Kenapa Harus Menjalankan Promosi Online? Ini 6 Alasannya

Image dari Wix.com

Image dari Wix.com

Perkembangan informasi dan #teknologi (IT) saat ini memang sangat massif. Pertumbuhannya yang sangat cepat membuat orang-orang mau tak mau harus berlarian mengejarnya agar tak jauh tertinggal. Percepatan teknologi dan informasi yang juga menyentuh dunia bisnis pada akhirnya membuat para pelaku pebisnis juga harus ikut mengupdate dan menyesuaikan dirinya pada perkembangan IT tersebut.

Salah satu hal yang harus disentuh oleh pebisnis era ini adalah teknologi #internet. Bukan zamannya lagi kini pebisis harus melakukan promosi dengan metode konvensional melalui media cetak seperti koran dan majalah atau media elektronik seperti radio, televisi. Ini karena telah hadir pilihan dan alternatif baru dalam kegiatan promosi bisnis para pengusaha yang sangat berpotensi besar mencapai konversi. Pilihan dan alternatif yang dimaksud adalah media online.

#Media online yang memanfaatkan jaringan internet sekarang memang sudah bukan sesuatu yang asing lagi bagi para pebisnis. Dengan kemudahan, efisiensi dan efektivitas yang ditawarkannya, media online tentu saja menjadi sebuah solusi bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan konversi bagi iklan yang dimilikinya dalam melakukan promosi online. Lalu seberapa tinggi tingkat urgensi dari peran media online ini dalam upaya promosi online? Berikut ulasannya.

1. Konversi Offline ke Online

Hal pertama yang membuat promosi online menjadi sesuatu yang penting adalah tingkat konversi konsumen yang telah banyak beralih dari offline ke online. Informasi yang sangat mudah, banyak dan cepat didapatkan dengan membuka mesin pencari kini telah terbukti membuat banyak konsumen memilih jalur online sebagai media pencariannya.

Maka tak ayal bila banyak pebisnis yang kemudian berusaha sangat keras agar bisnisnya bisa mampu bertengger di halaman pertama mesin pencari. Beragam cara dan strategi mereka lakukan untuk itu, dari memanfaatkan SEO hingga beriklan secara online. Meski harganya cukup mahal, namun melihat tingkat konversi yang besar, mereka tak ragu untuk beriklan di media online besar.

Artikel lain: Mengapa Kontes Media Sosial Bisa Menjadi Sarana Promosi Online Yang Efektif?

2. Penetrasi Internet di Indonesia

Sebuah data mungkin saja tak bisa mengelakkan Anda dari arti pentingnya media online ini. Sebuah data dari  International Telecommunications Union (ITU), lembaga perpanjangan tangan PBB yang ditugasi mengurus persoalan informasi, komunikasi dan teknologi itu menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet dunia akan mencapai 3 miliar pada akhir 2014.




Untuk pengguna internet di Indonesia sendiri diungkap APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang menyatakan bahwa pada tahun 2014 pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka sebesar 88,1 juta. Angka ini meningkat dari 71,2 juta di tahun sebelumnya. Hampir setiap tahunnya pertumbuhan rata-rata pengguna internet memang selalu meningkat. Lalu apakah Anda akan masih tak mau serius dengan pentingnya upaya promosi online ini?

3. Selalu On 24 Jam

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa media online ini memang hadir dengan membawa sebuah kemudahan dan efisiensi. Nyatanya, dengan melakukan promosi online via media online, toko atau iklan Anda akan tampil 24 jam non stop untuk bisa diakses oleh para calon konsumen setiap harinya.

Sistem 24 jam ini juga tak mengharuskan Anda harus selalu menyalakan lapotop dan koneksi internet Anda sepanjang hari. Saat Anda sedang tidur pun, iklan ini akan bekerja dan tampil di dunia maya untuk menarik para konsumen untuk datang dan melihatnya hingga membelinya.

4. Jangkauan Promosi Online yang Lebih Luas

Internet merupakan sebuah jaringan yang akan menghubungkan Anda dengan seluruh dunia. Ya! seluruh dunia, bukan hanya Indonesia. Maka dari itu berpromosi atau beriklan dengan metode online akan sangat efektif untuk bisa menarik pasar yang lebih luas dari yang sebelumnya Anda lakukan pada pemasaran offline dengan metode konvensional.

5. Low Cost High Impact 

Low cost high impact adalah prinsip marketing yang memiliki arti mengeluarkan budget serendah-rendahnya untuk menciptakan dampak dan pengaruh yang sebesar-besarnya. Dengan menggunakan pemasaran online prinsip ini sangat bisa dilakukan.

Beriklan di media online memang menawarkan banyak pilihan, ada yang sangat mahal dengan sebuah penempatan yang strategis di media yang sudah besar, namun ada juga yang murah bahkan gratis seperti lewat #media sosial atau aplikasi pesan instan. Namun semahal apapun harga dari promosi melalui online tetap akan jauh lebih efektif jika Anda melakukannya lewat online daripada offline.

Baca juga: Lima Mitos Salah Kaprah Tentang Memulai Berbisnis Online

6. Pengukuran yang Lebih Efektif

Terakhir, pentingnya pemasaran dalam bentuk promosi dan iklan secara online ini bisa terlihat dari tingkat pengukurannya yang jauh lebih efektif. Setiap kegiatan marketing yang kita lakukan memang perlu diukur skala efektivitasnya.

Apakah strategi tersebut sudah mendatangkan ROI (Return on Investment) untuk kita? Dengan pemasaran online kita dapat mengukur segala aktivitas yang dilakukan oleh target audiens kita di internet. Skala pengukuran dari media online yang bisa diamati tersebut bisa berwujud beberapa hal seperti tingkat awareness, jumlah impression, concideration, conversion bahkan hingga tahap action seperti pembelian.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Terima kasih sekali.. ulasannya sangat berguna. terutama bagi saya yang sering diminta untuk melakukan analisa singkat tentang promosi hotel di kota saya secara online.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud