Kembangkan Portal IDNMedia, Keputusan Entrepreneur Muda Ini Lepas Google Berbuah Manis

winston utomo

Image dari Hitsss.com

Untuk bisa mencapai kesuksesan yang lebih besar, terkadang seorang pebisnis harus merelakan sesuatu untuk dikorbankan terlebih dahulu. Bahkan dalam beberapa kasus, keputusan tersebut harus dibayar dengan beratnya meninggalkan zona nyaman.

Hal seperti ini pernah dirasakan oleh seorang entrepreneur muda bernama Winston Utomo yang memutuskan untuk melepas posisi strategisnya di perusahaan #Google, untuk kembali ke Indonesia dan mengembangkan media digital secara mandiri. Bersama sang adik William Utomo, Winston kini dikenal sebagai founder dari IDNMedia yang merupakan induk dari perusahaan portal media online IDNtimes.com.

Keputusan Meninggalkan Google

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Winston Utomo awalnya telah mendapatkan posisi yang cukup nyaman di perusahaan Google Singapura. Menempati pos sebagai account spesialis perusahaan raksasa sekelas Google, tentu sudah cukup memberikan penghasilan yang besar serta kebanggaan tersendiri bagi pebisnis muda tersebut.

Namun takdir berkata lain, ketika Winston menemukan besarnya potensi untuk mengembangkan bisnis secara mandiri. Hal ini pertama kali tercetus ketika ia membuat sebuah artikel di sela pekerjaannya sebagai account specialist. Pria yang memang mempunyai hobi menulis ini membuat sebuah artikel ulasan yang kemudian tanpa disangka mampu menjadi viral di media sosial.

Artikel lain: Wempy Dyocta Koto ~ Founder Startup Kalibrr Dengan Pengalaman yang Mendunia

Dari pengalaman tersebut, kesadaran Winston akan peluang di balik kekuatan viral online menggelitik dirinya untuk mengembangkan bisnis secara mandiri. Hingga di satu titik, keputusan Winston berakhir bulat untuk meninggalkan perusahaan besutan Larry Page dan Sergey Brin tersebut.

Kembali ke Indonesia

Pada pertengahan tahun 2014, menjadi awal perjalanan panjang Winston Utomo dalam memulai bisnis mandirinya. Kala itu ia mengajak sang adik William Utomo untuk mendirikan bisnis berbasis online, yakni IDNMedia. Perlahan namun pasti, grup bisnis digital tersebut kini sudah mempunyai 5 diferensiasi bisnis yakni portal berita creative IDNtimes, portal khusus wanita Popbela, portal video IDNtv, layanan kampanye iklan kreatif IDNcreative dan yang terakhir adalah Hyperlink, lini yang dikhususkan untuk penyelenggaraan konferensi.




Tidak hanya di Jakarta, untuk semakin memperluas cakupan bisnis, IDNMedia juga telah mempunyai kantor yang berlokasi di Surabaya. Hingga saat ini, perusahaan digital tersebut sudah menaungi tak kurang dari 60 karyawan.

Menawarkan Keunggulan Kreativitas

Saat ini tentu sudah cukup banyak pemain lama yang berkecimpung di bidang #media online. Bahkan beberapa diantaranya, mampu berstatus sebagai market leader seperti Detik ataupun Kompas.

Lalu saat ditanya perihal kelebihan dari IDNtimes untuk menghadapi persaingan dengan media online lain, Winston menyatakan bahwa kekuatan dari portal besutannya ada di kreativitas. Ia menyatakan bahwa, dalam pembahasan IDNtimes selalu mengutamakan kreativitas agar mampu menarik minat mayoritas generasi milenial.

Ia memberikan contoh, ketika kasus kopi sianida Mirna menyeruak ke publik, IDNTimes mencoba menghadirkan ulasan yang berbeda dengan media online mainstream. Dalam ulasan tersebut, content creator membandingkan kasus yang menimpa Mirna Salihin tersebut dengan kasus fiksi dalam komik Detektif Conan. Dan pada kenyataannya, pembahasan seperti ini berhasil menarik minat generasi X dan Y untuk ikut terlibat dalam pembahasan panjang.

Pengembangan Bisnis IDNMedia

Terkait dengan pengembangan bisnis, IDNMedia kabarnya berhasil menjadi salah satu #startup yang mendapat pendanaan Google Launchpad Accelerator sebesar 50ribu dolar. Belum lagi, Winston menyatakan akan mendapatkan pendanaan seri A dari perusahaan pendanaan besar North Base Media, dan diikuti oleh GDP Venture, East Ventures serta MNM Creative.

Baca juga: CEO GoJek dan Bukalapak Bicara Tentang Sesuatu Yang Harus Dihindari Oleh Founder Startup

Di singgung terkait pemanfaatan modal investasi, sasaran utama Winston yakni portal informasi wanita Popbela. Selain itu lini bisnis IDNcreative juga akan mendapatkan kucuran dana khusus untuk semakin meningkatkan potensi marketing digital. Selain 2 pengembangan tersebut, ada rencana pula untuk menambah satu bidang bisnis lagi yakni IDN Ads yang akan mengelola pembuatan kampanye promosi yang berada di portal media berita milik IDNMedia.

Hingga saat ini IDNMedia yang dijalankan dengan pertaruhan besar setelah lepas dari perusahaan Google, mengantarkan Winston Utomo sebagai salah satu entrepreneur digital sukses di Indonesia. Dengan potensi bisnis digital yang terus melambung, tentu kesuksesan Winston tersebut masih bisa terus berkembang di tahun-tahun mendatang



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Hal yang seperti ini nih yang harus ditiru.
    Setelah mempunyai cukup ilmu dari luar neger, baru disalurkan untuk menghidupkan generasi bangsa.
    Apalagi kalau setiap pengalamannya dalam menimba ilmu mau di publikasikan. lebih bagus lagi

  2. ane pasti bisa menyusul, hahaha. Aamiin

  3. Keputusan berani seperti winston utomo adalah keputusan penuh resiko yang tidak semua orang berani.

  4. Congratulations…!!!

  5. Dalam sebuah pengambilan keputusan untuk seseorang sekelas beliau memang sangatlah unik. tapi dibalik keputusan pasti sudah melalui proses strategi dan pemikiran yang matang antara “gain and loss” nya

  6. Weleh, dibilang tidak bersyukur bisa jadi, tapi dengan ketidaksyukuran tersebut, si pria ini bisa membuat banyak orang terinspirasi.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud