5+ Kesalahan yang Dapat Merusak Karir Anda, Jangan Dilakukan

Kesalahan yang Bisa Merusak Karir

Kesalahan yang Bisa Merusak Karir – Sebagai seorang karyawan yang sedang meniti karir, hendaknya Anda harus bersikap selalu berhati-hati. Jangan sampai Anda membuat kesalahan fatal yang kemudian berakibat buruk pada perjalanan karir Anda.

Pada umumnya, yang sering kita perhatikan adalah kesalahan yang berhubungan dengan pekerjaan dan tugas kantor. Jarang kita memperhatikan kesalahan-kesalahan pribadi kita yang kita lakukan.

Memang tidak berhubungan langsung, namun ada beberapa kesalahan pribadi yang bisa sangat berpengaruh dan bahkan bisa merusak karir atau promosi Anda lho.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang bisa merusak karir yang biasanya tak kita sadari yang berpotensi mengganggu promosi Anda.

  1. Sering Menggunakan Sapaan Informal Tanda Anda Kurang Profesional

Harus Anda perhatikan betul ini, karena ini sangat sering terjadi. Meski misalanya Anda sudah begitu akrab dengan teman kerja Anda, usahakan tetap menjadi profesional.




Apalagi jika Anda sedang menghadapi klien, sangat dianjurkan untuk tetap menyapa rekan kerja atau tim kerja dengan sapaan formal. Kecuali Anda sedang tidak bekerja, atau di luar kantor, Anda bisa bebas dalam menyapa rekan atau sahabat Anda.

Ternyata ini sangat berpengaruh terhadap pandangan orang lain terhadap attitude Anda. Dan, perusahaan pun tentu akan melihat Anda sebagai seorang yang tidak profesional dalam mengerjakan tugas jika melakukan hal ini.

Artikel lain: 7 Tanda Karyawan Akan Dipecat Dari Tempat Kerja, Bersiaplah!

  1. Cepat Puas Setelah Menyelesaikan Satu Pekerjaan

Anda boleh puas karena bisa menyelesaikan satu proyek misalnya. Namun jangan sampai keadaan tersebut membuat Anda terlena. Karena bagaimanapun juga, tugas yang lain dan mungkin lebih besar siap menunggu Anda.

Apapun prestasi yang sudah Anda capai, jangan cepat puas. Merayakan keberhasilan tidak dilarang, namun ketika Anda terlalu berlebihan, maka akan menjadi masalah pada karir Anda.

Perayaan yang berlebihan bisa jadi akan membuat Anda terlena dan justru kemudian melupakan tugas Anda yang lain sehingga menjadi terbengkalai. Ketika sudah selesai dengan tugas yang satu, maka segera persiapkan untuk tugas yang lainnya. Atau istirahat barang sejenak, baru kemudian melanjutkan tugas yang lainnya.




  1. Meremehkan Reputasi Diri Sendiri Bikin Karir Mandek

Ini semacam penyakit kronis yang sering diderita oleh banyak orang. Sering kali kita meremehkan kemampuan diri sendiri, padahal masing-masing individu memiliki kelebihan dan kemampuan yang tidak dimiliki orang lain.

Ketika Anda mulai meremehkan diri sendiri, maka Anda akan tenggelam, bukan oleh orang lain, melainkan oleh diri Anda sendiri. Apapun posisi Anda saat ini, terima saja semuanya dengan rasa syukur.

Jangan mengeluh apalagi menyesalinya. Akan lebih baik jika energi sesal Anda digunakan untuk memotivasi diri sendiri agar lebih semangat lagi dalam menggapai karir.

  1. Kesalahan yang Bisa Merusak Karir ketika Kurang Rapi

Meski ini berhubungan dengan sifat seseorang, namun ini juga sangat berpengaruh terhadap karir Anda. Ketika Anda membiarkan meja kerja di kantor berantakan, tidak pernah rapi, maka ini akan mempengaruhi penilaian kepada Anda.

Anda akan dianggap sebagai orang yang berantakan, dan, tak jarang juga akan dianggap berantakan juga pekerjaannya. Perilaku atau kebiasaan buruk ini sebaiknya segera Anda benahi sedikit demi sedikit agar perjalanan karir Anda lancar tanpa hambatan.

Mulailah dari yang kecil-kecil saja, rapikan file-file Anda di meja kerja. Sediakan wadah khusus untuk menaruh barang-barang seperti bolpoin, kertas catatan, mapun barang-barang yang lainnya. Ini untuk memudahkan Anda mencarinya ketika sewaktu-waktu membutuhkan.

  1. Terlalu Sering Mengumbar Masalah Pribadi

Percaya atau tidak, hal ini ternyata juga bisa mempengaruhi perjalanan karir Anda di kantor. Kenapa, karena jika setiap saat yang Anda lakukan di kantor hanya menceritakan diri sendiri saja, maka Anda akan terlihat tidak profesional.

Bukan saja di mata teman kerja, namun atasan dan perusahaan Anda pun tentunya juga demikian. Jika memang ingin menyampaikan masalah pribadi, bicarakan yang umum saja dan jangan dilakukan setiap hari. Karena masalah pribadi seharusnya diselesaikan secara pribadi juga.

Jangan biarkan diri Anda tidak profesional hanya karena membicarakan masalah pribadi seperti ini. Ingat, Anda adalah seorang karyawan yang selalu dituntut untuk bekerja secara profesional oleh perusahaan.

  1. Perilaku Negatif di Media Sosial Bisa Merusak Karir

Media sosial (Facebook, Twitter, dan lainnyay) seringkali digunakan dengan cara yang salah, termasuk mereka para pekerja ataupun yang sedang mencari lowongan pekerjaan. Kebiasaan mengeluh, memposting status dan komentar negatif, mengirim foto yang tidak baik, dan kegiatan negatif lainnya, semua ini bisa merusak karir Anda.

Mungkin Anda tidak terhubung dengan atasan atau rekruter di media sosial, tapi jejak digital pasti mudah ditemukan. Dan bila selama ini Anda sering memposting hal-hal yang buruk di media sosial, sebaiknya hentikan dan hapus karena bisa berpengaruh pada karir Anda.

Baca juga: 6 Tanda Atasan Tidak Menyukai Anda, Waspadalah

  1. Tidak Mengetahui Peraturan Perusahaan

Ini adalah kesalahan yang bisa merusak karir dengan tiba-tiba, bagaimana mungkin kita bekerja di sebuah perusahaan tapi tidak tahu peraturan di perusahaan tersebut. Pastikan Anda mengetahui dan mengikuti peraturan perusahaan tempat Anda bekerja, apalagi sekarang ini banyak perusahaan memperhatikan akun media sosial karyawan mereka.

Karyawan adalah ‘wajah’ dari perusahaan tempat Anda bekerja. Ketika karyawan melakukan hal baik atau buruk yang membawa nama perusahaan maka hal tersebut akan berpengaruh pada reputasi tempat kerja Anda.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Nomor 5 kadang sering kelupaan dan keceplosan hehehr

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud