Ketahui Untung Rugi Jualan Online Via BBM (BlackBerry Messenger)

Ketahui Untung Rugi Jualan Online Via BBM (BlackBerry Messenger)

Jualan-Online-Via-BBM-BlackBerry-Messenger

Ada banyak cara yang kini bisa dipilih pebisnis untuk memasarakan produk atau jasanya. Selain menggunakan cara lama seperti tatap muka, presentasi atau kegiatan lain yang bertipe offline, kini para pebisnis juga dapat menempuh jalur #online marketing yang kini sudah marak sejak awal tahun abad ke-21. Online marketing pun memiliki banyak pilihan untuk dijadikan senjata penjualan, ada website, media sosial dan instant messaging. Dari ketiganya Anda juga masih dapat memilih satu diantara banyak dari jenis website, media sosial dan instant messaging.

Salah satu intant messaging yang sering kali dijadikan media promosi dan berjualan adalah BBM (BlackBerry Messeger). Meski kini smartphone BBM tak lagi berjaya, namun pesan instan ini ternyata justru masih banyak yang memiliki dan menggunakannya. Hal ini dikarenakan #aplikasi BBM ini sekarang sudah hadir dihampir semua platform smartphone seperti Android, iOS dan windows phone. Maka dari itu para pebisnis pun masih tak bisa begitu saja meninggalkan aplikasi yang ditemukan oleh Garry Klassen ini.

Namun seperti media pemasaran yang lain, BBM juga memiliki kelebihan dan kekurangan untuk Anda jadikan sarana berpromosi dan berjualan. Lalu seperti apakah kelebihan atau keuntungan serta kekurangan atau kerugian berjualan lewat instant messaging BBM? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Tips Memaksimalkan Aplikasi BBM untuk Keperluan Bisnis Anda

A. Keuntungan BBM Untuk Jualan Online

1. Promosi Cepat Lewat Update Status

Dari sekian banyak media online dan pesan instan lainnya, mungkin hanya BBM yang memiliki intensitas update status paling tinggi. Kemudahan dalam membagi status lewat BBM memang harus diakui membuat aplikasi ini selalu menjadi pilihan. Bagi para pebisnis, dengan adanya fitur cepat berbagi status ini akan semakin memudahkan dirinya untuk bisa segera mengupdate produk atau jasa yang dimilikinya.

Segera setelah Anda mengupdate informasi apapun di BBM, orang-orang dijaringan Anda akan segera meresponnya dengan memberikan komentar tertentu. Tips untuk dapat membuat orang-orang dijaringan Anda merespon apa yang Anda cantumkan dalam status adalah gunakan kata-kata dan gambar yang menarik. Tanpa hal itu status promosi Anda hanya akan tak akan berarti apa-apa.

2. Grup BBM Untuk Jalin Retensi

Fitur lain yang dimiliki BBM adalah grup BBM. Jika Anda memutuskan untuk jualan online via BBM maka Anda harus memanfaatkan fitur ini. Buatlah grup dari para para pelanggan Anda untuk membuat retensi atau hubungan baik dengan para pelanggan Anda.

Buatlah grup BBM Anda ini sebagai sarana silaturahmi, komunikasi dan wadah penampung keluh kesah tentang apapun yang terkait produk Anda.Anda tak boleh membatasi grup ini dengan aturan-aturan yang terlalu mengikat, malahan Anda justru harus lebih terbuka. Dengan fitur grup BBM ini, Anda juga bisa jadikan sebagai media update produk dan layanan dari bisnis Anda.

3. Manfaatkan Indikator Perpesanan

Salah satu hal yang membuat BBM masih menjadi primadona pesan instan adalah adanya indikator perpesanan seperti pesan terkirim, pesan terbaca atau pesan tidak terkirim. Bagi pebisnis online, indikator perpesanan yang ditandai dengan kode-kode tertentu ini harusnya bisa Anda jadikan patokan atau standar sejauh mana efektivitas promosi Anda.

Maksudnya adalah jika Anda menemukan bahwa informasi yang Anda bagi sudah muncul indikator terbaca dengan kode R, namun si pembaca masih tak merespon, itu artinya kemungkinan besar orang tersebut tak tertarik. Maka anda harus segera memperbaiki cara berpromosi Anda agar dapat lebih dapat menarik konsumen.

B. Kerugian BBM Untuk Jualan Online

1. Berhati-hatilah Dengan Pesan Siaran (Broadcast)

Jika Anda salah satu orang yang sering kali melakukan promosi jualan online via BBM dengan fitur broadcast, maka mulai sekarang Anda perlu berhati-hati. Memang meyenangkan berpromosi cepat dengan fitur broadcast ini, namun jangan salah broadcast yang seringkali diangap mengganggu bagi banyak pengguna BBM justru akan membuat bumerang bagi bisnis Anda. Dihapusnya Anda dari kontak BBM bisa jadi hal yang akan menimpa Anda.

Baca juga: Download Aplikasi BBM for Android

2. Terlalu Mudah Hilangnya Konsumen

Kelemahan atau kekurangan dari pesan instan BBM berikutnya adalah terlalu mudahnya Anda kehilangan calon konsumen. BBM yang membuat standar pin untuk saling berteman memang menjadi kendala tertentu jika sewaktu-waktu ada dari konsumen Anda yang ganti smartphone atau memformat ulang ponsel pintarnya yang mengakibatkan pin BBM terhapus dan menghilang dari kontak Anda.

Berbeda dengan pesan instan lain seperti WhatsApp yang memakai standar nomor handphone untuk berteman, dan bisa selalu terlacak meski ganti smartphone-nya atau diformat ulang. Selain itu, Whatsapp tidak menerapkan iklan pada aplikasi messenger mereka sehingga membuat para pengguna merasa lebih nyaman.

4 KOMENTAR

  1. cara nge back up data kontak gmn pak? newbi nih… hehe

  2. Resep Masakan Indonesia

    ternyata ada untung ruginya juga ya..

  3. sebaiknya dilakukan back up kontak seminggu sekali,jadi jika ada pin yang kedelete atau hp kontak terfomat bisa di reinvited

  4. Tips Agar Hidup Bahagia

    btw tips yang satu ini udah saya lakukan nih sob, dan saya tidak perlu khawatir di delete kontak karena pesan siaran atau broadcast karena yang invite saya hanya orang-orang yang minat dengan bisnis saya. :D

Tinggalkan Balasan