Kesalahan Sederhana Di Media Sosial Bisa Berakibat Buruk Pada Karir Anda

dampak media sosial

Image dari Forbes.com

Saat ini, orang tak hanya bersosial dengan langsung bertemu muka saja, namun dengan adanya media sosial, orang dimungkinkan berinteraksi meski tanpa bertemu secara langsung. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan media sosial, namun tentu saja Anda perlu bersikap bijak menggunakan #media sosial.

Perlunya kontrol dalam membuat status, memberikan komentar ataupun membagikan konten tertentu melalui media sosial tetap harus Anda jaga. Karena jika tak hati-hati, kesalahan sederhana yang dibuat di media sosial bisa jadi mempengaruhi perkembangan karir Anda sendiri.

Ada beberapa kesalahan sederhana yang sering dilakukan seseorang melalui akun media sosialnya. Dan seringkali mereka tidak sadar dengan apa yang ia lakukan tersebut sangat berpengaruh terhadap karir nya. Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang sering dibuat melalui media sosial yang berpotensi memberikan pengaruh negatif pada karir seseorang.

1. Menceritakan Proses Wawancara Kerja Di Media Sosial

Proses wawancara kerja sebenarnya bukanlah sebuah proses yang boleh disebar luaskan kepada banyak orang. Apalagi jika Anda memposting segala informasi mengenai wawancara kerja yang sudah Anda lakukan melalui media sosial, itu bukanlah sesuatu yang bagus. Ini sering kali terjadi karena saking senangnya seseorang bisa melalui tes wawancara kerja dengan baik lalu membuatnya hilang kontrol dan mengumbar semua informasi terkait wawancara.

Ada dampak buruk yang bisa terjadi ketika Anda melakukan hal ini. Bisa saja perusahaan menganulir keputusan menerima Anda sebagai pegawai karena apa yang telah Anda lakukan dengan menyebarkan informasi terkait wawancara kerja tersebut.




Artikel lain: 5 Cara Beretika Menghadapi Perdebatan di Media Sosial

2. Melakukan Kebohongan Tentang Keberadaan

Ini saya kira kerap dilakukan oleh siapapun, padahal hal ini sangat riskan sekali dilakukan oleh seorang pekerja atau karyawan perusahaan. Contoh sederhana adalah, ketika Anda misalnya membuat status “menikmati kopi pagi di pinggir pantai” padahal Anda sebelumnya izin tidak masuk karena sakit.

Apalagi dengan menambahkan foto otentik Anda yang tengah menikmati kopi di pinggir pantai, sangat berbahaya untuk masa depan karir Anda. Jadi sebaiknya Anda harus mampu melakukan kontrol pada diri Anda sendiri terkait bagaimana cara yang bijak menggunakan media sosial.

3. Mengkritik Melalui Media Sosial

Beragam fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan media sosial, baik buruknya tergantung Anda sendiri sebagai pengelolanya. Usulan bahkan sampai kritikan pun bisa diungkapkan melalui media sosial. Namun percayalah, kritikan atau usulan yang Anda sampaikan melalui media sosial itu bukan sesuatu yang positif.

Ada baiknya jika memang Anda memiliki uneg-uneg, sampaikan saja dengan profesional pada perusahaan. Jangan mengkritik atau membicarakan perusahaan Anda di ruang publik, itu membuat Anda akan dinilai sebagai orang yang tidak profesional oleh perusahaan, dan itu bisa membuat karir Anda menjadi terhambat.




4. Komentar Pedas Menjurus SARA

Memang berkomentar atau berstatus melalui media sosial adalah hak dan kebebasan Anda. Namun jika Anda menggunakannya tanpa kendali maka Anda sendiri yang akan kena akibatnya. Membuat atau memberikan komentar pedas bahkan sampai menjurus SARA, sangat berbahaya. Itu akan pasti akan menjadi penilaian negatif dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Kebebasan berpendapat memang dijamin oleh negara, namun menyampaikan pendapat dengan cara yang baik tentu akan lebih mencerminkan kapasitas dan kemampuan Anda sendiri. Berpendapat dengan cara negatif hanya akan menunjukkan seberapa cekak otak Anda. So, berhati-hatilah ketika berpendapat melalui media sosial.

Baca juga: Cara Bijak untuk Menangani Kritik di Media Sosial

5. Melakukan Provokasi Untuk Hal Negatif

Kadang memang kita tidak senang dengan kebijakan dari perusahaan, namun jangan sampai mengajak teman kerja lain untuk melakukan hal-hal negatif pada perusahaan. Apalagi mengajak melalui media sosial yang tentunya akan diketahui oleh banyak orang, itu buruk sekali.

Ada baiknya jika Anda berdiskusi dengan cara yang elegan dengan perusahaan Anda. Berpikirlah yang bijak dan jangka panjang, jangan berpikir karena emosi sesaat saja. Cara berdiskusi dan dengar pendapat lebih bisa mendinginkan suasana untuk bisa menghasilkan kebijakan yang lebih baik.

Itulah beberapa kesalahan dari penggunaan media sosial yang perlu Anda antisipasi. Usahakan jangan sampai Anda melakukan hal itu semua.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud