Ketahui Beberapa Trik Ini Agar Embed Video Youtube Makin Maksimal

cara embed video youtube

Bagi rekan-rekan blogger, tentu sebagian sudah pernah ada yang mencoba meng-embed (memasang) video dari Youtube ke dalam posting kita. Nah seperti juga yang diterapkan di beberapa artikel Maxmnaroe, adanya video dapat memberikan beberapa manfaat seperti menjadi artikel kian menarik dan yang pasti informatif.

Dan nyatanya kini mencari video untuk mendukung konten artikel kita tidaklah sulit. Tanpa harus membuat video secara mandiri, kita bisa menjadi video terkait di situs berbagai video seperti #Youtube atau Vimeo. Dengan langkah embedding yang relative mudah kita sudah bisa mencangkokkan video tersebut ke dalam konten blog atau website kita.

Artikel lain: Mengintip 5 Fitur YouTube yang Tak Banyak Diketahui, Cobalah!

Nah terkait proses “pencangkokan” #video tersebut atau yang dikenal dengan istilah embendding, ternyata ada beberapa trik yang belum banyak diketahui para blogger. Apa sajakah trik tersebut? Berikut ulasannya.

Sekilas Tentang  Cara Embed Video Youtube

Sebelum masuk ke pembahasan utama, tentu ada beberapa rekan yang belum faham bagaimana cara melakukan embed video Youtube. Caranya sangat sederhana, setelah Anda memilih video yang akan di embed, lalu klik pada tombol Share yang ada di bagian bawah video.




Setelah itu akan muncul 3 opsi lagi yakni Share, Embed dan Email. Pilih tombol Embed lalu di bagian bawah akan muncul deretan code yang bisa kita coba dan langsung paste ke laman html posting kita. Contoh kode yakni seperti ini:

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/abcdefghij” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

Di sana kita bisa melihat beberapa informasi utama yakni ukuran standart (560×315) serta link video. Nah barisan kode inilah yang nantinya bisa kita utak-atik untuk dimaksimalkan sesuai dengan beberapa tips berikut ini:

1. Memutar Video Dimulai Dari Waktu Tertentu

Ketika kita ingin memasukkan video pada konten blog, ada kalanya kita menemukan video yang pas namun hanya pada bagian tertentu saja, tidak semuanya. Kita bisa melakukan setting agar nantinya video yang terpasang, ketika diputar akan dimulai dari waktu atau detik tertentu yang sudah kita tentukan.

Caranya ternyata cukup mudah yakni dengan menambah kode  &start= diikuti angka pada detik berapa kita akan memulainya. Sebagai contoh kita ingin mulai dari menit ke 3 , maka kode yang ditulis yakni  &start=”180” (angka di beri tanpa petik), ini karena 3 menit sama dengan 180 detik. Jadi fokuslah pada detiknya bukan menit.




Setelah itu tempatkan kode tersebut tepat dibelakang url video, contoh lengkapnya

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/abcdefghij” &start=”180” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

2. Menghilangkan Related Video

Ketika sebuah video Youtube yang kita tonton telah selesai, terkadang akan muncul beberapa video lain dalam bentuk kotak kecil, inilah yang disebut video terkait. Nah tak jarang pula, kadang video terkait  tersebut nyatanya tidak mempunyai hubungan dan cukup mengganggu ketika anda meng embed nya pada posting blog.

Untuk menghilangkan fitur tersebut bisa dilakukan dengan cara menambahkan kode sederhana yakni ?rel=”0” setelah kode url video. Jadi tampilan lengkap kode embednya menjadi seperti ini:

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/abcdefghij” ?rel=”0” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

3. Menampilkan Kualitas Video High Definition

Tips selanjutnya yakni jika kita ingin video yang kita embed pada konten blog bisa berputar dalam kualitas tinggi alias HD. Ketika memasang video berkualitas HD, konsekuensinya tentu video akan berjalan lebih berat (tergantung koneksi internet). Namun di sisi lain kita tentu ingin memberikan sajian konten yang berkualitas bukan. Apa lagi tak jarang buruknya kualitas video akan menyulitkan visitor menikmati dan mencerna informasi dari video tersebut.

Nah secara default, video yang kita embed akan ditampilkan dengan kualitas 360p. Dan kita bisa mengubahkan menjadi 480p, 720p, hingga kualitas tinggi 1080p. Namun saran saya adalah gunakan kualitas 720p saja, mengapa? Karena kualitas tersebut memberi tampilan yang sudah cukup jelas namun tidak terlalu memberatkan proses loading.

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan Umum Saat Membuat Video Iklan Di Youtube

Untuk mengubah kualitas video, kita menambahkan barisan kode di bawah ini disesuaikan dengan kualitas yang di inginkan. Letakkan kode tersebut tepat setelah kode url video

Kualitas  480p =                 ?rel=”0”&vq=”hd480”

Kualitas  720p =                 ?rel=”0”&vq=”hd720”

Kualitas 1080p =                ?rel=”0”&vq=”hd1080”

Sebagai contoh ketika ingin memutar video dengan kualitas 720p, kodenya yakni seperti ini

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/abcdefghij” ?rel=”0”&vq=”hd720” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

Demikian informasi tentang beberapa tips yang bisa diterapkan dalam proses embed video Youtube. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. related videos dan start from sudah ada menunya di youtube bang max. kalo bisa tambahin cara agar thumbnail youtube terlihat di posting sama responsive youtube bang max. itu kendala terahir yang saya alami pas embed dari youtube.

  2. Anu suhu, bisakah dijadikan “no follow” video nya?

    Gimana solusinya agar blog kita yg embed video tidak memberikan outbound link?

  3. Bang Max,

    Ane mau tanya gimana caranya ambil video di sales letter produk clickbank trus di taruh di youtube dengan link affiliasi kita.

    Trims jawabannya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud