjadikan promosi bisnis sebagai salah satu sarana untuk mencapai target yang lebih besar bisa menjadi keunggulan bagi perkembangan bisnis kita.

Mengumpulkan modal secara mandiri atau bootstrap memang akan memberikan suatu kepuasan tersendiri bagi kita. Sehingga kita bisa menuangkan idealisme demi mewujudkan impian bisnis yang ingin kita bangun. Meski memperoleh modal dari Venture Capital kelihatannya mudah, tapi bukan berarti hal tersebut membuat kita mundur dari pekerjaan full time yang kita geluti. Karena pihak Venture Capital akan berusaha menilai bisnis kita secara lebih detail dan seksama. Persaingan untuk mendapatkan dijalankan dengan begitu ketat.

Baca juga: 4 Modal Penting dalam Membangun Bisnis

Sudah siap jadi pebisnis sukses yang menerima modal dari pihak investor? Siapkan diri dari sekarang agar sukses kita tak cuma sebatas jadi impian!



1 comment on this postSubmit yours
  1. yup setujuh biasanya modal merupakan kendala utama, cuman banyak juga dari berbagai pihak menggulirkan dana hibah untuk kita mendapatkan modal seperti kemenkop, menpora mandiri. saya sendiri juga pernah memenangkan dana hibah dari kemenkop. sekedar share dana hibah yang sangat wooh

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud