Keripik Lampung, Bisnis Kuliner yang Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Keripik-lampung-Bisnis-Kuliner

Oleh-oleh apa yang bisa kita temui di seluruh penjuru Indonesia? Tentu jawabannya sangat beragam, ya. Tergantung dari kota mana yang sedang kita singgahi. Membawa oleh-oleh berupa makanan biasanya menjadi hal yang paling digemari saat berkunjung ke sebuah kota. Hal ini tentu tak mengherankan mengingat Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki oleh-oleh makanan khas, termasuk kota Lampung.

Kota Lampung sangat terkenal dengan komoditas buah pisang yang melimpah. Hal ini yang membuat banyak bisnis kuliner yang mengandalkan olahan pisang menjamur di seantero Lampung. Dari sekian banyak #bisnis kuliner olahan pisang tersebut, Keripik-lampung.com adalah salah satu yang diolah secara profesional dan modern.

Awal Berdirinya Keripik-lampung.com

Keripik Lampung merupakan hasil gagasan cemerlang seorang pemuda bernama Muhammad Solihin. Menamatkan pendidikan di bidang pertanian tak lantas membuat Solihin terpaku untuk menjalankan karir sesuai dengan latar belakang pendidikannya tersebut. Hobi browsing yang dimilikinya lantas digunakan untuk mulai membuka warnet dan bisnis game online.

Artikel lain: Keripik Tempe Mafia, Sukses dari Bisnis Tempe yang Sederhana dan Merakyat

Ide untuk memasarkan keripik pisang khas Lampung justru datang saat Solihin memperhatikan area sekitar tempat tinggalnya, yang berlokasi di Jalan Pagar Alam. Kala itu, jalan Pagar Alam menjadi salah satu sentra produksi keripik pisang khas Lampung. Meski menjadi sentra penghasil kuliner khas Lampung, namun ternyata belum ada satu pun produsen keripik pisang yang memasarkan produknya secara online.

Berbekal semangat untuk berinovasi dan modal sebesar Rp 500.000, Solihin lantas memberanikan diri untuk membeli domain dan hosting sebagai langkah awal untuk mulai memasarkan keripik pisang secara online. Pengetahuan dan bisnisnya di bidang warnet membuat Solihin cukup optimis untuk mulai merintis bisnis keripik pisang online tersebut.

Perkembangan Bisnis tak Selalu Berjalan Mulus

Mulai merintis bisnis online ternyata tak semudah apa yang Solihin bayangkan. Ia harus mulai belajar kembali untuk mempergunakan domain dan hosting yang sudah dibeli. Belum lagi banyak kendala lain dalam memasarkan produknya, misalnya proses kerjasama dengan para produsen keripik pisang, masalah stok produk, serta masalah pembukuan.

Namun berbagai kendala yang dihadapi tak membuat pria kelahiran 31 Desember 1980 ini patah semangat. Berbagai kendala tersebut membuat Solihin semakin giat belajar untuk menghadapi persaingan dan bermacam-macam masalah dalam #bisnis online.

Kini Solihin sudah menyediakan lebih dari 50 macam produk oleh-oleh khas Lampung pada website keripik-lampung.com. Meski demikian, Solihin lebih memfokuskan diri dengan produk keripik pisang lampung yang memang menjadi oleh-oleh andalan khas Lampung.

Keripik-lampung.com Saat Ini

Dibantu dengan 6 orang karyawannya, kini Solihin mampu mengembangkan oleh-oleh khas Lampung melalui bisnis online yang dirintisnya. Bahkan bisnis online nya tersebut dapat meraup omset hingga 100 juta rupiah per bulannya. Proses pemasaran oleh-oleh khas Lampung hampir 90% dilakukan melalui internet, mulai dari website, forum hingga #media sosial.

Target pemasaran keripik-lampung.com mencakup berbagai daerah di luar Lampung, seperti Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah dan Surabay. Meskipun banyak permintaan dari daerah Kalimantan, Sulawesi, Indonesia Timur dan luar negeri, Solihin mengaku masih mencari cara yang tepat untuk melakukan pengiriman secara tepat waktu tanpa mengganggu kualitas produk oleh-oleh khas Lampung yang ia pasarkan.




Bisnis online yang dirintis oleh Solihin tak hanya sekedar bertujuan untuk meraup untung sebanyak-banyaknya. Karena Solihin juga memiliki keinginan untuk membuat oleh-oleh khas Lampung mampu bersaing dengan produk lainnya di pasar global. Hal ini juga membuat Solihin tak henti-hentinya berinovasi dan senantiasa mendengarkan saran atau kritik yang berasal dari pelanggan. Karena melalui pelanggan, Solihin dapat mengelola keripik-lampung.com sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan oleh masyarakat.

Baca juga: Mbah Sukun, Renyahnya Bisnis Cemilan Keripik Sukun

Kini melalui website, forum dan media sosial, Solihin terus berusaha mengembangkan pasar oleh-oleh khas Lampung ke seantero Indonesia. Solihin juga memiliki rencana untuk mengembangkan branding produk secara mandiri dengan memanfaatkan jaringan pasar dan seluruh reseller keripik-lampung.com yang tersebar di Indonesia. Inovasi ini tentu akan membawa oleh-oleh khas Lampung menjadi salah satu produk yang keberadaannya wajib diperhitungkan di Indonesia maupun kancah dunia.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Keripik Lampung memang sudah terkenal hingga penjuru indonesia. Pokoknya jika berkunjung ke Lampung, wajib mencicipi keripik lampung.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud