5 Kelebihan Domain .com dan .XYZ Dibandingkan Ekstensi Domain Lain

Kelebihan Domain .com dan .xyz

Menilik dari sudut pandang marketing, nama domain berperan penting khususnya dalam menciptakan citra brand atau bisnis yang tak lekang oleh waktu. Tidak heran kalau banyak orang sampai-sampai menyebut bahwasanya kesuksesan sebuah brand diawali dengan pemilihan nama domain yang tepat.

Masalahnya, terdapat segudang pilihan buat Anda di luar sana, seperti domain .com dan domain .xyz yang ngetren belakangan ini. Di antara kesemuanya itu, mana yang sebaiknya Anda pilih? Inilah pentingnya untuk mengetahui kelebihan nama-nama domain tertentu, seperti kelebihan domain .com dan domain .xyz, terlebih dahulu sebelum Anda melakukan riset.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh gegabah dalam menentukan domain Anda. Seperti yang telah Anda ketahui, domain merupakan alat marketing yang sangat kuat. Namun, Anda mesti tahu bagaimana cara menggunakannya guna menarik pelanggan atau visitor potensial ke website Anda.

Dibutuhkan riset dan perhitungan yang ekstra hati-hati demi tercapainya tujuan tersebut. Salah-salah, akibatnya bisa fatal: website Anda kalah dari persaingan dan terhempas keluar arena pertempuran SEO yang sengit antar website dan blog di luar sana.

Sebelum Anda memutar otak Anda untuk mencari-cari nama domain yang paling pas untuk website Anda, mari kita ulas secara singkat seluk beluk domain.

Apa itu Domain?

Domain merupakan nama unik yang membedakan satu website dari website lainnya. Misalnya, nama domain dari Harian Kompas adalah “kompas.com”, dan “tempo.co” merupakan nama domain dari majalah Tempo.

Setiap situs web memiliki nama domain-nya masing-masing yang berfungsi sebagai ‘alamat’ dari website tersebut di dunia maya.

Ada banyak sekali ekstensi domain yang bisa digunakan, tapi Anda harus bijak dalam memilih ekstensi domain yang paling sesuai dengan bisnis dan jenis website yang akan dibuat.

Berikut ini beberapa contoh ekstensi domain:

.com : untuk website komersial
.org : untuk website organisasi
.net : untuk keperluan internet/ network
.biz : untuk keperluan bisnis
.edu : untuk website pendidikan
.info : untuk keperluan informasi
.name : untuk web pribadi
.pro : untuk keperluan profesional
.asia : untuk website khusus di asia
.gov : untuk website pemerintahan
.jobs : untuk situs informasi pekerjaan
.mil : untuk website militer
.mobi : untuk website mobile communication
.tel : untuk website telekomunikasi
.co.id : untuk kepentingan komersial
.desa.id : untuk website pemerintahan desa
.go.id : untuk website instansi pemerintah
.sch.id : untuk website sekolah/ universitas
.or.id : untuk website organisasi
.web.id : untuk website perseorangan atau organisasi

Sebenarnya Anda bisa menggunakan ekstensi domain apapun meskipun tidak sesuai dengan peruntukan yang disebutkan di atas. Misalnya, membeli domain berekstensi .com (komersial) untuk blog pribadi.

Namun, ada beberapa ekstensi domain yang tidak bisa digunakan secara bebas oleh masyarakat umum. Misalnya, domain .gov, .sch.id, .ac.id, .mil, .go.id, .edu. Dan domain yang paling umum dan bebas digunakan adalah domain yang berekstensi .com.

Artikel terkait: Pengertian Domain

Manfaat Menggunakan Nama Domain untuk Website :

1. Menambah Kredibilitas Bisnis Skala Kecil-Menengah

Perusahaan atau bisnis Anda akan tampak profesional ketika website Anda memiliki nama domain-nya sendiri. Jika Anda menerbitkan website Anda lewat situs web ber-hosting gratis, URL Anda misalnya akan tampak seperti ini: www.hostingratis.maxmanroe.com .

Meski ditawarkan secara cuma-cuma, sayangnya URL turunan ini kurang efektif menarik minat visitor jika dibandingkan dengan misalnya www.maxmanroe.com.

2. Nama Domain yang Tepat Dapat Menyasar pada Konsumen Spesifik

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan nama domain yang sesuai dengan niche usaha Anda, Anda mungkin akan mendapatkan kunjungan tidak terduga dari visitor yang kebetulan menjelajah di Internet untuk mencari topik tersebut.

Misalnya, toko dengan nama domain www.tokopaluonlinedotcom berkemungkinan untuk menarik pembeli potensial yang sedang memburu hal-hal terkait palu.

Selain itu, meskipun hasil mesin pencari sulit diprediksi, www.tokopaluonlinedotcom dapat muncul lebih sering di hasil penelusuran saat orang-orang mencari informasi tentang palu ketimbang nama domain umum seperti www.tokoperkakasdotcom.

3. Meningkatkan Brand Awareness dari Visitor

Dan, yang paling penting, nama domain yang tepat dapat meningkatkan kesadaran para pengunjung website akan brand Anda. Jika nama domain Anda cocok dengan nama perusahaan Anda, hal tersebut akan memperkuat presensi online Anda, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengingatnya dan mengunjungi kembaliwebsite Anda di lain waktu.

Dari sekian banyak ekstensi yang ada, .com dan .xyz adalah dua yang terbilang cukup terkenal beberapa tahun terakhir. Terdapat beberapa alasan mengapa pemilik website lebih menyukai kedua ekstensi tersebut daripada ekstensi-ekstensi lainnya.

Kelebihan domain .com dan domain .xyz berikut ini barangkali juga akan menyadarkan Anda tentang betapa spesialnya dua ekstensi itu.

3 Kelebihan Domain .com

Kelebihan domain ekstensi .com

1. Populer di kalangan pengguna Internet

Faktanya, mayoritas website menggunakan domain .com untuk meninggalkan jejak mereka di dunia siber yang tidak terkira luasnya.

Kembali ke tahun 1985,.com awalnya diramalkan akan mendominasi pasar ekstensi domain khusus perusahaan-perusahaan konvensional (berbasis offline) yang hendak melebarkan sayapnya di Internet. Dengan munculnya domain “dotcom”, sehingga domain ini berevolusi menjadi sebuah ekstensi yang paling melejit popularitasnya di atas alternatif-alternatif lainnya.

Dan hari ini, lebih dari tiga dekade setelahnya, .com telah menjelma sebagai pilihan terfavorit bagi hampir kebanyakan merek-merek terkenal dunia. Nyatanya, investor dan perusahaan-perusahan besar tidak ragu untuk mengocek kantong mereka lebih dalam lagi demi memperoleh domain .com premium.

Meski demikian, ada juga penyedia domain .com seperti DomaiNesia yang memberikan harga sewa domain yang terjangkau oleh kantong kita dan Anda bisa lihat daftarnya dengan cara cek domain .com murah sebelum Anda mantap memutuskan untuk memakai ekstensi yang satu ini.

2. Mendongkrak kredibilitas website

Per hari ini, Internet telah merangkul lebih dari seribu ekstensi domain alternatif. Sayangnya, banyak orang yang masih belum terbiasa dengan kemunculan ekstensi-ekstensi baru tersebut.

Tentu saja, hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya bisnis besar yang cenderung masih mengandalkan .com untuk mempromosikan brand mereka, sehingga terciptalah perbandingan yang tidak proporsional antara presensi .com dengan domain lainnya.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa domain .com menunjukkan kredibilitas dari suatu website, apalagi jika ditelaah menggunakan persepsi konsumen. Malahan, sebagian besar orang terlanjur mengira domain .com sebagai salah satu penentu bisa atau tidaknya suatu website dipercaya untuk konten-konten apapun yang termuat di dalamnya.

3. Lebih disukai mesin pencari (terutama Google)

Meski anggapan yang satu ini tidak selalu benar, namun, Google kedapatan menempatkan nama domain yang terbilang netral seperti .com di urutan yang lebih baik dalam hasil pencarian daripada nama domain yang identik dengan kode negara tertentu, yang mana kerap diasumsikan mengandung konten yang hanya bisa diakses oleh penduduk area tersebut saja.

Satu-satunya alasan Google memprioritaskan domain tertentu di atas domain yang lain ialah karena pengguna Internet menggunakan domain .com secara default. Artinya, ketika ditanya soal domain, mayoritas orang menunjuk .com sebagai domain ideal mereka. Sebagai konsekuensinya, Google pun mewujudkan asumsi pengguna menjadi kenyataan.

Faktanya, lebih dari 50% dari keseluruhan website di Internet menggunakan domain .com. Jadi, tidak berlebihan kiranya untuk menyebut bahwa domain yang satu ini punya dampak yang signifikan khususnya untuk mendongkrak SEO website. Pasalnya, visitor condong lebih mengklik nama website dengan akhiran dotcom daripada nama website dengan akhiran selain dotcom.

Selain itu, .com juga lebih gampang diingat, dan besar kemungkinannya pengunjung terdampar di website yang sama sekali berbeda ketika ekstensi selain .com digunakan.

2 Kelebihan Domain .XYZ

Kelebihan Domain ekstensi .XYZ

1. Domain Unik

Domain seperti .co dan .org mungkin lebih tenar dibandingkan domain .xyz, tetapi yang tersohor itu justru cenderung terkesan pasaran. Apabila menjadi berbeda dan unik adalah tujuan Anda, mengapa tidak memilih domain yang ini saja?

Coba bayangkan berapa banyak orang yang akan membicarakan tentang website Anda jika Anda menggunakan domain .xyz. Bukan cuma itu, pikirkan tentang alamat email keren yang bisa Anda peroleh dengan domain eksklusif tersebut!

Visitor tidak akan kesulitan menemukan website Anda di antara banyaknya situs web lain dengan domain umum.

2. Tidak terpaku pada satu jenis industri

Banyak dari gTLD (generic top-level domain) baru memiliki tingkat coverage regional atau penggunaannya dibatasi untuk sektor tertentu, contohnya, domain .cologne atau .car (yang identik dengan bisnis wewangian dan otomotif). Namun, lain halnya dengan domain .xyz.

Ekstensi domain level internasional yang eksis antargenereasi ini sangat cocok untuk perusahaan, pemilik blog, maupun toko online dari segala jenis niche atau bidang apapun.

Dan, dibandingkan dengan gTLD baru lainnya, domain.xyz terlihat ringkas dan menarik. Aspek tersebut menjadikannya layak bersanding dengan domain generik konvensional.

Artikel lain: Cara Membuat Artikel yang Menarik

Kesimpulan

Nama domain menjadi aset penting bagi website dan bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk membuat keputusan yang tepat.

Pertanyaan semacam “pilih .com atau .xyz” hanyalah salah satu dari sekian persoalan lainnya yang perlu dipertimbangkan saat Anda hendak membuat website.

Selain pemilihan ekstensi, ada hal lain juga yang semestinya Anda ketahui tentang nama domain. Nama domain Anda sebaiknya memenuhi kriteria-kriteria berikut.

  • Berkesan
  • Pendek
  • SEO­-friendly
  • Mudah diketik
  • Mewakili citra atau brand Anda

Jadi, terlepas dari apapun pilihan Anda nantinya, jangan lupa untuk senantiasa mendasarkan keputusan Anda pada kelima kriteria di atas.

Juga, pertimbangkan kembali masing-masing kelebihan domain .com dan domain .xyz sebelum Anda betul-betul mengambil keputusan akhir.

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

4 pemikiran pada “5 Kelebihan Domain .com dan .XYZ Dibandingkan Ekstensi Domain Lain”

  1. selain itu juga kembali ke penggunaannya masing-masing, mau domain yang mana. Sebab untuk domain banyak pilihan dari yang murah sampai yang mahal. Tergantung tujuan awal di buat webnya. Mantap mas artikelnya.

    Balas
  2. Menurut saya domain my.id sangat dibatasi. Domain my.id hanya untuk wilayah indonesia saja khususnya. Rekomendasi pada domain .com sih yang skalanya lebih luas untuk jangkauan.

    Balas
  3. Alhamdulillah saya menggunakan ekstensi domain .com..Namun juga menggunakan yang berekstensi .my.id…

    Bukanya juga menjadi pertimbangan google untuk khusus berekstensi wilayah tertentu, seperti .jp atau .uk atau .id ?Terlebih jika konsennya untuk bisnis

    Balas
    • Betul mas, ekstensi wilayah juga jadi pertimbangan untuk hasil pencarian di Google. Tapi yang umum digunakan untuk website biasanya berekstensi .COM dan bisa untuk semua wilayah.

      Balas

Tinggalkan Balasan

) -->